by

Jenis-jenis Karya Sastra di Indonesia yang Wajib Kamu Ketahui

Indonesia merupakan negara yang amat kaya dengan keragaman budaya. Warisan budaya yang menjadi asset tak ternilai bangsa tersebar merata di Indonesia. Salah satu warisan budaya yang harus tetap dijaga agar tetap lestari adalah karya sastra. Banyak sekali jenis karya sastra Indonesia yang telah membawa nama Indonesia semakin dikenal dunia internasional.

Karya sastra merupakan suatu ciptaan berupa tulisan yang ditulis dengan sejumlah aturan, dan ditulis dengan menonjolkan tujuan estetika yang dapat dinikmati oleh pembacanya. Karya sastra sendiri terbagi dalam 2 bagian besar, yaitu fiksi dan non fiksi. Untuk itu, yuk kenali lebih dalam jenis-jenis karya sastra Indonesia yang wajib kamu ketahui.

Yang pertama, kita akan terlebih dahulu membahas jenis-jenis karya sastra fiksi, di antaranya ada Novel, Puisi dan Cerpen. Yuk simak pembahasannya!

1. Novel, Karya Fiksi Kecintaan Sejuta Umat

pemandangan atas tangan memegang buku terbuka dan tertutup - novel ilustrasi stok

Jenis karya sastra fiksi yang pertama adalah novel. Siapa yang tidak tahu atau tidak mengenal novel? Tentu saja kita semua tahu apa itu novel. Karya sastra yang satu ini amat digandrungi pencinta sastra di Indonesia dari semua kalangan usia.

Novel merupakan sebuah buku yang berisi kisah tidak nyata yang ada dalam imajinasi penulisnya. Imajinasi penulis tersebut kemudian dikembangkan dengan indah disertai dengan alur cerita yang terstruktur, untuk memudahkan pembaca memahami alur ceritanya.

Novel tidak hanya dibuat dengan tujuan menghibur para penikmat karya sastra, akan tetapi dapat juga dijadikan sebagai media edukasi. Kenapa disebut media edukasi? Karena dalam alur cerita novel, selalu diselipkan kata-kata mutiara yang mengandung nilai moral tentang kehidupan.

Selain itu, pengetahuan pembaca juga dapat bertambah karena latar cerita yang diceritakan dalam novel dapat berasal dari banyak bidang kehidupan. Misalnya saja ekonomi, persahabatan, keluarga, dan masih banyak lagi.

Baca Juga  Review Novel Arkananta: Saat Rumah Tidak Lagi Bisa disebut Sebagai ‘Rumah’ untuk Pulang

Di Indonesia sendiri terdapat amat banyak penulis novel berbakat yang karyanya banyak digandrungi pecinta sastra. Sebut saja Tereliye dan Andrea Hirata. Novel hasil karya Tereliye dan Andrea Hirata selalu sukses menjadi best seller.

Selain itu, genre novel yang disuguhkan juga beragam sehingga pembaca selalu antusias, menantikan karya-karya baru kedua penulis berbakat kebanggaan Indonesia itu.

2. Puisi

halaman terbang bebas di langit dari buku yang dipegang terbuka oleh seorang wanita - puisi potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Di posisi kedua ada karya sastra puisi. Puisi merupakan karya sastra yang terikat dengan sejumlah aturan baku dalam penulisannya misalnya rima dan bait. Namun untuk jenis puisi modern, memiliki aturan yang lebih fleksibel. Tidak ada ketentuan aturan rima dan bait dalam penulisannya.

Puisi bisa juga disebut sebagai tulisan indah, karena di dalamnya digunakan banyak sekali perumpamaan-perumpamaan untuk menggambarkan suatu peristiwa. Sama halnya dengan novel, puisi juga memiliki fungsi edukasi. Sering terselip berbagai pesan kehidupan yang ingin disampaikan sang penulis pada para pembaca karyanya.

Sama halnya dengan penulis novel, Indonesia juga memiliki banyak sastrawan puisi berbakat yang karyanya banyak diapresiasi oleh masyarakat luas. Sebut saja Sapardi Djoko Damono dengan puisi karyanya yang berjudul Hujan Bulan Juni.

Judul puisi ini bahkan diadopsi menjadi judul sebuah film yang ditayangkan pada tahun 2017 yang lalu. Selain itu, masih banyak sastrawan puisi berbakat kebanggan Indonesia, di antaranya W.S. Rendra, Taufiq Ismail, Ahmad Tohari, Mochtar Lubis, Abdul Hadi W.M., dan masih banyak lagi.

3. Cerpen

buku puisi saat matahari terbenam - puisi potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Hampir sama dengan novel, cerpen juga mengangkat cerita dari kisah tak nyata yang dikembangkan berdasarkan imajinasi penulisnya. Yang membedakan dengan novel adalah, novel terdiri dari kisah panjang dengan banyak halaman. Sementara cerpen hanya berupa cerita singkat yang langsung tamat ceritanya.

Baca Juga  Ini Dia 5 Langkah Memanajemen Kelas yang Benar

Seperti halnya dengan karya fiksi yang lain, cerpen juga dilengkapi dengan banyak pelajaran hidup yang dikemas apik dengan jalinan alur cerita yang harmonis. Jadi, selain memberi fungsi hiburan, karya cerpen juga memberikan fungsi edukasi bagi pembacanya.

Yang kedua, kita akan membahas karya sastra non fiksi. Di antaranya ada artikel, karya tulis ilmiah, dan biografi tokoh. Yuk simak pembahasannya!

1. Artikel

blog, konsep blogging - artikel potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Jenis karya sastra non fiksi yang pertama adalah artikel. Artikel merupakan sebuah tulisan atau karangan yang disusun berdasarkan data faktual, bukan berdasarkan imajinasi penulisnya semata. Artikel ditulis dengan tujuan memberikan informasi dan menambah pengetahuan pembacanya terkait bidang keilmuan tertentu.

Artikel termasuk ke dalam karangan pendek, yang biasanya habis dibaca dalam sekali baca. Kita dapat menjumpai artikel di koran-koran, majalah, ataupun website dan blog online ketika kita mencari sebuah informasi melalui mesin pencarian atau google.

2. Karya Tulis Ilmiah

wanita muda di rumah menggunakan komputer laptop untuk menggulir dan membaca berita tentang terobosan teknologi. dia duduk di sofa di ruang tamunya yang nyaman. di atas bahu ditembak - artikel potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Karya tulis ilmiah merupakan suatu karya tulis yang menyajikan fakta, berdasarkan hasil penelitian mengenai bidang ilmu pengetahuan tertentu. Untuk Menyusun suatu karya tulis ilmiah, diperlukan analisis yang mendalam mengenai suatu hal yang diteliti dan akan ditulis.

Karya tulis ilmiah juga memiliki susunan atau aturan penulisan yang baku. Di antaranya harus memuat cover atau sampul, kata pengantar, daftar isi, bab pendahuluan, bab metode penelitian, bab pembahasan, bab kesimpulan dan saran, serta ditutup dengan daftar Pustaka.

3. Teks Biografi Tokoh

buku terbuka berbentuk kipas di atas meja tua - biography potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Yang terakhir ada teks biografi tokoh. Biografi tokoh merupakan sebuah tulisan yang berisi data-data atau informasi mengenai tokoh terkenal atau tokoh yang memiliki pengaruh di tengah masyarakat. Data-data atau informasi itu diantaranya adalah tempat dan tanggal lahir, riwayat hidup atau perjalanan hidup tokoh, serta karya-karya tokoh yang membuatnya dianggap berpengaruh di tengah masyarakat.

Baca Juga  6 Rekomendasi Novel Best Seller Tereliye beserta Pesan Moralnya

Nah itu dia jenis-jenis karya sastra baik karya fiksi maupun non fiksi yang wajib dikenal dan diketahui oleh tiap warga Indonesia, khususnya para kaum muda. Karena pengenalan akan karya sastra milik bangsa Indonesia dapat menumbuhkan rasa cinta pada bangsanya. Siapa lagi yang akan melestarikan budaya sastra di Indonesia kalau bukan kaum mudanya?

Selain sebagai warisan budaya dan asset tak ternilai milik bangsa, karya-karya sastra tersebut juga merupakan sarana edukasi bagi kaum muda. Pelestarian karya sastra juga dapat merangsang meningkatnya budaya membaca di Indonesia, sehingga budaya literasi pun dapat semakin dirasakan manfaatnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya