by

10 Cara Merekam Suara di Laptop dengan Aplikasi! Beserta Tipsnya!

Biasanya, fitur rekaman suara atau voice recorder hanya tersedia di windows 10, 8.1, 8, dan 7. Untuk windows dengan versi lain, belum menyediakan fitur perekaman suara. Maka, alternatifnya dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat diunduh secara gratis.  Sehingga ada beberapa cara merekam suara di laptop dengan aplikasi. Selain dengan memanfaatkan fitur di windows.

Aplikasi untuk Merekam Suara di Laptop

Aplikasi tambahan ini dapat membantu menghasilkan suara yang jelas.  Sehingga, segala informasi dapat merekam tanpa noise yang sangat mengganggu. Inilah beberapa rekomendasi aplikasi untuk merekam suara di laptop.

1. WavePad

Cara merekam suara di laptop dapat menggunakan aplikasi bernama WavePad. Aplikasi ini merupakan yang paling populer, karena terdapat beberapa efek dan setting yang dapat digunakan, sehingga memungkinkan untuk menghasilkan rekaman yang jernih.

Selain itu, aplikasi ini menyediakan fitur trim atau memotong audio. Serta fitur-fitur edit lainnya seperti split, copy, cut, dan sebagainya. WavePad tersedia di windows 10, 8.1, 8, dan 7. Aplikasi ini memiliki versi yang gratis dan pro.

2. Audacity

Aplikasi audacity memiliki tampilan yang sederhana, sehingga memudahkan untuk mengoperasikannya. Cara merekam suara di laptop menggunakan aplikasi ini terbilang cukup mudah serta gratis, sangat cocok untuk pemula.

Audacity memiliki fitur plugin VST serta editing secara multi-track. Rekaman suara yang dihasilkan pun bagus dan jernih. Selain itu, format hasil rekaman suara yang dikeluarkan oleh aplikasi ini dapat berupa WAV dan MP3.

3. Wavosaur

Cara merekam suara di laptop selanjutnya dapat pula menggunakan aplikasi Wavosaur. Aplikasi ini menghasilkan rekaman suara yang berkualitas dengan format MP3 dan WAF. Aplikasi Wavosaur pun dapat diunduh secara gratis.

Baca Juga  5 Tips Investasi Properti Bagi Pemula

Wavosaur pun menyediakan beberapa fitur menarik, yaitu penanda dan pembuatan loop, sonogram, konversi audio, implementasi MDI, menambahkan efek, analisis spektrum 2D serta 3D, dan sebagainya.  Tentu hal tersebut, sangat berguna untuk digunakan saat merekam suara pada laptop, bukan?

4. MixPad

Tidak kalah menarik, MixPad merupakan aplikasi perekaman suara di laptop yang menyediakan berbagai macam fitur. Perekaman suara di laptop menggunakan MixPad tidak terlalu sulit, serta memungkinkan untuk menggunakan filter-filter yang disediakan.

Dikarenakan penggunaanya yang cukup mudah, sehingga siapa saja dapat mempelajarinya dengan mudah pula. Asalkan, ketika belajar benar-benar menyimak semua fitur-fitur yang diajarkan. Baik melalui youtube, blog, maupun belajar secara otodidak.

5. Free Sound Recorder

Aplikasi selanjutnya bernama Free Sound Recorder. Aplikasi ini cocok dan ramah digunakan oleh pemula, karena tampilannya tak begitu rumit. Hasil rekamannya pun jernih dan berkualitas, serta tersedia dalam format WAV dan MP3.

6. Adobe Audition

Adobe Audition merupakan aplikasi perekaman suara yang memiliki fitur paling lengkap. Selain merekam suara, terdapat pula fitur untuk menambahkan musik, instrumen, menggabungkan track, serta mengatur kualitas suara yang dihasilkan.

Walaupun tampilannya cukup sederhana, namun Adobe Audition merupakan platform perekaman suara yang profesional. Aplikasi ini pun menyediakan fitur untuk menambahkan efek suara, seperti slow motion, reverse dan sebagainya.

7. RecordPad Studio Recording

Aplikasi selanjutnya adalah RecordPad Studio Recording. Namun, aplikasi ini hanya dapat dipakai untuk merekam suara saja tanpa ada fitur mengedit. Meski begitu, aplikasi ini mampu menghasilkan suara yang jernih.

Sehingga, bagi kamu yang ingin merekam suara, tanpa noise yang banyak. Aplikasi ini menjadi salah satu rekomendasi untuk digunakan. Pastikan pula, bahwa aplikasi ini sudah terinstal di laptop yang kamu miliki.

Baca Juga  Takut Boros Saat Menjelang Lebaran? Yuk Intip Tipsnya Agar Lebih Berhemat
8. Sound Forge

Merekam suara di laptop dapat pula menggunakan aplikasi Sound Forge. Selain melakukan perekaman suara, aplikasi ini menyediakan fitur-fitur untuk mengedit hasil rekaman. Aplikasi ini dapat digunakan oleh pemula dan profesional.

Maka, apabila ingin melakukan editing setelah selesai merekam, ini dapat Anda dilakukan langsung dalam satu aplikasi saja. Aturlah sesuai dengan keinginan Anda sehingga hasil audionya pun memuaskan.

9. Ocenaudio

Aplikasi selanjutnya yang dapat digunakan untuk merekam suara di laptop adalah Ocenaudio. Berbeda dengan aplikasi lainnya, Ocenaudio dapat merekam layar. Sehingga, memungkinkan untuk merekam suara dan layar secara bersamaan.

Aplikasi Ocenaudio cukup mudah digunakan, karena tombol dan tampilannya sangat sederhana. Sehingga memudahkan untuk pemula. Selain itu, Ocenaudio pun dapat diunduh melalui Windows, Linux, dan Mac OS.

10. Garageband

Aplikasi terakhir yaitu Garageband. Aplikasi ini merupakan platform professional yang seringkali digunakan oleh musisi. Karena selain merekam suara, Garagebank menyediakan fitur serta pengaturan yang bervariasi.

Tidak heran, jika aplikasi disebut-sebut sebagai aplikasi perekam audio dengan fitur lengkap. Dengan memiliki aplikasi ini, Anda dapat melakukan berbagai hal sekaligus.

Tips Melakukan Rekaman Suara di Laptop

Untuk melakukan rekaman suara di laptop agar menghasilkan suara yang jernih, maka terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Terlebih saat menggunakan aplikasi tambahan. Berikut adalah tips-tips dalam merekam suara di laptop.

Untuk menghasilkan suara yang lebih maksimal, gunakanlah earphone tambahan. Agar suara yang dihasilkan tidak mengandung noise. Pilihlah aplikasi tambahan yang memiliki fitur lengkap serta gratis untuk mengoptimalkan proses merekam suara di laptop.

Atur setting pada aplikasi tambahan semaksimal mungkin, agar menghasilkan suara yang lebih jernih. Tambahkan pula beberapa efek atau filter yang tersedia.

Baca Juga  Mau Hubunganmu Awet Dengan Si Dia? Lakukan Beberapa Hal Ini

Cara merekam suara di laptop tidak lagi memerlukan langkah yang rumit. Karena Anda dapat menggunakan cara-cara seperti di atas. Apabila laptop tidak memiliki fitur perekaman suara, kini sudah bisa mengunduh aplikasi tambahan gratis seperti yang direkomendasikan di atas.

Comment

Artikel Terkait