by

Resep Donat Jco Enak, Serta Variasi Topping yang Membuatnya Jadi Menarik

Donat menjadi salah satu makanan dengan banyak penggemar, alasan kepopulerannya yaitu karena rasa enak juga tekstur padatnya yang terasa lembut jika digigit. Mempunyai banyak varian rasa yang berasal dari taburan topping di atasnya mulai dari coklat, strawberry, keju, dan lain sebagainya.

Resep donat jco merupakan salah satu jenis variasi donat yang populer dan enak, karena mempunyai banyak pilihan topping.

Selain adanya berbagai macam variasi topping, tentu juga dengan langkah pembuatan secara tepat dapat menghasilkan rasa yang diinginkan serta nikmat. Agar lebih jelas tentang tata caranya, yuk langsung saja simak ulasan berikut ini.

1. Donat JCo Dengan Toping Coklat
Bahan:
  • Kentang rebus yang sudah dihaluskan, 250 gram
  • Tepung terigu, 400 gram
  • Gula pasir, 125 gram
  • Susu bubuk, 25 gram
  • Mentega, 75 gram
  • Baking powder, 1 sdt
  • Ragi instan, 10 gram
  • Kuning telur, 6 butir
  • Garam, ½ sdt
Bahan topping:
  • Cokelat yang sudah dilelehkan, 500 gram
  • Margarin, 200 gram
  • Secukupnya: Meses rasa coklat, minyak goreng, dan Air es.
Cara membuat:
  1. Campur bahan utama meliputi tepung terigu, susu bubuk, gula, ragi, dan baking powder sesuai ketentuan takaran. Campurkan semua bahan diatas secara merata dengan cara diaduk pelan-pelan.
  2. Tambahkan kuning telur serta kentang kukus yang sudah halus, lalu tuang air sesuai dengan takaran.
  3. Langkah selanjutnya yakni uleni adonan sampai mendapatkan hasil yang kalis. Lalu diamkan adonan dalam kurun waktu selama ½ jam.
  4. Lalu cetak adonan menjadi bentuk bulat, jangan lupa untuk melubangi bagian tengahnya.
  5. Setelah semua adonan tercetak masukkan ke dalam wadah dan tutup menggunakan kain selama 30 menit agar adonan mengembang.
  6. Siapkan Loyang yang sudah diolesi minyak, kemudian tata donat secara rapi. Diamkan kembali donat selama 1 – 2 jam, tujuannya adalah agar dapat mengembang secara sempurna.
  7. Terakhir, goreng semua donat menggunakan api yang kecil, tunggu sampai matang dan berubah warna menjadi sedikit kuning kecoklatan. Angkat lalu tiriskan.
Langkah pembuatan topping coklat:
  1. Panaskan mentega dan coklat sesuai takaran sampai benar-benar meleleh.
  2. Pilih bagian sisi donat yang Anda inginkan, lalu lumuri dengan coklat yang sudah dilelehkan. Setelah itu taburi dengan meses sesuai selera dan kesukaan Anda.
  3. Untuk tahap yang terakhir diamkan selama beberapa saat agar lelehan coklat mengeras dengan sendirinya.
Baca Juga  Resep Sederhana Macaroni Schotel, Enak dan Lumer di Mulut
4 Varian Rasa yang Bisa digunakan Sebagai Topping Dalam Resep Donat Jco

Dalam kamus resep donat jco belum lengkap rasanya, jika hanya memakai 1 varian saja yaitu rasa coklat sebagai toppingnya.

Banyak jenis varian yang bisa digunakan untuk membuat cita rasa menjadi nikmat, ataupun membuat tampilannya menjadi enak dilihat. Berikut daftar topping yang menggugah selera.

Topping Oreo: Anda bisa memakai oreo sebagai topping untuk donat, karena pada zaman sekarang sudah banyak yang menjadikan oreo sebagai bahan tambahan kreasi untuk berbagai kue ataupun camilan.

Topping Yogurt: Menggunakan yogurt sebagai bahan topping dalam pembuatan donat menarik untuk dinantikan. Selain karena populer, yogurt secara umum sudah dijadikan kreasi pada makanan atau jajanan pada saat ini.

Topping Kopi: Selain digunakan untuk minuman, ternyata kopi juga bisa dijaddikan topping untuk donat lho! Anda bisa mencoba menggunakan kopi sebagai topping sederhana untuk kreasi resep donat jco.

Topping Susu dan Butter: cara pembuatannya yang mudah tidak menjadikan rasa dari topping yang terakhir ini kalah dengan varian lainnya. Perbaduan dari susu dan butter menjadikan topping ini sangat nikmat dan enak.

Tata cara membuat donat enak dan nikmat sebenarnya sangat mudah dilakukan, apalagi jika sudah mengetahui resep serta langkah-langkah dalam membuatnya.

Untuk toppingnya sendiri sebetulnya masih banyak variannya, tergantung Anda mau mengeksplorasi atau cukup hanya dengan varian itu-itu saja. Demikian pembahasan mengenai resep donat jco beserta variasi toppingnya yang beragam.

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait