by

Si Kecil Nggak Suka Makan Sayur? Coba Resep Membuat Nugget Sayur Ini

Si kecil nggak suka makan sayur meski sudah dibujuk berkali-kali? Maka coba kreasi masakan ini yang berbahan dasar dari sayuran dan tentu sangat baik untuk tumbuh kembang si kecil, yaitu nugget sayur.

Nugget sayur dimasak dengan memasukkan beberapa jenis sayuran tambahan, ke dalam makanan si kecil yang dikemas dengan bahan-bahan seperti wortel dan lainnya. Selain itu, nugget sayur digoreng hingga berwarna keemasan di luar dan sangat reyah serta gurih di dalam.

Nugget sayur ini dapat di jadikan sebagai menu makan malam yang menyenangkan, camilan, atau makan siang sekolah yang sehat dan juga dapat ditujukan bagi anak-anak yang memilki alergi pada ayam dan daging.

Berikut ini adalah resep membuat Nugget Sayur yang menyehatkan dan cocok untuk si kecil yang nggak suka sayur.

Bahan-bahan:
  • 2 buah wortel besar yang diparut sepanjang 3 cm
  • 1 buah brokoli besar cincang halus atau potong suwir
  • 1 buah bawang bombay ukuran sedang yang dipotong dadu berukuran kecil
  • 2 buah kentang yang diparut
  • 2 siung bawang putih yang dicincang hingga halus
  • 2 sdm minyak sayur
  • 2 butir telur
  • 200 gram keju parut
  • 400 gram tepung roti gandum
  • Lada hitam secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
Cara Membuat: 
  1. Siapkan wajan dan tuangkan 3 sampai 4 sendok minyak sayur lalu panaskan.
  2. Tambahkan bawang bombay yang telah dipotong dadu dan masak selama kurang lebih 2 menit, hingga bertekstur lunak.
  3. Lalu tambahkan juga wortel dan kentang yang telah diparut dan dimasak, selama kurang lebih 5 menit sambil terus diaduk.
  4. Masukkan bawang putih yang telah dicincang dan tambahkan merica secukupnya, lalu masak selama kurang lebih 3 menit.
  5. Angkat dari api dan masukkan ke dalam wadah besar lalu tunggu hingga dingin.
  6. Tambahkan tepung roti gandum dan aduk hingga tercampur.
  7. Buat bola-bola dari campuran tersebut dan dinginkan kembali selama 30 menit dalam lemari pendingin.
  8. Letakkan kembali tepung roti ke wadah luas dan panaskan minyak sayur ke dalam wajan, dengan menggunakan api berukuran sedang.
  9. Ambil bola-bola tadi dan lapisi lagi dengan tepung roti, hingga merata dan masak ke dalam wajan panas selama kurang lebih 3 menit.
  10. Masak bola-bola tadi hingga bewarna coklat keemasan dan tiriskan, untuk penyajian Anda dapat menyajikan bola-bola nugget sayur bersama keju yang telah diparut.
Baca Juga  Panduan Lengkap Resep Kebab Khas Turki Serta Manfaat Makan Kebab

Jika Anda mencari ide untuk makan malam ramah anak, nugget sederhana ini adalah pilihan yang cepat dan sederhana yang dapat dinikmati seluruh keluarga.

Nugget ini bisa dimakan panas atau dingin dan cocok untuk dibekukan, cocok untuk makan malam penuh sayuran pada malam hari yang sibuk, atau dimasukkan ke kotak makan siang sebagai pengganti sandwich yang praktis.

Nugget sayur merupakan camilan sehat dan kaya protein, yang membuatnya sempurna untuk bekal makan siang, disajikan panas atau dingin.

Untuk cara menyimpannya Anda dapat menyimpannya dalam wadah kedap udara di lemari es, hingga lima hari, atau di dalam freezer hingga tiga bulan. Nugget dapat ditempatkan ke dalam kotak makan siang, di pagi hari sebelum berangkat sekolah dan dimakan pada waktu istirahat.

Setelah mengetahui cara membuat dan resep nugget sayur untuk si kecil, perlu diketahui jika nugget sayur ini memiliki rasa yang lembut dari bawang putih memiliki rasa gurih yang menyenangkan.

Rasanya tidak berlebihan seperti sayuran lainnya, tetapi sangat lezat saat dicelupkan ke dalam saus favorit dan di tambahkan parutan keju!

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait