by

6 Aplikasi Belajar Online Gratis, Bisa Mempermudah Proses Belajar Kamu Loh!

Di era milenial sekarang ini, dunia teknologi berkembang pesat di berbagai bidang, tak terkecuali pendidikan. Bidang pendidikan juga turut memanfaatkan perkembangan teknologi untuk mempermudah proses belajar murid.

Banyak aplikasi-aplikasi belajar online yang dikembangkan untuk memudahkan proses belajar. Tak selalu berbayar, ada sejumlah aplikasi belajar online yang gratis tanpa biaya berlangganan apapun. Aplikasi-aplikasi tersebut tentu saja sangat cocok untuk kamu yang suka belajar tetapi terkendala dengan masalah biaya.

Selain gratis, fitur-fitur yang disediakan juga cukup lengkap dan menarik untuk membantu proses belajar. Penasaran? Yuk simak aplikasi-aplikasi belajar online gratis berikut ini yang bisa kamu coba di rumah. 

1. Aplikasi Rumah Belajar

Rumah Belajar - Aplikasi di Google Play

Aplikasi belajar yang pertama adalah aplikasi rumah belajar. Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi belajar yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan atau Kemendikbud.

Pemerintah mengembangkan aplikasi ini untuk membantu mendukung proses pembelajaran, khususnya di masa pandemi covid-19. Aplikasi Rumah Belajar ini menyediakan banyak sekali materi dan video pembelajaran mulai dari tingkat PAUD hingga kelas 12 SMA. 

Belajar menggunakan aplikasi yang satu ini juga sangat mudah dan praktis karena dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Semua materi dan video pembelajaran di dalamnya, dapat diakses dan dimanfaatkan sepuasnya dengan gratis tanpa biaya apapun. 

Beberapa fitur pembelajaran yang terdapat di dalam aplikasi Rumah Belajar antara lain kelas maya, sumber belajar, laboratorium maya, dan bank soal.

Fitur-fitur tersebut digolongkan berdasarkan tingkat pendidikan masing-masing pendaftar, sehingga sangat mudah dalam penggunaannya. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, kamu bisa mendaftar di situs web atau pun mendownload aplikasinya ya sobat. 

2. Meja Kita 

MejaKita - Dari Siswa untuk Siswa - Aplikasi di Google Play

Aplikasi belajar online gratis yang selanjutnya adalah aplikasi Meja Kita. Aplikasi pembelajaran yang satu ini dibuat dan dikembangkan oleh pelajar-pelajar, yang memiliki perhatian tinggi pada dunia pendidikan. Dalam situs resmi aplikasi ini, dijelaskan bahwa aplikasi Meja Kita telah dimanfaatkan di 316 kota yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Baca Juga  Apa sih Manfaat dan kerugian Cache Sebenarnya?

Aplikasi meja kita memiliki sejumlah fitur yang bisa dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Di antaranya adalah fitur diskusi untuk PR, tryout, UTBK, belajar bersama dan berbagai rumus yang sesuai dengan pembelajaran.

Selain itu, tersedia juga banyak materi pembelajaran untuk tingkat SD hingga SMA yang dapat diakses secara gratis tanpa biaya apapun. Selain itu, ada juga berbagai Latihan soal untuk menguji tingkat pemahaman materi, yang sudah disertai dengan kunci jawaban untuk belajar. 

3. Sekolah Kipin 4.0

Kipin School 4.0 : Mobile Aplikasi yang ditujukan dipakai untuk sekolah- sekolah di Indonesia di era digital dalam menyediakan materi pelajaran berbasis kurikulum 2013 lengkap (buku pelajaran sekolah, video pengajaran kelas, latihan tryout

Aplikasi belajar online yang selanjutnya ada aplikasi Kipin School 4.0. Aplikasi belajar ini bisa diunduh melalui google playstore untuk handphone android serta di app store untuk iOS. Kipin School 4.0 ini juga sangat praktis karena bisa digunakan di handphone serta laptop atau komputer. 

Aplikasi pembelajaran ini dibuat untuk siswa tingkat SD hingga SMA, dengan materi pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Selain itu, aplikasi ini juga berisi pustaka pembelajaran yang lengkap dan sistem ujian yang disesuaikan dengan sekolah-sekolah di Indonesia. 

Kamu bisa mengunduh berbagai materi pembelajaran, buku pembelajaran sekolah terbitan Kemendikbud, video pembelajaran, latihan soal, soal tryout, hingga berbagai komik literasi yang bisa diunduh dengan menyesuaikan pendidikan.

Kipin School 4.0 juga dilengkapi dengan fitur bernama “Download & Go” dimana dengan fitur ini kamu bisa mendownload berbagai video pembelajaran dan bisa memutarnya ulang kapan saja, tanpa menggunakan kuota internet. 

4. Kelas Pintar

Kelas Pintar - Solusi Belajar - Aplikasi di Google Play

Aplikasi gratis yang selanjutnya adalah Kelas Pintar. Sesuai dengan namanya, aplikasi yang satu ini bisa banget kamu andalkan sebagai teman belajar secara berani. Banyak kelebihan yang ditawarkan oleh aplikasi belajar Kelas Pintar, yang paling utama adalah Kelas Pintar ini memberikan ruang yang dapat diakses oleh murid, guru, maupun orangtua. 

Baca Juga  Stay Calm! Simak Tips Mengikuti Sidang Skripsi Agar Tetap Tenang dan Anti Panik!

Jadi, bukan hanya murid yang bisa memanfaatkan aplikasi ini, melainkan orangtua juga bisa memanfaatkannya untuk membantu proses belajar anak. Kurikulum pembelajaran yang digunakan dalam aplikasi ini juga menyesuaikan dengan kurikulum yang berlaku di Indonesia, jadi tidak perlu diragukan lagi materi-materi yang dimuat di dalamnya. 

Materi pembelajaran yang ada di Kelas Pintar ini disajikan secara interaktif, sehingga lebih memudahkan penggunanya dalam memahami materi pembelajaran. Selain banyak digunakan di Indonesia, ternyata aplikasi Kelas Pintar ini sudah cukup mendunia. Contoh negara-negara yang juga menggunakan aplikasi ini adalah Afrika Selatan, Singapura dan UEA. 

5. Sekolahmu

Profil

Aplikasi belajar online gratis yang selanjutnya adalah aplikasi Sekolahmu. Aplikasi pembelajaran yang satu ini merupakan aplikasi pembelajaran tanpa batas yang bisa diakses sepuasnya. Aplikasi Sekolahmu memiliki kelebihan yang berbeda dengan aplikasi belajar lainnya, yaitu adanya fitur live streaming. Fitur ini memberikan akses penggunanya untuk belajar secara langsung, dan bisa ditonton disesuaikan dengan tingkat pendidikan. 

Aplikasi Sekolahmu ini juga menyediakan materi pembelajaran untuk jenjang pendidikan yang lengkap, seperti aplikasi-aplikasi pembelajaran yang sudah dibahas sebelumnya. Kurikulum yang digunakan juga merupakan kurikulum yang sedang berlaku di Indonesia. Jadi tidak perlu ragu lagi dengan materi pembelajaran yang diulas di dalamnya. 

6. Sekolah Quipper 

Portal Pembelajaran Online untuk Siswa | Quipper School

Aplikasi pembelajaran yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kamu. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang inovatif dan berfokus pada proses pembelajaran. Jenjang pendidikan yang disediakan di Quipper School juga lengkap sama halnya dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya. 

Keunggulan dari aplikasi yang satu ini adalah banyak memihak kepada para pengajar. Hal ini dikarenakan pada aplikasi ini, guru bisa menilai dan mengukur kemampuan siswanya melalui berbagai latihan soal yang bisa diujikan kepada siswanya. 

Baca Juga  Ingin Sukses di Youtube? Pelajari Cara Youtuber Menghasilkan Uang

Itulah beberapa aplikasi belajar online gratis yang bisa kamu manfaatkan untuk mendukung proses pembelajaran. Yang perlu diingat, proses belajar tidak hanya berhenti pada pendidikan formal di sekolah. Kamu bisa melanjutkan proses belajar di luar jam sekolah yang tentu saja bisa meningkatkan pengetahuan kamu. 

Selamat belajar dan berjuang, sobat Lintashaba! 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya