by

Tertarik Dengan Indahnya Puisi? Ini 9 Rekomendasi Buku Puisi Berbagai Genre

Membaca bagi sebagian orang memang mengasyikkan, apalagi jika yang dibaca buku-buku sastra seperti novel, kumpulan cerpen, kumpulan puisi dan lainnya yang membuat siapapun yang membacanya bisa mengkhayal, sekaligus bisa seolah-olah merasakan apa yang ditulis oleh si penulis.

Apabila kamu sudah bosan membaca novel atau kumpulan cerpen, kamu juga bisa mencoba untuk membaca buku puisi. Berikut ini rekomendasi buku puisi yang bisa menemani waktu luang kamu.

1. Puisi Bertema Romantis Hujan Bulan Juni milik Sapardi Djoko Damono

Hujan Bulan Juni - Sepilihan Sajak

Salah satu penulis puisi yang terkenal di Indonesia ialah Sapardi Djoko Damono. Salah satu karya puisinya yang paling terkenal ialah Hujan Bulan Juni. Saking terkenalnya, buku karya Sapardi ini bahkan sudah difilmkan dan perilisannya pada tahun 2018 lalu.

Puisi karya Sapardi ini akan membuat kamu ikut terbuai dalam indahnya setiap kalimat yang ia rangkai. Penggambaran cinta dengan penyampaiannya yang rumit, mungkin sering kali membuat pembacanya kebingungan apa makna yang ia tulis, tetapi karena kata-katanya itulah yang membuat puisi tersebut begitu langsung mengena ke hati.

2. Buku Kumpulan Puisi W. S. Rendra “Puisi-Puisi Cinta” Cocok Buat Kamu yang Sedang Jatuh Cinta

Puisi-Puisi Cinta - New

Buat kamu yang ingin membaca puisi yang berbeda dalam satu buku, kamu bisa membaca buku kumpulan puisi milik W. S. Rendra ini. Buku puisi ini terbagi dalam tiga bab besar, yaitu Puber Pertama, Puber Kedua dan Puber Ketiga.

Walapun masih bertemakan cinta, tetapi ketiga bab dalam buku tersebut memiliki nuansa yang berbeda. Bab pertama, yaitu Puber Pertama, berisikan puisi yang menggambarkan sosok yang tengah jatuh cinta. Kemudian pada bab kedua dan bab ketiganya, yaitu Puber Kedua dan Ketiga, malah diisi dengan puisi yang temanya menyangkut kehidupan serta hal yang rumit dalam percintaan.

Baca Juga  Permainan yang Dapat Mengaktifkan Penalaran Anak
3. Tentang Kisah Kasih Remaja dalam Buku Malam Ini Aku Akan Tidur di Matamu Karya Joko Pinurbo

Malam Ini Aku Akan Tidur Di Matamu: Sehimpun Puisi Pilihan by Joko Pinurbo

Buku karya Joko Pinurbo yang satu ini tidak hanya berisi dengan kumpulan puisi, tetapi juga terdapat beberapa cerita pendek mengenai percintaan. Walaupun puisinya rata-rata ditulis pada tahun 2000-an, tetapi tema yang ada di puisi ini masih relate dengan kondisi kisah kasih remaja zaman sekarang.

4. Buku Dikatakan atau Tidak Dikatakan Itu Tetap Cinta Memiliki Visualisasi yang Apik

Kumpulan Puisi] : DIKATAKAN ATAU TIDAK DIKATAKAN, TETAP CINTA BY TERE LIYE  – It's not the destination, it's the journey

Tere Liye menjadi salah satu penulis yang paling terkenal di Indonesia. Hampir setiap tahunnya ia selalu menerbitkan buku-buku terbarunya, entah itu buku novel atau buku kumpulan puisi miliknya.

Dikatakan Atau Tidak Dikatajan Itu Tetap Cinta, merupakan salah satu buku kumpulan puisi karya Tere Liye yang berisi 24 puisi lengkap, dengan ilustrasi visualnya yang memukau dengan tujuannya untuk memanjakan para pembacanya.

Para pembaca buku ini juga cukup puas dengan adanya ilustrasi tersebut, karena visualiasinya yang instagramable dan dapat digunakan untuk cerminan dalam menjalani hubungan percintaan.

5. Melipat Jarak, Buku yang Ditulis Sapardi Djoko Damono Karena Seseorang

Melipat Jarak | Demabuku

Dalam memperingati hari lahir salah satu sastrawan terbaik Indonesia yang ke 75 pada tahun 2016 lalu. Isi dari buku kumpulan puisi yang satu ini, begitu melankonis dan memiliki banyak puisi yang bertemakan dengan sosial.

Namun, walaupun begitu kamu pasti juga menemukan sajak mengenai percintaan, walaupun nuansa percintaan bukan menjadi tema utama dari buku puisi tersebut.

6. Puisi Bertema Kehilangan Dapat Kamu Baca Dari Buku Museum Kehilangan Karya Wawan Kurniawan

Museum Kehilangan - Puisi Book by Wawan Kurniawan - Gramedia Digital

Buat kamu yang ingin membaca puisi bernuansa sendu, kamu bisa membaca buku karya puisi milik Wawan Kurniawan yang berjudul Museum Kehilangan ini.

Baca Juga  Buat Kamu Yang Indekos, Setuju Nggak Kalau Kadang Hal Konyol Ini Yang Membuat Rindu Rumah?

Tak hanya sekadar kumpulan puisi biasa yang bertemakan kehilangan, puisi karya Wawan tersebut juga bercerita mengenai orang yang hilang entah ke mana, orang yang meninggal tanpa diketahui siapa yang membunuhnya, dan orang yang belum menemukan keadilan untuk dirinya.

7. Antologi Puisi Melawan Covid-19, To Kill the Invisible Killer Karya FX Rudy Gunawan dan Afnam Malay

To Kill The Invisible Killer Book by FX Rudy Gunawan & Afnan Malay -  Gramedia Digital

Pandemi Covid-19 kini tengah menyerang hampir di seluruh penjuru dunia. Ternyata ada karya puisi yang mengangkat tema mengenai melawan Covid-19 yang telah dibukukan, yaitu To Kill the Invisible Killer ini. Tak hanya sebatas buku sastra yang membuktikan bahwa puisi merupakan salah satu bentuk dari karya sastra, tetapi buku ini juga dapat berperan sebagai catatan dokumentasi.

8. Buku yang Bertemakan Self Worth dan Perjalanan Hidup, Your Soul is a River, Karya Nikita Gill

Jual Your Soul is a River (by Nikita Gill) - Kota Surabaya - Aslan Digital  Store | Tokopedia

Rekomendasi buku puisi selanjutnya ialah buku puisi yang berbahasa inggris, yaitu Your Soul is a River karya dari Nikita Gill. Buku puisi ini terbagi menjadi delapan bagian.

Pada salah satu bagiannya, yaitu bagian The Cosmos, si penulis memilih kata-kata yang bernuansa ruang angkasa serta semesta. Kemudian buku ini sendiri bertemakan mengenai self worth serta perjalanan hidup yang penuh dengan lika-liku.

9. Buku Puisi Bertemakan Mental Illness yaitu Depression & Other Magic Tricks Karya Sabrina Benaim

Depression & Other Magic Tricks by Sabrina Benaim

Buat kamu yang ingin membaca sebuah puisi yang bertemakan sesuatu yang jarang kamu temui, seperti puisi bertema mental illness misalnya, kamu bisa membaca buku puisi karya Sabrina Benaim ini, yaitu Depression & Other Magic Tricks.

Tak hanya membahas mengenai mental illness, tetapi puisi dalam buku ini juga menggambarkan bagaimana cara seseorang untuk menghadapi mental illness yang ia miliki. Tak hanya puisinya saja yang apik, buku ini juga memiliki prosa dengan tipografinya yang tidak biasa. Untuk bahasanya, buku ini menggunakan bahasa inggris.

Baca Juga  Tentangmu yang Tak Pernah Kuberitahukan

Itulah 9 rekomendasi buku puisi untuk kamu. Kamu bisa membaca buku-buku tersebut di sela-sela kesibukanmu loh, Sobat!

Comment

Artikel Terkait