by

Nasi yang Menjadi Ciri Khas Indonesia, Intip Cara Buat Nasi Tumpeng Yuk!

Siapa sih yang tidak tahu nasi tumpeng? Nasi yang dibentuk seperti menara kecil yang berbentuk kerucut dengan terdapat beberapa toping tambahan dari lauk-pauk seperti ayam goreng, telur, dan sayur-sayuran itu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat yang tinggal di Jawa.

Nasi tumpeng ini biasanya menggunakan nasi kuning dan kerap disajikan di acara-acara penting atau sakral, seperti acara ulang tahun, acara 17 Agustusan, acara larung sesaji, dan acara-acara penting lainnya. Nasi tumpeng ini sangat lezat, apalagi jika dimakan beramai-ramai.

Oleh karena itu, bayak yang berburu resep cara pembuatannya. Untuk kamu yang juga penasaran dengan cara pembuatannya, berikut ini cara buat nasi tumpeng yang lezat.

Bahan-Bahan:
  • 800 gr beras putih
  • 200 gr beras ketan putih
  • 1.200 ml santan
  • 1 sdm kunyit halus
  • 2 sdm garam
  • 4 lembar daun salam
  • 1 lembar daun pandan
  • 5 lembar daun jeruk
  • 2 sereh yang digeprek
  • 1 sdm air jeruk nipis
Cara Pembuatan
  1. Cuci beras dan beras ketan putih hingga bersih. Kemudian, kukus beras dan beras ketan putih kurang lebih selama 10 menit hingga panas dan mengepul.
  2. Di panci yang terpisah, campur santan dan kunyit. Tak lupa masukkan daun salam, sereh yang sudah digeprek, daun pandan, dan daun jeruk. Kemudian aduk terus dan masukkan garam.
  3. Aduk panci yang berisi santan dan bumbu lainnya tadi hingga mendidih dan meletup-letup. Setelah itu, matikan api dan masukkan kukusan beras putih dan beras ketan putih yang masih mengepul panas.
  4. Masak beras bersama santan yang dicampur bumbu tersebut hingga santan terserap habis dalam beras. Setelah itu, beri jeruk nipis dan aduk merata.
  5. Tunggu hingga uap panas yang berada di beras berkurang, kemudian siapkan panci untuk kukusan dan masukkan beras dalam kukusan. Setelah itu tunggu sampai beras menjadi nasi kuning yang matang atau tanak.
  6. Setelah nasi kuning sudah matang, dinginkan terlebih dahulu nasi kuning beberapa saat sebelum nasi akan dibentuk kerucut.
  7. Setelah nasi kuning sudah dingin, kamu bisa membentuk nasi kuning dengan cetakan dari loyang yang berbentuk kerucut, atau kamu juga bisa mengkreasikan nasi kuning dengan membentuknya menjadi kerucut yang berundak-undak. Jika kamu tidak memiliki cetakan loyang, kamu bisa menggantinya dengan cetakan hasil bentukan kamu sendiri.
  8. Sebaiknya cetak nasi tumpeng di atas daun pisang yang menjadi alas nasi tumpeng, agar kamu tidak perlu kesulitan memindah-mindahkan nasi tumpeng.
  9. Sajikan nasi tumpeng dengan beberapa lauk pauk, seperti ayam goreng, telur goreng suwir, perkedel kentang, kering tempe atau tahu, urap, dan sambal agar lebih nikmat.
  10. Jangan lupa untuk menghias nasi tumpeng dengan hiasan sekreatif mungkin agar terlihat cantik ya! Tidak harus polosan, sisi badan dari nasi tumpeng dapat kamu berikan bermacam-macam hias-hiasan dari buah maupun sayuran.
Baca Juga  Cara Membuat Dalgona Kopi, Ini 3 Langkah Mudah Membuat Minuman Viral Saat Stay At Home

Itu tadi resep dan cara buat nasi tumpeng lezat untuk kamu coba. Nasi tumpeng sudah menjadi ciri khas dari Indonesia, maka tak heran kamu akan selalu menemui nasi tumpeng di beberapa acara penting di Indonesia, khususnya biasanya di acara-acara sakral atau acara perayaan ulang tahun.

Kamu tidak perlu khawatir untuk kesulitan menemukan bahan-bahan pembuatan nasi tumpeng, sebab bahan-bahan pembuatan nasi tumpeng ini sangat mudah ditemukan. Selamat mencoba memasak nasi tumpeng ya!

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait