by

Menu Sehat Ala Jepang: Begini Cara Membuat Dorayaki dan Red Color

Hayo, siapa yang kenal dengan Doraemon? Robot kucing yang pada perfilm-annya datang dari dunia masa depan dengan kantong ajaib yang mengesankan. Nah, jika berbicara tentang Doraemon, sobat Lintashaba tahu gak makanan apa yang Doraemon paling gemari? Yap, benar sekali. Dorayaki.

Dorayaki merupakan salah satu makanan khas yang ada di Jepang loh. Teksturnya yang lembut dengan rasa yang manis membuat kue ini digemari oleh anak-anak yang ada di Jepang.

Tapi nih sob, daripada membahas dorayaki dan menahan selera yang tak tertahankan lagi, lebih baik jika kita membuat sendiri menu sehat ala Jepang ini. Eh, emang bisa? Ya bisa dong. Yuk kita lihat bagaimana caranya.

Cara Membuat Dorayaki

Untuk membuat dorayakinya, kamu harus menyiapkan alat dan bahan seperti yang ada pada daftar berikut ini ya sobat.

Alat:
  • Mangkuk/Wadah yang dapat kamu gunakan sebagai tempat mengaduk adonan.
  • Sendok cekung
  • Tefflon
  • Saringan Plastik.
Bahan :
  • Tepung terigu 250gr
  • 2 butir telur
  • Air secukupnya

Jika semuanya sudah sobat Lintashaba dapatkan, maka kini saatnya kita memulai cara untuk membuatnya nih.. Yok, langsung saja kita cuss..

  1. Langkah pertama ialah, kita harus menyaring terlebih dahulu tepung terigu yang kita gunakan ya sob, dan jangan lupa untuk memastikan mangkuk berukuran besar yang telah kamu siapkan untuk menampung tepung yang akan kamu saring. Oh iya sobat, pastikan pula agar penyaringnya tidak basah ya, jadi saat menyaring pun, tepung terigunya tidak akan lengket dan belepotan di penyaringan.
  2. Langkah keduanya ialah ambil kedua telur yang kamu siapkan, dan pisahkan antara kuning telur dari putih telur.
  3. Langkah ketiga, aduk kedua butir kuning telur yang telah kamu pisahkan dan tuang ke dalam hasil tepung yang sudah selesai disaring, dan aduk kembali adonan yang telah satu sampai benar-benar tercampur. Pada langkah ini, kamu perlu memastikan kuning telurnya telah sedikit mengembang, sebelum menuangnya kedalam tepung yang sudah di saring ya sob.
  4. Langkah keempat, tambahkan sedikit demi sedikit air ke dalam adonan sambil diaduk kembali hingga adonan terlihat lebih cair namun tidak encer. Jika, kamu tidak sengaja membuat adonan menjadi encer, kamu dapat menambahkan tepung terigu yang telah disaring untuk sedikit memadatkan adonannya ya sob, jadi gak usah takut ketika tidak sengaja menumpahkan air yang berlebih pada adonan.
  5. Selanjutnya, tefflon yang sedari tadi masih menganggur kini siap kita pakai nih sob. Yakni, kita harus memanaskan tefflonnya terlebih dahulu ya, jika telah memanas, langsung saja kecilkan kompornya dan tuang adonan dengan menggunakan sendok cekung. Untuk menuangnya juga memerlukan teknik ya sob, teknik yang dimaksud ialah teknik satu titik, dimana kamu hanya perlu menuang adonan dari titik yang sama, tanpa harus menyerakkan adonan untuk membuat bentukan menjadi bulat. Karena ketika kamu menuangnya dari satu titik, adonan akan berpencar dan membentuk aliran lingkaran. Nah, jangan lupa hentikan penuangan jika ukurannya telah sesuai dengan yang kamu inginkan ya.
  6. Pada langkah keenam, kamu harus memastikan bagian atas adonan yang kamu masak telah terlihat kering secara keseluruhan, karena jika sudah, itu artinya dorayaki yang kamu tunggu telah masak sempurna. Balikkan sebentar dan langsung angkat dorayakinya. Lakukan kembali hal ini hingga adonan yang kamu siapkan selesai dimasak seluruhnya.
  7.  Terakhir, ambil satu lembar dorayaki yang telah jadi, lalu berikan selai cokelat yang sesuai dengan selera yang kamu inginkan, serta tutup dengan menggunakan satu lembar dorayaki yang lain. Lakukanlah hal ini sampai seluruh lembar dorayakinya habis dipasangkan. Untuk pengolesan selai cokelat, alangkah baiknya jika kamu menggunakan selai yang lumayan banyak dan sedikit lebih meninggi ya sobat. Jadi dorayaki dorayaki yang kamu buat pun makin menggembung dan semakin mirip sama dorayaki yang dimakan Doraemonnya.

Eits, tapi jangan dimakan dulu ya sob, kita siapkan dulu hidangan minuman yang akan menyegarkan tenggorokan kita sekaligus pelengkap menu sehat ala Jepang yang mau kita buat nih. Yaps, Red Color.

strawberry caipirinha, dihiasi dengan ceri di atas meja kayu. - strawberry drink potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Cara Membuat Minuman Red Color

Nah, sebelum masuk pada tahap-tahap pembuatannya, kita harus persiapkan dulu alat dan bahannya ya sob, lantas apa saja itu?

Alat: 
  • Mangkuk
  • Pisau
  • Blender
  • Gelas Kosong
Bahan:
  • Buah stroberi
  • Susu
  • Es Batu yang telah dipecahkan

Jika semua alat dan bahanya sudah siap dengan lengkap, kini waktunya kita membuatnya nih sobat, cuss langsung saja..

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencuci buah stroberi dengan air yang mengalir. Nah, setelah itu barulah kamu buang bagian kelopak buah stroberi. Kamu juga bisa memakai pisau agar pembuangan kelopak buah ini bisa lebih cepat.
  2. Kedua, masukkan pecahan es batu dengan secukupnya ke dalam blender, dan tambahkah buah stroberi yang telah kamu bersihkan dari kelopak buahnya. Jangan lupa untuk memasangkan penutup blendernya sebelum menekan tombol on-nya ya sobat, biar buah yang kita blender tidak terlempar dan mengotori tempat pastinya.
  3. Terakhir, matikan blender yang kamu pakai dan tuang hasilnya kedalam gelas. Jangan sampai penuh ya sobat, cukup setengahnya saja, sedang setengahnya lagi di isi dengan susu yang sudah kamu siapkan. Nah, dengan begini minuman red color kamu udah selesai nih. Tambahkan sisa potongan stroberi dan lengketkan pada sisi gelas agar terlihat lebih menarik.

Jika sudah selesai, kini saat nya bagi kamu, untuk menyajikan menu sehat ala Jepang nih sob. Ya, dorayaki dan minuman red color yang sudah kamu siapkan. Nah, gimana? Mantap jiwa bukan?

Baca Juga  Aneka Resep Croffle: Dari Resep yang Original Sampai Resep Variasi

Comment

Artikel Terkait