by

Cerpen: NEPTUNUS COUNTRY

NEPTUNUS COUNTRY

Buku sistem tata surya 17 Mei 3067 [1]

Persatuan AntarBintang hanyalah sebagai kedok untuk citra baik pada Planet lain. Deruman kencang yang terdengar di sepanjang jalan raya ibukota telah menjadi rutinitas bagi keluarga Kerajaan Neptunus Utara, di bawah pimpinan seorang lelaki dengan rambut panjang putih juga beberapa pakaian kerajaan menambah sisi bijaksana dari aura sang pemimpin.

Mereka kini memastikan bahwa pengantar Batu Ajaib berjalan dengan lancar, hingga menuju Kerajaan sang Pemimpin dari Neptunus Utara.

Sesampainya di dalam Kerajaan mereka menurunkan peti harta karun, yang telah mereka kawal menuju tempat Aula Auditorium.
Kerajaan Neptunus Utara mempunyai banyak teknologi canggih. Kerajaan ini memiliki penjagaan super maksimum dari orang-orang terbaik. Sepak terjang kegiatan mereka tidak perlu diragukan lagi, mereka menghalalkan cara untuk mendapatkan apa yang mereka mau.

Pertemuan AntarBintang sebenarnya bisnis-bisnis besar sang pemimpin, itu karena harta warisan kerajaan utara tidak akan habis tujuh turunan, namun tidak ada yang berani ambil pusing untuk urusan tersebut, karena siap-siap saja sang Pemimpin akan membuang mereka ke kandang Bong.

Bong bagi penduduk Planet Neptunus menjadi sekelompok binatang buas berkepala tiga, kepala bagian kiri sebagai pengamat, yang kanan sebagai pencabik dan kepala tengah sebagai tempat mereka mengeluarkan telurnya. Jika dilihat bentuknya mirip sekali dengan burung unta, hanya saja kepalanya seperti serangga semut, dan kakinya mirip singa.

[*]

Dewan Intersteller Orion Neptunus 24 Maret 2786 [3] benar-benar memblokir Armada Mech. Wakil Komandan diam-diam berkomunikasi dengan Planet Bumi, mereka merencanakan sesuatu demi kepentingan pribadi. Wakil Komandan yang “licik” itu menyelesaikan pembicaraannya, mengambil beberapa detik untuk memakan biji kora dengan acuh tak acuh “Strategi Kompromi, jangan biarkan tuduhan palsu menganggumu.”
Michel Abimata Gyiovanio membangun sebuah sekolah berteknologi canggih, dilengkapi dengan laboraturium baik ruang dimensi ataupun ruang angkasa, Macusa Academy sekolah pendidikan kaum muda miskin di planet bumi era masa depan. Proff. Yovan guru terbaik yang bisa diharapkan siapapun, sabar dan gigih mendekati romansa laporan ilmiah. Dia diperintahkan Wakil Komandan Neptunus menciptakan Senjata Perang C4. Dengan cepat, ia memindai database besarnya, menemukan Bintang Mytholgy Era Bumi Kuno.
Setelah menganalisis gambar untuk beberapa waktu, dia menyadari.
“Oh, Anda bercanda.”
Wakil Komandan memberikan tawa mekanis di sambungan telepon yang meresahkan, “Ha-ha-ha.”
“Dari dulu Makhluk Bumi sangat tidak tahu memanfaatkan teknologi, sangat Absurd. Dengan siapa Anda berbicara, berikan apa yang saya minta, atau Bumi dan Neptunus mengadakan Perang AntarGalaksi, oh ayolah Reward Batu Bara Neptunus tiga sidereal,” Yovan dengan cemas memijat alisnya. Sidereal adalah kendaraan roket Neptunus namun tiga kali lebih besar dari roket bumi, dan Batu Bara Neptunus menjadi incaran para Penambang Galaksi karena kandungan didalam batu tersebut dapat membuat alat diluar batas kemampuan seseorang.
Yovan mengerutkan kening “Aku tahu algoritmamu, aku mungkin tidak bisa memberimu waktu riset sesingkat itu, jangan beri tahu aku kemungkinannya.” Terlalu banyak yang meninggal dalam perang galaksi pertama puluhan tahun yang lalu, sayangnya saat ini tidak ada manusia yang kebal dengan uang.
Laboraturium Trisastan, Bumi abad 2997.
Pintu otomatis terbuka bergeser ke kedua sisi. Panglima Neptunus dan Sekretaris Jendral turun dari mobil satu persatu. “Kami datang atas perintah Wakil komandan, apa senjata itu sudah siap?”
Yovan mengangguk dengan wajah pucat. Transfer luar angkasa diperlukan jika kau tidak ingin menghabiskan seratus tiga hari dalam perjalanan dari planet bumi ke neptunus. Orang-orang banyak mengalami mabuk luar angkasa sekarang.
“Saya yang merancang senjata ini, mohon dengarkan saya baik-baik. Bong modelisasi kuno dari binatang Mythology Hydra, binatang ini mempunyai kulit yang tidak bisa ditembus oleh peluru jenis apapun, hanya kayu yang bisa menembus kulit hewan ini. Multi gender dengan siapapun saat musim kawin, mereka berkembang biak dengan cara bertelur, telur Bong diletakkan dibangkai makhuk hidup-”
Ucapan Yovan terpotong “Tiga sidereal sudah saya antar ke Gudang Penyimpanan, terimakasih.” Sekretaris itu sangat sederhana dan menumpahkan secangkir kopi ke baju laboraturium yang dikenakan Yovan.
“Angkat barang ini hati-hati, sangat rapuh didalamnya,” Sekretaris itu menyuruh anak buahnya mengangkat Box Peti kedalam bagasi mobil yang dibawa sebelumnya
Yovan tidak perlu berbicara dengan mereka secara halus “Ya. Bertemu dengan sekelompok orang yang sangat aneh dengan antena dikepala, lalu mengklaim bahwa semua baik-baik saja, bahkan mereka mengambil kesimpulan dengan tenang? What the hell”
Armada Mech adalah Armada khusus kaum Neptunus berpendidikan, sampai saat box peti Bong datang ke Planet Neptunus pertama kalinya, para kolega terlihat mengadakan pesta meriah di pesawat-pesawat luar angkasa, hanya tamu undangan khusus saja yang bisa masuk kedalam sana. Begitu juga dengan Wakil Komandan terlihat menikmati apa yang ada disana, begitulah kiranya gambar kesenangan Pemerintahan Planet Neptunus.
Wakil Komandan Neptunus mempersulit lingkungan politik, ia merubah dua bagian utama : Yang pertama adalah Sekelompok pemerintahan pusat dibawah pimpinan Wakil Komandan langsung. Meskipun hanya menyumbang sepersepuluh dari total taktik militer Neptunus.

Baca Juga  Cerpen: Perawan Berawan

Utama kedua adalah 90% Neptunus berkemimpinan Kerajaan, dibagi menjadi empat yaitu Utara, Selatan, Timur, dan Barat. Ikatan keluarga Neptunus terbilang rumit, mengikat kesetiaan untuk memastikan stabilitas politik Kerajaan.

Bong secara resmi di Perdagangkan Pemerintahan Pusat, siapapun yang menang dalam pertempuran AntarKerajaan dia berhak mendapatkan Hak Guna Kepemimpinan. Fraksi 12 Dewan Intersteller Orion Neptunus, Pidato Wakil Komandan pada Malam pukul 17 +GT

Mendengar keputusan wakilnya, Komandan Neptunus Je-Ha segera bertindak lebih. Je-Ha melambai kepada Wakil Komandan dan memberi perintah “Beri aku setelan, hubungi Auror Dewan Intersteller Orion Neptunus. Beri tahu mereka aku akan kembali besok.”

Wakil Komandan terkejut, “Komandan …”
“Panglima Tertinggi sudah kusuruh membuat strategi mengembalikan makhluk jahat ketempat asalnya, apa lagi yang bisa kau bohongi? Semua tempat yang tersentuh dengan makhluk tersebut akan ditutup dan diblokir selamanya!” Je-Ha berhenti sejenak dan mengalihkan pandangannya ke luar jendela. Ribuan Auror memblokir askes, mengeluarkan meriam yang mengarah ke area perkumpulan. Kapal terbang berkilau seperti sekumpulan kupu-kupu terbang di atmosfer.

Lebih dari 500 tahun setelahnya, Neptunus kembali damai dan makmur, Namun tanpa sepengetahuan orang, perebutan kekuasaan politik antara pemerintah pusat dengan Kerajaan, dan permainan Bong diantara perselisihan internal tersebut, jatuh kepada KerajaanUtara Neptunus.

Di sisi lain, O-Zack memerintah Neptunus Utara dengan kekerasan berdarah, sehingga tidak ada yang berani memberontak. Pemimpin kerajaan lain, yang tidak mampu menghadapi kekuatan O-Zack yang kuat, tidak mampu mengangkat kepala mereka dan tetap diam. Pada akhirnya Kerajaan lain, mereka berpura-pura bermartabat. Banyak para budak yang melarikan diri hanya karena kita melanggar Hukum Kerajaan. Hukum menurut para Raja dan Bangsawan, bahkan tidak tertulis secara resmi. Jikapun sangat berhati-hati, itu masih bisa melanggarnya.

Di Kerajaan Neptunus Utara, status lahirmu menentukan segalanya. Kaisar, Bangsawan, Prajurit, Pengembara, dan Budak. Kaisar berasal dari ikatan darah Kerajaan, sementara Bangsawan di Utara itu sedikit, tapi mereka terhormat. Selanjutnya hanya terbaik dari yang terbaik dari Pengembara yang bisa jadi Prajurit. Sebagian besar penduduk Utara adalah Pengembara, dan begitu mereka kehilangan kebebasan, mereka akan menjadi Budak.

Budak dan Buronan mereka akan dikirim ke tempat Perburuan untuk dijadikan mangsa. Setiap tahunnya Kerajaan Utara, mengadakan perburuan. Selain Pemimpin Kerajaan, delapan Kaisar juga berpatisipasi dalam perburuan tahunan. Ini awal mula tradisi di Kerajaan Neptunus Utara.

[*]

“Mari mulai festival untuk budak yang menyebutkan telah ditinggakan oleh Kerajaan” O-Zack menyapa para budak didalam sel. Pada saat dia selesai, mereka telah mencapai ujung terowongan.

So-He dengan cepat memberi isyarat kepada para prajurit untuk membawa budak menuju area perburuan.

“Hei Lu So-He, ayo pergi!” Lu merupakan panggian khusus yang berarti kakak termuda, sedangkan Ge untuk kakak yang lebih tua.
So-He berdiri dengan tatapan kosong untuk beberapa saat sampai dia melihat ke arah kamera keamanan dan bertanya “Mao, apakah kau memiliki data tentang sistem pertahanan dan anti rudal Kerajaan?”

“Ya, aku memilikinya, Lu So-He.” Aku menjawab dengan sabar “Database pertahanan ada di puncak menara laut.” So-He mengangkat bahu sebagai jawaban tanpa menyangkalku.
Namaku Mao, Putra Mahkota Ketiga. Ayahku bernama O-Zack Pemimpin Kerajaan Utara Neptunus, dulu ayahku menikahi Osir Putri Wakil Komandan, dan berjanji untuk tidak pernah membiarkan kesuburan Neptunus mengering. Osir, dengan pengaruh O-Zack atas kehidupan, memberi penduduk planet Neptunus umur yang panjang dan kemakmuran.

Di depan, Wakil Komandan tidak menyetujui percintaan antara O-Zack dan Osir, Namun suatu hari Mentri Gui menikahi Osir atas perintah Wakil Komandan, O-Zack dicengkeram oleh kecemburuan. Memotong Mentri Gui menjadi sepuluh bagian dan membuang ke Sawah Air, O-Zack kemudian pergi ke Osir, menyatakan dirinya pasangannya, dan menuntut agar mereka berbagi kekuasaan. Namun, setelah melihat mayat Mentri Gui didalam Sawah Air, Osir menolak ajakan O-Zack dan mengutuknya. Pada akhirnya, Osir dipenjara karena kejahatan itu. Setelah Osir keluar, ia mengumpulkan potongan-potongan tubuh Mentri Gui, dan keduanya berbagi cinta, meskipun begitu Mentri Gui yang sudah di Alam bawah sadar. Dan disana Osir melahirkan seorang anak ‘Hanji dan So-He’.

Di sisi lain O-Zack dicintai oleh Tef, ia akhirnya melahirkan seorang anak bernama Mao, dan itu Aku. Namun, mendengar Osir melahirkan, O-Zack menjadi cemburu, dan membuang Tef ke dalam Labirin Dimensi. O-Zack akhirnya bertaruh dengan Osir untuk permainan Citoopoin, dengan kebijaksanaannya yang bersinar O-Zack memenangkan permainan, dan membuat Osir kehilangan akal lalu bunuh diri. Hanji dan So-He berada ditangan O-Zack, keduanya dilatih sejak kecil oleh Gong, sedangkan aku?

Aku tidak diijinkan latihan bersama mereka.
Namun, dengan naiknya Hanji sebagai penerus kekuasaan Kerajaan Utara, kasus penjarahan meningkat secara eksponensial, dan pembunuhan menjadi hobi bagi mereka yang berkuasa. Karavan yang menjual kekayaan ke Kerajaan Utara, mulai menjual budak dibawah bayang-bayang Hanji.

Baca Juga  Cerpen: NAVAGIO 10 TAHUN SILAM

Penduduk yang tidak berdosa itu menjadi mainan Hanji untuk dibantai dengan kejam, Suatu hari Wakil Komandan mendengar kabar putrinya bunuh diri, ia merasa sangat marah, sehingga Hanji menjadi korban balas dendam tersebut dan Wakil Komandan dipenjara karena perbuatannya, ditambah kejahatannya yang menciptakan Bong tanpa perintah Komandan.

O-Zack sangat marah, atas kematian putra tertuanya, lalu ia mengambil induk Bong dari pemerintah untuk ia pelihara sendiri di Gua kerajaan Bawah Tanah. Sejak saat itu ayahku memerintah Kerajaan Utara kembali dan membunuh budak untuk dijadikan mainan dikala bosan.

Aku menjadi satu-satunya anak yang tidak diinginkan oleh ayahku, alasannya karena aku tidak pernah patuh pada aturan dibawah pimpinannya. Neptunus Utara melarang penduduknya untuk melakukan pendidikan saat belum memasuki usia 100 tahun, namun aku bersekolah di Whitestar Academy Neptunus Timur saat usiaku masih 17 tahun. Di Neptunus usia remaja seseorang berada pada umur 100 tahun.

Dan yang paling ayah tidak suka adalah tentang keinginanku yang ingin menjadi Jendral Pemerintahan. Ayah dari dulu tidak suka dengan pemerintahan pusat karena masa lalunya bersama Osir, tapi walaupun aku tidak dianggap oleh ayahku, perjuanganku untuk menjadi Jendral Pemerintahan tidak luntur.
“Bawa semua Kaisar Pemburu ke tempat perburuan.” Terdengar suara berat untuk memerintahkan Prajurit membawa Pemburu ke area perburuan.

Tidak sampai satu menit, apa yang diperintahkan sang pemimpin, sorakan-sorakan meriah dari Penonton dan Tamu undangan khusus. O-Zack duduk di kursi pilar, dimana kursi tersebut diperuntukkan bagi bangsawan keas atas. Dimulai dengan memasang mahkota pemburu, dan senjata andalannya tersebut dengan penuh konsentrasi. Tubuh tegap dengan tinggi 185 cm itu begitu gagah dipandang mata, dengan rambut putih panjang dan otot yang terbentuk sempurna menambah sisi gelap sang pemimpin.

“Selamat menonton leader” sapa seorang perempuan siluman mermaid, ia menjadi tangan kanan O-Zack sejak lama. Penduduk Utara mengenalnya sebagai Jung, karena kecantikannya banyak Kaisar yang ingin menikahinya, namun Jung lebih tertarik dengan O-Zack walaupun O-Zack tak suka padanya. Jung sering menghadiri acara-acara Kerajaan Utara karena keterempilannya dalam berbicara bisnis yang mencakup semua sektor.

“Aku harap kabar yang kau bawa adalah kabar yang bagus, karena aku sedang tidak mood mendengarkan omong kosong perkembangan bisnis.”

“Tentu kabar baik, acara ini diikuti oleh delapan Kaisar dengan jumlah mangsa 267 budak.” Hanya Jung yang memanggil O-Zack leader.

“Good” O-Zack melangkah menuju kandang Bong dan diikuti Prajurit di kanan kirinya. Setelah mendapatkan yang cocok, ia mulai mengendarai Bong tersebut menuju area perburuan.

Di sisi lain aku melihat temanku kecil dulu bernama Ao-Sa ikut dibarisan budak mangsa acara perburuan tahunan, keterjutanku membawa mulutku mengangga. Dengan cepat aku mengambil pisau dan senjata bauatanku sendiri untuk berjaga-jaga, menuju barisan para budak.

“Hey psst…” dia masih tidak menoleh, lalu aku menghampirinya dan memegang pundaknya “Ah! Mao, kamu kenapa ke barisan ini?”dia terkejut, namun aku terlihat lebih bingung sekarang, harusnya akulah yang menanyakan hal itu pada dirinya.
“Bodoh! Harusnya aku yang bertanya, kenapa kamu bisa ada di barisan para budak-”
“Apa yang kalian bicarakan, Cepat masuk!” ucapanku terpotong karena badanku didorong lebih dulu oleh salah satu prajurit penjaga, reflek aku menarik tangan Ao-Sa ikut masuk ke Portal menuju Area Perburuan.

BUGH!!

Sesampainya disana, kami ditarik langsung oleh seseorang “Diam disini!” Gua ini sangat gelap, bahkan aku tidak bisa melihat siapa yang menarikku tadi, “Ah, Ao-Sa akhirnya kita bertemu, Ibu senang kita bisa bertemu.” Tunggu? Ibu? Ada apa dengan keluarga Ao-Sa, kenapa mereka dijadikan budak mangsa? Bukankah ayah Ao-Sa seorang prajurit, kenapa mereka ada di pihak budak sekarang,

“Nam Aan?” Nam artinya Bibi, dan Ku artinya paman. Aku memberanikan diri terlalu penasaran, Nam Aan termasuk keuarga prajurit pengasuhku, sejak kecil Nam Aan merawatku, mengajak bermain bersama dengan putrinya Ao-Sa.

“Moa!” Nam Aan langsung memelukku sambil terisak-isak, disitu aku bisa melihat ada sekitar delapan budak yang ketakutan didalam gua. Namun, gua tiba-tiba bergetar “Sudah dimulai!” ucap salah satu budak berlari keluar gua, diikuti beberapa budak berlarian keluar gua.

“Mereka sangat bodoh!, kita harus tetap bersembunyi sampai pukul 3 +GT. Jangan sampai terlihat, jika ditemukan oleh mereka, mereka pasti akan membunuhmu tanpa ampun.” Nam Aan menarik lenganku dan Ao-Sa menuju Gua lorong atas, dia mengeluarkan kunci dan pintu gua kecil terbuka, ruangannya sangat sempit dengan lubang lubang kecil sebagai ventilasi dan pengamat, lalu Nam Aan menutupnya kembali.

“Kalian bisa berganti jam menjaga, cukup jangan membuat suara berisik dan-”

Baca Juga  BERANI BERUBAH MENJADI LEBIH BAIK

ARGH!!

Nam Aan menarik Ao-Sa menunduk, dan aku tetap diam berada didekat lubang kecil, ia mengisyaratkan supaya aku jangan membuat pergerakan, tapi lubang itu mengeluarkan darah hingga menetes ke tanganku. Dari kecil aku sangat takut dengan darah, aku sangat ketakutan, air mataku menetes perlahan. Ku lihat Nam Aan mengerakkan jarinya sebagai komunikasi diam, gerakan tangannya menyuruhku untuk jangan menangis dan menutup mata, jangan melihatnya.

“Pergerakan tidak jauh dari sini, yummy.” Kaisar Re-Nan, dibandingkan dengan Kaisar lainnya, kekuatannya hanya mampu meramal dan mengangkat benda dengan partikel kecil dalam dirinya. Tak heran setiap pemburu datang kepadanya menanyakan letak mangsanya berada. “ketemu!” lalu dia melayang kearah selatan menjauh dari persembunyian kami.
Tepat saat Kaisar Re-Nan pergi, aku berteriak namun mulutku dibekap langsung oleh Nam Aan. “Susstt…, jangan berisik” lalu Ao-Sa membersihkan tanganku yang terkena darah tadi.
Dari lubang kecil itu kami bisa melihat pergerakan pemburu, walaupun lokasi area sangat luas, tapi setiap pemburu memiliki efek serangan yang besar. Seperti saat ini dibagian utara ada Kaisar Hog-er, Tank tingkat atas, ia selalu memakai celana selutut, tubuh bagian atasnya dipenuhi tattoo tapi bisa dilihat tubuh tersebut dibungkus otot yang terbentuk sempurna. Senjata utamanya adalah B4.

Di bagian Barat terdapat si kembar tiga, Kaisar Su, Kaisar Mu, dan Kaisar Wu mereka Ahli sihir. Wu Api, Mu Udara, Su Tanah, mereka dulunya adaah seorang bangsawan kelas atas, karena Su teman dari Tef jadi diangkatlah ia menjadi Kaisar.

Di langit tepat di atas kami, ada Kaisar Gong, guru Ge Hanji dan Lu So-He. Menurutku Kaisar Gong sudah terlalu senior untuk hal ini, ia bahkan hanya mengeluarkan tanaman menjalar dari mulutnya. Tanaman itu sangat berbahaya, jika berhadapan dengan tanaman tersebut harus berlari zig-zag, selain itu tanaman ini mengandung racun dalam hitungan detik menyerap darah hingga tak tersisa.

“Dapat!”

BAM!!

Aku memiringkan kepalaku k esamping, lalu aku tersadar bahwa tempat persembunyian ini sudah hancur. Ku lihat Ao-Sa berlutut dihadapan wanita yang terlihat tak berdaya “Ibu…,” Ao-Sa tidak mengatakan apapun setelahnya, ia berdiri, mengambil kayu didekat runtuhan bebatuan dan berlari ke arah penunggang Bong “Mati kau binatang sialan!”. Bong tersebut menjerit kesakitan, dan aku rasa orang penunggang itu memiliki sesuatu yang mirip dengan senjata. Hati-hati – sampai jumpa.
Aku mengangkat alis “Tunggu!”

Tanganku menjalar meraih punggung Ao-Sa dan melihat Ao-Sa tewas ditangan para Kaisar, lehernya hampir terputus. “Mao-Mao-Mao” penunggang itu turun dari kendaraan Bongnya, terlihat sekali Bong tersebut sekarat. Penunggang Bong membuka mahkota kepalanya menampilkan rambut putih panjang, “Ayah!”

O-Zack berkata kepada para Kaisar “Tangkap dia akan mendapatkan hadiah!” mode ganas Kaisar mengacu pada situasi dimana tujuh Kaisar melawan Mao seorang, dan sebagian besar fungsi kameramen dinon-aktifkan,

Sekarang Mao disituasi yang sangat sulit, ia mengeluarkan senjata dari tas pinggangnya. Inti dari senjata itu adalah pengaturan fungsi ultimate mewakili nilai-nilai kematian mereka. Sudut senjata diputar sehingga mengeluarkan melodi seukuran kumbang menuju ke arah Kaisar Wu. Melodi itu tampak seperti mainan anak-anak.

Pengamat keadaan, Kaisar Re-Nan, akhirnya mengangkat senjata “Hei bocah, rasakan ini” adegan ini terlalu menjengkelkan. Namun, aku ingin membalas dendam atas kematian Nam Aan dan Ao-Sa. Responsnya senjataku tepat pada waktunya. Dalam satu menit ia mulai kehilangan kendali atas seluruh otot tubuhnya. Bahkan jeritannya hanya bisa terdengar dengusan samar.

Di sisi lain perangkat media layar lebar menampilkan para Kaisar tewas, layar dimatikan oleh So-He. Menggunakan metode teknis untuk memblokir proses ini, setelah itu otaknya dengan sensor khusus.

“Kau ayah, Tetap di tempatmu!” O-Zack dengan panik berdiri tegak kembali kemudian menyatukan para mayat membentuk sebuah cahaya dan menyesuaikan tepat di anaknya Mao, namun senjata Mao lebih hebat. Senjata Mao menembus dada O-Zack. So-He ternyata berada dipihak Mao, diam-diam So-He sayang kepada adiknya itu. Saat kematian ayahnya So-He menyalakan layar kembali untuk sesaat, penonton bertanya-tanya kematian O-Zack ditangan Mao Putra Mahkota Ketiga.

Semua bagian Kerajaan Neptunus Utara yang menakutkan, sekejab seperti sekelompok kupu-kupu terbang berkeiling tanpa tujuan disekitar gaaksi, membelah kegelapan yang membayang diatas Neptunus.

Pengadilan publik menjadi topik hangat dikalangan penduduk Neptunus, tentu saja So-He diangkat sebagai Raja Kerajaan Neptunus Utara kembali kejalur yang damai, umat Neptunus akan dilahirkan kembali dalam abu iman yang jatuh. Mao tetap berada di bawah batasan yang ketat oleh Hukum. Semua menerima manfaat dan perawatan yang pantas mereka dapatkan di seluruh Galaksi.

Tulisan ini merupakan naskah lomba menulis cerpen yang disenggarakan oleh redaksi Lintashaba.com. Panitia lomba maupun redaksi tidak mengedit naskah yang masuk.

Penulis : Dewa Saputra

Gravatar Image
DEWA RIZQY PRATAMA SAPUTRA Kelahiran Semarang, 17 Mei 2004. Menempuh Pendidikan di SMK N 3 Semarang, Jurusan Desain Permodelan dan Informasi Bangunan atau mudahnya Teknik Gambar Bangunan. Pria dengan panggilan Akrab Dewa ini, merupakan Anak pertama dari 2 bersaudara. Dan baru-baru ini mencoba dunia menulis, hitung-hitung sebagai penyemangat dan penyeimbang jiwa yang stress. Untuk berakrab diri dengan Dewa Rizqy Pratama Saputra, kamu bisa berkunjung ke : IG : @d3.waariz WA : 081325381198 Email : dewariz1p.saputra@gmail.com TikTok : @dewa._.rizqy

Comment

Artikel Terkait