by

Cara Buat Bolu Kukus yang Enak dan Lembut, Lengkap Dengan Tipsnya

Siapa sih yang tidak tahu bolu kukus? Roti bolu yang memiliki ciri khas pada kulitnya yang memiliki tekstur lembut itu menjadi roti favorit bagi sebagian orang.

Roti yang dapat dikreasikan dengan berbagai macam rasa ini banyak di buat dan dikreasikan sekreatif mungkin. Untuk kamu yang juga ingin membuat bolu kukus ini, berikut resepnya untuk kamu.

Bahan-Bahan:
  • 2 sdm susu bubuk
  • 2 sdm gula pasir
  • 10 sdm tepung terigu yang sudah diayak
  • 1 sdt SP
  • ½ sdt baking powder
  • 1 butir telur ayam
  • 2 sdm minyak goreng
  • ½ sdt vanili
Cara Pembuatan:
  1. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan ialah masukkan telur, gula, dan SP dalam satu wadah, kemudian kocok bahan-bahan tersebut hingga mengembang.
  2. Untuk mempermudah pekerjaanmu, kamu bisa menghaluskan gulanya dahulu agar mudah dalam mengocoknya, kamu juga bisa menggunakan mixer loh!
  3. Masukkan tepung terigu, baking powder, dan susu bubuk yang sudah diayak ke dalam adonan telur, gula, dan SP yang telah mengembang. Jangan lupa untuk juga memasukkan vanili, kemudian aduk adonan hingga merata.
  4. Jika sudah tercampur merata, adonan bolu dituang dalam loyang roti. Setelah adonan sudah memenuhi loyang, hentakkan adonan agar dapat memenuhi bagian loyang dan tidak membuat celah. Hal itu dilakukan agar tidak ada udara yang mengisi celah-celah loyang tersebut.
  5. Siapkan panci yang digunakan untuk mengukus adonan bolu. Setelah panci sudah bisa digunakan untuk mengukus, masukkan adonan bolu ke dalam panci dan kukus adonan selama kurang lebih 20 menit.
  6. Setelah bolu kukus matang, bolu kukus yang enak dan lembut ini sudah bisa kamu nikmati.

Untuk memperoleh hasil roti bolu kukus yang bisa mekar, lembut, enak dan lebih mantap kalian bisa menggunakan tips-tips berikut ini:

Baca Juga  Resep Sederhana Macaroni Schotel, Enak dan Lumer di Mulut
1. Gunakan bahan-bahan berkualitas untuk membuat roti bolu kukus

Bahan-bahan untuk membuat bolu kukus ini harus kamu lihat dahulu tanggal kadaluarsanya sebelum dipakai, kemudian untuk telur yang akan dipakai, jangan memakai telur yang sebelumnya tersimpan dalam lemari es, hal ini dikhawatirkan telur tidak mengembang saat dikocok.

2. Ikuti Pentunjuk Resep

Sebaiknya dalam membuat bolu kukus, hendaknya seluruh bahan yang tercantum di dalam resep benar-benar ada dan digunakan. Kalaupun terpaksa tidak memiliki satu atau dua bahan untuk mencampurnya, bahan-bahan tersebut bisa diganti dengan bahan lainnya yang memiliki fungsi yang sama.

Namun, jika seperti bahan pengembang SP, telur, dan lainnya sebaiknya jangan dihilangkan, sebab bahan tersebut menjadi salah satu bahan utama dari bolu kukus.

3. Pastikan Air Dalam Kukusan Sudah Mendidih

Sebelum memasukkan adonan bolu dalam kukusan, pastikan dahulu air untuk mengukus bolu benar-benar panas dan mendidih. Selain itu, jangan sampai air untuk mengukur bolu menyentuh dasar bolu, sebab hal itu malah membuat bolu menjadi bantat.

4. Jangan Mengisi Kukusan Dengan Penuh

Walaupun mungkin saat itu kamu sedang memasak banyak bolu, tetapi sebaiknya kamu juga harus memperhatikan ruang atau kapasitas panci yang kamu gunakan untuk mengukus, sebab apabila loyang bolu satu dengan bolu lainnya berdekatan, nantinya malah membuat bolu tidak bisa mengembang sempurna ,karena terdesak dengan adonan lain.

Nah, itu tadi resep dan cara bolu kukus yang enak dan lembut untuk kamu. Tak hanya bahannya yang mudah ditemukan, cara pembuatan bolu kukus ini sangatlah mudah bukan? Silahkan mencobanya di rumah ya, Sobat!

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait