by

7 Fungsi Microsoft PowerPoint Dalam Pembelajaran, Gunakan yuk!

Fungsi Microsoft PowerPoint bagi pembelajaran sangat banyak, yang mana semua fungsi tersebut bermuara pada kelancaran proses belajar mengajar. Luar biasanya, mayoritas siswa tertarik dengan sistem pembelajaran semacam itu dibandingkan sistem ceramah yang membosankan. Untuk itu, tentunya sudah menjadi keharusan bagi guru untuk mempelajari PowerPoint sampai menjadi mahir.

Kalau Anda mengetahui fungsi dari Microsoft PowerPoint terutama untuk pembelajaran, tentu Anda akan memilih teknik ini dibandingkan yang lain. Lain daripada itu, Anda pun lebih bersemangat untuk mempelajarinya dan menerapkannya di dalam setiap pembelajaran. Nah, kalau ingin mengetahui fungsi dari aplikasi ini, maka silakan baca list berikut:

1. Pembelajaran Lebih Menarik

Jika mengajar dengan menggunakan Microsoft PowerPoint pembelajaran, tentunya pembelajaran akan jauh lebih menarik. Karena siswa disuguhkan tampilan slide bergerak dilengkapi dengan suara sekaligus template yang penuh warna. Hal ini akan memancing naluri estetika yang sejatinya sudah ada di dalam jiwa masing-masing siswa.

Nah, kalau sistem pembelajaran ini dilakukan terus menerus, tentu minat siswa untuk belajar semakin tinggi. Jangankan untuk belajar, terkadang siswa sebelum masuk kelas pun sudah termotivasi untuk memulai pembelajaran dengan segera. Dan bisa dipastikan, bagaimana proses belajar mengajar kalau di awal saja motivasi peserta didik sudah seperti ini.

2. Penguasaan Kelas Lebih Mudah

Keberhasilan kegiatan belajar mengajar tidak selalu ditentukan oleh kemampuan guru ketika menjelaskan materi di depan kelas. Akan tetapi, yang menjadi penentunya juga kemampuan guru ketika menguasai kelas dan mendisiplinkan siswa. Nah, kalau mengajar dengan Microsoft PowerPoint, penguasaan kelas para guru jauh lebih mudah. Karena pasca slide diputar, tatapan seluruh siswa langsung ke arah depan.

Jadi guru tidak perlu mengarahkan lagi bahkan posisi guru bisa berpindah ke bagian belakang siswa. Biarkan mereka fokus ke depan sedangkan telinga mereka mendengarkan penjelasan guru dari arah belakang. Tentunya ini teknik pembelajaran yang sangat bagus bagi yang ingin kegiatan belajar mengajarnya berjalan maksimal.

Baca Juga  5 Skill yang Harus Dimiliki Maba Berikut Ini Perlu Kamu Kuasai
3. Pemahaman Siswa Lebih Kuat

Pemaparan materi yang disampaikan secara lisan memang memungkinkan bisa dipahami oleh peserta didik. Akan tetapi, kualitasnya tentu lebih bagus kalau peserta didik langsung dihadapkan pada video yang terkait dengan materi tersebut. Karena pastinya pemahaman mereka terhadap materi akan jauh lebih kuat.

Untuk itu, guru harus bisa mengoperasikan Microsoft PowerPoint pembelajaran. Sebab, aplikasi inilah yang bisa dijadikan alat untuk menampilkan video pembelajaran di depan peserta didik. Sedangkan di sela-sela tontonan, guru bisa memberikan penjelasan terkait materi yang sedang ditampilkan.

4. Guru Bisa Mengajar dengan Santai

Fungsi Microsoft PowerPoint pembelajaran yang berikutnya ialah membuat guru bisa mengajar dengan santai. Sudah menjadi rahasia umum di kalangan para praktisi pendidikan, kalau pembelajaran dengan sistem ceramah full, kurang layak untuk diterapkan karena membuat siswa bosan. Belum lagi si guru juga bakal mengajar dengan energi yang besar.

Artinya, mengajar dengan sistem ceramah itu sangat melelahkan. Untuk itu, coba operasikan Microsoft PowerPoint supaya para guru bisa mengajar dengan lebih rileks dan nyaman. Namun dibalik rasa nyaman tersebut, peserta didik masih bisa memahami materi dengan maksimal. Bahkan hasil pembelajarannya bisa lebih bagus dibandingkan pemahaman dari sistem pembelajaran dengan metode ceramah.

5. Bisa Merangsang Kreativitas Siswa

Setiap guru atau pendidik pasti menginginkan para peserta didiknya memiliki kemampuan kreatif yang bagus. Maka dari itu, sistem pembelajaran yang dipakai si guru pun harus kreatif dan inovatif. Baru di sini, si peserta didik akan mencoba menggunakan nalar imajinasi dan logikanya, untuk mentafsirkan teknik pembelajaran yang diterapkan oleh si guru.

Mengajar dengan Microsoft PowerPoint merupakan teknik yang bagus untuk melahirkan pikiran kreatif peserta didik. Buktinya ialah, mereka akan berinisiatif untuk mencoba membuat slide serupa di kesempatan yang lain. Dan si guru harus memberikan wadah dalam bentuk tugas membuat slide PowerPoint.

Baca Juga  8 Prospek Kerja untuk Lulusan Biologi
6. Meningkatkan Antusiasme Siswa

Seorang guru yang sudah siap di depan kelas untuk mengajar, tentu harapan pertamanya ialah siswa harus bisa mengikuti pelajaran dengan serius dan antusias. Namun, ini tidak akan tercapai kalau dari awal sampai jam berakhir, guru hanya berceramah saja. Yang ada mereka menjadi bosan bahkan ada yang mungkin mengantuk.

Nah, Microsoft PowerPoint merupakan aplikasi komputer yang bisa membuat antusiasme peserta didik tetap bangkit. Tidak peduli guru mengajar materi yang sulit atau mengajar di jam rawan seperti jam terakhir di siang hari. Apapun kondisi di kala itu, peserta didik pasti bisa mengikuti pelajaran dengan serius.

7. Siswa Belajar dengan Riang Gembira

Materi pembelajaran tidak akan masuk ke dalam otak peserta didik kalau cara mengajar gurunya tidak tepat. Apalagi kalau seluruh jam diisi dengan ceramah verbal yang membosankan. Lebih parah lagi kalau seluruh guru di hari itu, juga menerapkan sistem pembelajaran yang sama. Tentu pembelajaran berjalan timpang dan tujuan pembelajaran tidak mungkin bisa tercapai.

Nah, Microsoft PowerPoint pembelajaran adalah solusi yang akan menghadirkan sistem pembelajaran menyenangkan bagi peserta didik. Mereka tidak akan lagi merasa bosan karena tampilan slide di depan kelas cukup menarik. Apalagi kalau isinya video interaktif yang penuh warna dan adegan pembelajaran.

Untuk itu seorang guru harus bisa mengoperasikan Microsoft PowerPoint pembelajaran sebelum mulai masuk kelas. Namun jangan lupa konten yang dipertontonkan harus yang memang terkait dengan materi hari itu. Guru pun harus bisa memasukkan konten-konten yang sekiranya tidak melanggar etika, hukum dan susila.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Publikasi Terkait Lainnya