by

Resep 3 Kue Lebaran Pengisi Stoples yang Tak Tergantikan

Setiap menjelang lebaran, rasanya kita selalu bersemangat membayangkan hidangan-hidangan yang akan kita nikmati saat lebaran. Selain ketupat sayur dan berbagai lauk-pauk pelengkapnya, kue-kue lebaran pengisi stoples juga selalu kita nantikan kehadirannya.

Dari banyaknya jenis kue lebaran yang dimasak dengan cara dipanggang dengan oven, ada tiga kue lebaran klasik yang selalu menjadi favorit sejak dahulu, yaitu kue nastar, putri salju dan kastengel. Ketiga kue tersebut dalam perkembangannya telah dimodifikasi menjadi berbagai bentuk dan rasa, seperti, nastar mawar, putri salju pelangi atau kastengel wijen. Walaupun demikian, versi klasik dari kue-kue itu masih tetap digemari.

Bagi yang tertarik untuk membuat sendiri tiga kue lebaran pengisi stoples tersebut, silakan simak resep anti gagal berikut tips dan trik berikut ini.

1. Kastengel Kres Kres

kastengel - kastengel stoples potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Bahan :
  • 300 gr margarine
  • 200 gr butter (wijsman/anchor/blue triangle)
  • 1 butir kuning telur rebus
  • 150 gr keju edam/keju apel
  • 100 gr keju cheddar
  • 3 sdm tepung maizena
  • 600 – 700 gr terigu protein rendah (kunci biru)
  • 2 butir kuning telur untuk mengoles
Cara Membuat:
  1. Parut keju edam dan keju cheddar, pisahkan tempatnya. Untuk keju cheddar, untuk mendapatkan hasil parutan keju yang panjang, memarut kejunya harus ditekan. Parut dari atas langsung kebawah sekali jalan sambil ditekan. Jika diparut bolak balik tanpa ditekan, maka hasilnya akan halus dan pendek-pendek. Keju cheddar bisa juga tidak diparut, tetapi dipotong panjang-panjang seperti lidi ukuran sangat kecil dengan panjang 4 cm.
  2. Masukkan margarine, butter dan kuning telur ke dalam wadah, kocok dengan mikser selama 30 detik. Matikan mikser. Masukkan keju edam parut, aduk rata dengan sendok kayu. Masukkan terigu dan tepung maizena sedikit demi sedikit.
  3. Aduk-aduk terus dengan sendok. Boleh mengaduk dengan tangan tapi gunakan ujung-ujung jari saja dan jangan ditekan. Rasakan di tangan, jika adonan sudah bisa dibentuk maka terigu tidak perlu dihabiskan. Adonan kastengel ini harus agak lembek, supaya tidak keras ketika matang.
  4. Cetak adonan kastengel. Ada berbagai cara membentuk kue ini. Bisa dengan menipiskan adonan dengan rolling pin dengan ketebalan 0,5 cm lalu dipotong. Kue ini berbetuk persegi panjang dengan ukuran 1 x 5 cm.
  5. Cara yang kedua adalah dengan memulung adonan berbentuk bulat panjang seperti pensil, lalu potong-potong. Cara ketiga adalah dengan membentuknya satu persatu dengan tangan seperti contoh di gambar.
  6. Tata kue didalam loyang, beri jarak antara kue kira-kira 2 cm.
  7. Kocok kedua kuning telur dengan garpu. Oleskan dengan kuas ke seluruh bagian atas kue. Lakukan sampai selesai 1 loyang. Tempelkan sejumput keju cheddar diatas kue sambil ditekan. Lakukan sampai habis.
  8. Panaskan oven selama 15 menit, masukkan kue. Bakar selama 20 menit atau sampai kue berwarna kekunngan.
Tips dan Trik:
  1. Untuk semua jenis kue lebaran pengisi stoples yang dibentuk dengan tangan atau dicetak, mengocok adonan harus sebentar saja supaya tidak melebar ketika dioven.
  2. Ketika membuat adonan kue, gunakan sendok kayu. Jika menggunakan tangan, campurkan saja seluruh adonan dengan ujung jari. Jangan pernah ditekan-tekan karena kue akan menjadi keras ketika matang.
  3. Penggunaan terigu tidak harus sama persis dengan resep. Ketika membentuk adonan rasakan saja dengan tangan. Jika sudah bisa dibentuk berarti terigu sudah cukup.
Baca Juga  Resep Sambal Tumpang
2. Putri Salju Kacang Mete

putri bintang kacang mede atau kue berbentuk bulan sabit mete yang dilapisi gula bubuk. kue tradisional indonesia untuk merayakan idul fitri - kue putri salju lebaran potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Bahan:
  • 250 gr margarine
  • 250 gr butter
  • 650/700 gr terigu kunci biru
  • 3 sdm susu bubuk
  • 3 sdm tepung maizena
  • 250 gr kacang mete
  • 400 gr gula dingin/gula donat
Cara Membuat:
  1. Kacang mete disangrai dengan api kecil sambil diaduk terus. Angkat lalu cincang. Bisa dengan pisau atau alat pengiris bawang yang diputar, ulangi sampai tiga kali memutar supaya hasil cincangannya bagus.
  2. Campurkan margarine dengan butter, kocok dengsn mixer selama 30 detik. Masukkan seluruh kacang mete sekaligus, aduk dengan sendok kayu.
  3. Tambahkan terigu sedikit demi sedikit, aduk rata. Boleh juga diaduk dengan tangan asal tidak ditekan. Jika adonan sudah bisa dibentuk, berarti terigu sudah cukup, tidak perlu dihabiskan. Adonan putri salju ini harus agak lembek supaya lembut ketika sudah matang.
  4. Untuk putri salju klasik, adonan bisa langsung dibentuk sesuka hati. Bisa berbentuk bulat, bulan sabit, hati atau bentuk lainnya.
  5. Panaskan oven selama 15 menit, bakar adonan selama 20 menit. Jika sudah matang, keluarkan kue dari oven, biarkan sampai dingin.
  6. Masukkan gula dingin ke dalam wadah plastik, celupkan kue satu persatu sampai seluruh kue tertutup gula.
Tips dan Trik:
  1. Ketika membuat adonan kue ini jangan pernah ditekan-tekan supaya hasilnya tidak keras.
  2. Kue ini tidak menggunakan telur dan gula ke dalam adonannya, karena akan ditabur atau diselimuti gula dingin.
  3. Penggunaan terigu tidak harus sama dengan resep. Cukup rasakan dengan tangan sampai bisa dibentuk, tidak perlu dihabiskan.
  4. Kacang mete tidak harus menggunakan yang masih utuh karena akan dicincang. Bisa kamu beli yang patah-patah untuk mendapatkan harga yang lebih murah.
‌3. Nastar Isi Selai Jambu Biji

nastar keju, kue nastar dengan selai nanas di dalamnya dan keju parut. - kue nastar potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Bahan adonan kulit:
  • 250 gr margarine
  • 250 gr butter
  • 4 butir kuning telur rebus
  • 100 gr gula halus
  • 3 sdm tepung maizena
  • 3 sdm susu bubuk
  • 700 – 750 gr terigu
  • 4 butir kuning telur untuk mengoles
  • 2 sdm minyak goreng
Bahan Selai:
  • 1 kg jambu biji yang berbiji merah, pilih yang matang dan kuning.
  • 500 ml air
  • 350 gr gula pasir
  • 1 buah jeruk nipis
Cara Membuat:
  1. Pertama buat selai jambu dahulu. Potong-potong jambu lalu masukkan ke dalam blender. Tambahkan air. Blender sampai halus. Saring perlahan-lahan dengan saringan santan lalu buang bijinya.
  2. Masak jus jambu sampai airnya tinggal sedikit. Masukkan gula pasir sambil diaduk-aduk. Kecilkan api. Tambahkan air perasan jeruk nipis. Aduk terus sampai berwarna merah gelap dan selai bisa dibentuk/dipulung. Biarkan sampai dingin.
  3. Buat adonan kulit. Masukkan margarine, butter dan gula halus ke dalam wadah. Mikser selama 30 detik, tambahkan kuning telur, mikser sampai tercampur saja. Masukkan terigu, susu bubuk dan tepung maizena. Aduk dengan sendok kayu atau ujung jari tangan. Jangan ditekan.
  4. Bentuk adonan menjadi bulat-bulat kecil. Tekan atasnya dengan ujung telunjuk sampai ke bawah untuk membuat lubang. Ambil selai dengan sendok plastik yang sangat kecil, sendokkan selai ke dalam lubang di tengah bulatan. Tutup kembali dan rapikan bulatannya.
  5. Tata nastar yang telah dibulatkan di dalam loyang. Beri jarak 2 cm antara satu dengan yang lain.
  6. Kocok empat kuning telur lalu tambahkan minyak goreng supaya warnanya cantik dan mengkilat.
  7. Panaskan oven selama 15 menit. Panggang kue kira-kira 20 menit atau sampai berwarna kuning kecokelatan.
Tips dan Trik:
  1. Jika ingin selai jambu yang tahan lama. Jika air sudah mulai mengering, aduk-aduk terus dengan api kecil sampai selai berwarna gelap dan agak mengeras dan tanak. Selai yang kurang tanak akan membuat kue nastar menjadi cepat rusak.
  2. Olesan kuning telur yang berwarna cantik di bagian atas kue, bisa didapat dengan mengoleskan kuning telur sebanyak dua kali. Setelah dioles sekali, panggang kue selama lima menit. Keluarkan kue dari oven, oles sekali lagi lalu panggang kembali.
Baca Juga  4 Menu Hari Ini: Resep Olahan Sayur Enak yang Menggugah Nafsu Makan

Bagaimana? Cukup mudah kan cara membuat kue-kue lebaran pengisi stoples dengan resep di atas? Asalkan teliti membaca resep dan mengikuti tahap demi tahap pembuatannya, tiga kue lebaran klasik dengan rasa yang lezat pasti akan menjadi favorit tamu-tamu yang datang saat lebaran.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya