by

Simak Cara Memasak Kerang Berikut Ini, Agar Kamu Tidak Salah Mengolahnya

Kerang merupakan salah satu hewan yang memiki banyak olahan, mulai dari oseng-oseng kerang hingga sate kerang. Namun, walaupun kerang dapat dibuat berbagai macam olahan, dalam memasak kerang sendiri harus ada hal-hal yang perlu diperhatikan. Berikut ini cara memasak kerang untuk kamu.

Cara Memasak Kerang
  1. Apabila kamu membeli kerang yang terdapat cangkangnya, sebelum kamu olah cuci dahulu kerang tersebut beserta cangkangnya dengan cara disikat, agar kotoran yang menempel di cangkang kerang hilang.
  2. Cuci kerang hingga bersih menggunakan air mengalir sembari digosok-gosok agar pasir yang ada di dalam cangkang keluar.
  3. The Spruce Eats memberikan saran, kerang yang bercangkang tersebut direndam dahulu dalam larutan air tawar dan garam selama beberapa jam. Hal ini memiliki tujuan untuk mengeluarkan sisa air laut beserta pasir.
  4. Untuk membuat cangkang kerang dapat tebuka, rebus kerang tersebut.
  5. Apabila kamu ingin memakan kerang dalam keadaan segar, simpan kerang terlebih dahulu dalam freezer selama 15 hingga 20 menit.
  6. Kemudian, keluarkan dan diamkan kerang selama beberapa menit, sebelum akhirnya cangkang kerang kamu buka, dengan demikian hal ini akan membuat cangkang kerang yang tertutup rapat dapat melemas.
  7. Untuk memasak kerang ini gunakan api sedang dan jangan memasaknya terlalu lama, agar daging kerang tidak mengerut liat ketika dimakan. Jangan lupa untuk segera mematikan api jika cangkang kerang telah terbuka.
  8. Apabila kerang tidak segera kamu konsumsi , simpan dahulu kerang di dalam freezer. Namun, jangan sampai lebih dari dua hari ya kamu menyimpannya!

Tak hanya cara memasak kerang bercangkang saja yang harus kamu pelajari, tetapi cara memasak kerang agar tidak beracun juga harus kamu pelajari. Berikut ini cara memasak kerang agar tidak beracun:

  1. Pilih kerang yang dipanen dari perairan yang relatif bersih.
  2. Tak jarang mengonsumsi kerang yang berkualitas pun masih pusing, oleh karena itu, sebaiknya kerang yang kamu beli dalam keadaan segar tersebut jangan kamu rebus dahulu, tetapi cuci dan rendam dulu kerang sebelum kamu masak.
  3. Sebaiknya jangan memasak kerang segar yang masih bercangkang tanpa air, sebab kerang akan mengelurkan air laut dari dalam tubuhnya ketika dimasak. Sebab inilah yang membuat pusing setelah memakannya.
Baca Juga  Bikin Ngiler! Ini Kreasi Olahan Samyang Yang Tidak Biasa

Setelah kamu mengetahui cara memasak kerang yang benar, sekarang kamu bisa mencoba untuk mengolah kerang tersebut menjadi hidangan yang lezat. Berikut ini resep memasak kerang saus tiram untuk kamu.

Bahan-Bahan:
  • 250 gr kerang yang dikupas
  • 4 sdm minyak goreng
  • 2-3 sdm saus tiram
  • 1 buang bawang bombay yang diiris memanjang
  • 2 siung bawang putih yang dicincang
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 ruas jari jahe yang dimemarkan
  • ΒΌ gelas belimbing air
  • Gula secukupnya
Langkah-Langkah Memasak:
  1. Tumis bawang bombay, bawang putih, daun dalam, daun jeruk, dan jahe dalam minyak yang telah dipanaskan. Tumis sampai bumbu tersebut mengeluarkan bau harum.
  2. Kerang dimasukkan dalam bumbu yang sedang ditumis, kemudian aduk merata.
  3. Gula dan air kamu masukkan dalam masakan, kemudian masak kembali kerang sampai matang.
  4. Setelah masakan matang kamu sudah bisa menyajikan kerang saus tiram. Sajikan selagi hangat ya!

Itu tadi tips cara memasak kerang dengan benar. Sebaiknya sebelum kamu memasak kerang untuk dijadikan makanan, kamu mengikuti prosedur cara memasak kerang tersebut agar kerang yang kamu masak nantinya terasa nikmat.

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait