by

Pasti Bikin Merinding! Inilah 7 Novel Thriller Terbaik Sepanjang Masa

Novel thriller adalah jenis novel yang menyajikan jalan cerita yang mampu membuat para pembaca merasa penasaran akan jawaban dari misteri yang disajikan pada akhir ceritanya. Keunikan ini membuat novel bergenre thriller memiliki kelompok penggemar tersendiri.

Para penggemar tersebut terdiri dari para pembaca yang setidaknya memiliki tipe pemberani, penasaran, dan penyuka tantangan. Bagaimana dengan pembaca tipe penakut? Bolehkah membaca novel thriller? Siapa bilang tidak boleh? Penakut belum tentu tidak berani membangun nyali, bukan?

Jika sudah merasa cukup bernyali, silakan berburu novel-novel thriller terbaik sepanjang masa ini. Walaupun sudah diterbitkan sejak lama, tetapi aroma kengeriannya masih tetap bergema hingga sekarang.

1. The Woman in White

The Woman in White (novel) - Wikipedia

Pengarang: Wilkie Collins

Tahun terbit: 1859

Sinopsis: Novel ini memang cocok menjadi novel thriller terbaik sepanjang masa. Sejak pertama kali rilis, novel ini sudah berkali-kali dicetak ulang. Hal ini dikarenakan novel ini berhasil membuat orang penasaran untuk membaca setiap lembar ceritanya. Novel ini mengisahkan tentang Walter Hartright, seorang aktor muda yang ditawari pekerjaan sebagai guru seni bagi dua gadis di Limmeridge House. Dua gadis itu bernama Marian Halcombe dan Laura Fairlie. Keduanya adalah saudari tiri.

Dalam perjalanan menuju rumah kedua gadis itu, Walter bertemu seorang gadis berbaju putih. Belakangan diketahui kalau gadis berbaju putih itu adalah pasien rumah sakit jiwa yang kabur.

Dikisahkan bahwa Walter kemudian jatuh cinta dengan Laura. Namun, Laura telah bertunangan dengan Sir Percival Glyde. Pada suatu ketika, Laura mendapatkan surat ancaman untuk tidak menikah dengan Sir Percival Glyde. Surat itu ternyata dikirim oleh gadis berbaju putih yang bernama asli Anne Catherick, dan gadis itu sebenarnya sudah meninggal. Novel yang satu ini sebaiknya jangan dibaca sendirian. Dijamin bikin merinding!

Baca Juga  Obrolan Orang Dewasa di Kepala Anak Kecil

 2. The Thirty-Nine Steps

Pengarang: John Buchan

Tahun terbit: 1915

Sinopsis: Novel thriller terbaik sepanjang masa berikutnya adalah The Thirty-Nine Steps. Pada awalnya, novel ini muncul sebagai serial di Majalah Blackwood sebelum akhirnya diterbitkan dalam bentuk buku. Novel ini merupakan novel pertama dari lima novel yang menampilkan tokoh utama bernama Richard Hannay.

Dia adalah pahlawan serba bisa yang memiliki kemampuan untuk keluar dari berbagai situasi sulit. Richard Hannay tanpa disadari menjadi pion dalam konspirasi global untuk mengatur ulang tatanan dunia. Hal tersebuut bertentangan dengan keinginannya. The 39 Steps akan mengubah dunia yang kita kenal, dan hanya Richard Hannay yang dapat menghalangi.

3. Murder on the Orient Express

Pengarang: Agatha Christie

Tahun terbit: 1934

Sinopsis: Dalam novel ini, pembaca akan diajak untuk bernostalgia ke suasana masa lampau dengan menaiki kereta bersama seorang detektif Belgia bernama Hercule Poirot. Seting cerita dimulai dari keberangkatan di Siria (Suriah), melewati selat Bosporus, berkereta dari Istanbul Turki, sampai akhirnya ke Yugoslavia sebelum peristiwa pembunuhan terjadi. Pada saat kereta melintasi Yugoslavia, kereta terhenti karena terhadang salju. Pada saat itulah terjadi kehebohan. Seorang berkewarganegaraan Amerika tewas, terbunuh.

Pembunuhnya tidak mungkin berasal dari luar kereta karena kereta tengah berada di padang salju. Sejak awal, Hercule Poirot sudah menangkap berbagai gejala aneh pada kereta yang dinaiki. Dia akhirnya menemukan fakta bahwa para penumpang yang mencurigkan dalam kereta terhubung dengan peristiwa masa lampau.

4. The Killer Inside Me

Pengarang: Jim Thompson

Tahun terbit: 1952

Sinopsis: Novel thriller terbaik sepanjang masa ini mengisahkan tentang seorang sherif tampan bernama Lou Ford. Dia memiliki kekasih bernama Amy Stanton. Ford adalah sherif yang baik dan dapat dipercaya. Akibatnya, banyak yang menganggap Ford terlalu lunak bagi seorang petugas hukum.

Baca Juga  Benalu

Sisi lain Ford mulai terungkap ketika ada suatu kasus yang mengharuskan dia berhadapan dengan Joyce Lakeland, seorang perempuan yang berprofesi sebagai perempuan panggilan. Ford punya kecenderungan membunuh. Gejala gangguan jiwanya ini sebenarnya sudah muncul sejak dia masih kanak-kanak.

5. Tokyo Zodiac Murder

Pengarang: Soji Shimada

Tahun terbit: 1981

Sinopsis: Novel ini mengisahkan tentang pembunuhan beberapa perempuan yang dimutilasi dan bagian tubuhnya hilang. Bagian tubuh yang hilang tersebut melambangkan zodiac setiap perempuan. Azoth, seorang seniman yang terobsesi untuk membuat karya seni tentang perempuan yang sempurna, dicurigai oleh polisi. Namun, dia ditemukan tewas di sebuah ruang tertutup. Kasus ini tidak terpecahkan, hingga berpuluh-puluh tahun kemudian ada yang menyelidiki kembali kasus tersebut.

6. Tourist Season

Pengarang: Carl Hiaasen

Tahun terbit: 1986

Sinopsis: Selain bergenre thriller, novel ini juga bisa dianggap sebagai sebuah sindiran. Mulai dari pariwisata, olahraga, ras, dan ruang berita. Novel ini bukan tentang kisah konspirasi biasa, tetapi juga melibatkan pembunuhan yang sadis.

Teror bermula ketika kepala kamar dagang ditemukan terpotong-potong dengan buaya karet dijejalkan ke tenggorokannya. Penduduk setempat berusaha menyembunyikan pembunuhan agar arus wisatawan tidak terhenti. Selanjutnya, pembaca akan terus menebak siapa yang tetap selamat hingga akhir kisahnya.

7. The Hunter

Pengarang: Asa Nonami

Tahun terbit: 1996

Sinopsis: Seorang detektif perempuan bernama Takako Otomichi dihadapkan pada kasus pembunuhan berantai. Pelakunya tampaknya bukan manusia.

Untuk memecahkan kasus tersebut, Takako dipasangkan dengan Takizawa. Takizawa adalah detektif senior yang tidak suka berpartner dengan detektif perempuan. Penyelidikan terarah pada penemuan yang mengejutkan

Itulah 7 novel thriller tebaik sepanjang masa yang seolah tidak pernah selesai untuk dibaca, dibahas dalam forum-forum penggemar novel thriller, dan diadaptasi menjadi sebuah karya visual atau film. Ini terbaik versi penulis, jika ada versi terbaik menurutmu, share yuk.

Baca Juga  Rambut Merah yang Tak Masuk Surga

Oh ya, perlu diketahui bahwa kisah dalam novel-novel bergenre thriller ini mengandung materi yang diperuntukkan bagi mereka yang sudah dewasa, yakni pembaca yang berusia 17 tahun ke atas. Jadi, kalau kamu belum berusia 17 tahun, bersabar dulu sebelum dapat membacanya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *