by

6 Poin Penyebab Zoom Tidak Keluar Suara Beserta Cara Mengatasinya

Saat ini penggunaan aplikasi Zoom semakin marak digunakan baik untuk dunia pendidikan, pekerjaan, webinar, training online dan lainnya.

Aplikasi ini seakan-akan menjadi solusi tepat untuk bisa belajar, bekerja dan bertemu tanpa terhalang jarak dan waktu, namun tetap saja ada masalah yang harus kamu hadapi salah satunya zoom tidak keluar suara. Kendala tersebut bukanlah hal yang besar selama Anda mengetahui cara mengatasinya dengan tepat.

Permasalahan zoom tidak keluar suara di PC seringkali mengkhawatirkan banyak orang, apalagi jika mereka menggunakan zoom untuk kegiatan yang penting. Hal ini juga menimbulkan pertanyaan banyak orang, kenapa zoom tidak keluar suara?

Bisa saja permasalahan ini terjadi karena masalah pada perangkatmu, aplikasinya, koneksi internet atau lainnya. Untuk mengetahuinya lebih jelas, kamu bisa mengetahui penyebab beserta cara mengatasi zoom tidak keluar suara.

Penyebab Zoom Tidak Keluar Suara dan Cara Mengatasi

Setiap masalah yang terjadi pasti ada penyebabnya, tidak mungkin masalah tersebut datang sendiri secara tiba-tiba, begitu pula permasalahan zoom tidak keluar suara HP maupun lewat PC.

Hal ini tentu sangat mengganggu dan membuat Anda tidak nyaman bukan? Untuk bisa mengatasinya, Anda harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Berikut ini merupakan beberapa penyebab zoom tidak keluar suara, beserta cara mengatasinya,di antaranya yaitu:

1. Tidak Mengaktifkan Fitur Join Audio

Penyebab zoom meeting tidak keluar suara yang pertama yaitu tidak mengaktifkan fitur join audio. Pasalnya fitur tersebut lah yang mengatur apakah Anda ingin mendengarkan suara dalam sistem atau tidak.

Jika Anda tidak mengaktifkan fitur ini secara otomatis, Anda harus ingat setiap ingin bergabung ke zoom meeting atau video conference untuk mengklik fitur ‘Join Audio’ sebagai cara mengatasi suara zoom tidak keluar suara dengan mudah.

Baca Juga  8 Tips Langgeng LDR yang Bisa Kamu Lakukan Kepada Pasangan
2. Sistem Operasi Bermasalah

Saat share screen zoom tidak keluar suara, pasti rasanya sangat menjengkelkan. Mungkin permasalahan yang ada pada sistem operasi yang Anda gunakan, seperti Android, iOS, Windows atau Mac OS yang dalam kondisi tidak baik sehingga menyebabkan hilangnya suara zoom. Untuk mengatasi zoom tidak keluar suara, yaitu dengan melakukan restart terhadap laptop dan HP Android yang Anda gunakan.

3. Speaker atau Headset Bermasalah

Ketika zoom tidak ada suara di hp call over internet, mungkin penyebabnya ada pada speaker atau headset Anda yang bermasalah. Bisa saja speaker Anda tiba-tiba rusak yang membuat zoom tidak mengeluarkan suara. Untuk memastikannya, Anda bisa memeriksanya berulang kali.

Jika speaker Anda rusak, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan headset untuk mendengarkan meeting zoom. Namun pastikan pula jika headset yang Anda gunakan tidak bermasalah, sehingga zoom bisa mengeluarkan suara dengan baik.

4. Bug Pada Aplikasi

Mungkin Anda sering menggunakan aplikasi Zoom untuk memenuhi kegiatan bekerja atau sekolah, bahkan mungkin Anda hampir setiap hari menggunakan zoom, hal tersebut bisa saja menimbulkan bug yang membuat zoom tidak keluar suara.

Untuk mengatasi hal ini Anda bisa merestart ulang aplikasi Zoom lalu login ulang ke ruang meeting yang diikuti. Hal tersebut bisa mengembalikan suara yang hilang tadi.

5. Di Mute oleh Host Zoom

Saat share screen zoom di hp tidak ada suara mungkin bukan karena adalah masalah besar dalam perangkatmu, tetapi memang host zoom mengaktifkan fitur mute untuk semua peserta zoom.

Pasalnya host zoom atau pemilik meeting zoom memang bisa melakukan hal tersebut, agar semua anggota yang hadir di zoom bisa menyimak suara pembicara dengan baik, fokus, terdengar jelas tanpa terganggu oleh suara yang lain.

Baca Juga  Anda Ingin Berhemat? Maka Ikuti Tips untuk Menghindari Impulsive Buying

Ketika host zoom mengaktifkan fitur mute yang ada di bagian kiri bawah aplikasi, secara otomatis Anda tidak bisa mendengar suara apapun kecuali orang yang diizinkan untuk berbicara. Begitu pula dengan Anda yang tidak bisa bicara di zoom.

6. Koneksi Internet Buruk

Saat koneksi internet buruk, Anda tidak bisa mengikuti meeting Zoom dengan maksimal. Bisa saja zoom tidak keluar suara, terdengar tidak jelas atau terputus-putus. Biasanya hal ini juga diiringi dengan gambar atau foto yang tidak bisa ditampilkan dalam zoom.

Tentu saja kondisi ini membuat Anda tidak nyaman bukan? Apalagi jika acara meeting zoom tersebut membicarakan hal yang penting. Oleh sebab itu, untuk mengatasinya Anda bisa mencari koneksi internet yang lebih bagus. Tanpa koneksi yang bagus, Anda tidak bisa mengakses zoom sama sekali atau bisa tetapi tidak maksimal.

Itulah 6 penyebab zoom tidak keluar suara beserta cara mengatasinya yang bisa Anda lakukan. Sehingga Anda tidak perlu khawatir jika mendapatkan permasalahan tersebut, karena Anda bisa mengatasinya dengan mudah.

Namun daripada menunggu permasalahan itu datang, lebih baik Anda menghindarinya dengan mempersiapkan meeting zoom sebaik mungkin, misalnya memastikan koneksi internet berjalan baik, menggunakan headset yang bagus, Android atau pc bisa digunakan dan lainnya.

Comment

Artikel Terkait