by

3 Kreasi Resep Street Food untuk Ide Jualan, Cobain yuk!

Street food merupakan salah satu jenis kuliner yang sangat ditunggu-tunggu kehadirannya, karena di Indonesia penjual makanan ini sangat langka dan terbilang sangat sepi.

Nah, dengan demikian maka hal itu bisa menjadi kesempatan Anda untuk mulai mendidirikan usaha sendiri, yaitu dengan membuat sebuah usaha kuliner street food.

Meskipun sangat jarang ditemui kepopuleran dari street food tetap ada. Jadi jika ada street food yang baru buka di suatu tempat pasti akan langsung diserbu oleh pengunjung.

Nah, maka dari itu jadikan kesempatan emas itu menjadi ladang untuk Anda alam berbisnis. Untuk jenis masakannya jangan khawatir, Anda bisa menyimak beberapa kreasi resep street food di bawah ini.

1. Sempol Ayam Crispy
Sempol Ayam, Indonesian Street Food Sempol Ayam, Indonesian popular street food made from minced chicken meat and some spices, shape on bamboo skewer, steamed and then fried. Usually served with chili sauce. Close up view, brown grainy background. Sempol chicken stock pictures, royalty-free photos & images
istockphoto
Bahan Utama:
  • Daging ayam fillet, 250 gram (haluskan dengan blender)
  • Tepung tapioka, 125 gram
  • Telur, 1 butir
  • Wortel, 3 buah (parut halus)
  • Daun bawang, 2 batang (iris tipis)
  • Secukupnya: Bawang goreng.
Bumbu Halus:
  • Bawang putih, 5 siung
  • Bubuk lada, ½ sdt
  • Garam, 1 sdm.
Bahan Lapisan:
  • Telur, 2 butir (kocok lepas terlebih dahulu)
  • Secukupnya: Tepung panir dan Minyak goreng.
Cara Membuat:
  1. Pertama-tama ambil 1 buah wadah atau baskom berukuran sedang, lalu isikan bahan utama ke dalamnya seperti daging ayam fillet yang telah dihaluskan, tepung tapioka, telur, wortel, daun bawang, bawang goreng dan juga bumbu halus.
  2. Aduk-aduk atau uleni semua bahan tersebut sampai rata dan menjadi adonan yang sempurna. Setelah itu test atau koreksi rasa adonan, jika sudah enak dan sesuai berarti saatnya membuat adonan menjadi bentuk yang diinginkan.
  3. Pakaikan sarung tangan dari plastik pada kedua tangan Anda, lalu olesi bagian permukaan telapak tangan menggunakan minyak, setelah itu ambil adonan sedikit demi sedikit dan tempelkan pada tusuk sate yang telah disiapkan, kemudian remas atau kepal adonan tadi sampai padat dan bentuk mirip menyerupai sate tempura.
  4. Setelah itu celupkan satu persatu sempol yang sudah jadi tadi ke dalam kocokan telur, lalu gulingkan ke atas tepung panir, kemudian masukkan semua ke dalam wadah tertutup dan masukkan ke dalam lemari es atau kulkas sekitar 3 jam, setelah itu siap untuk digoreng.
  5. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang dan tunggu sampai minyak mendidih. Setelah itu, masukkan sempol tadi dan goreng sampai matang atau berwarna kuning kecoklatan pada permukaan luarnya. Ambil sempol yang sudah matang dan jadi, kemudian tiriskan sampai minyaknya hilang.
  6. Terakhir, siapkan 1 buah piring saji dan letakkan sempol di atasnya lalu beri olesan mayonnaise atau saus tomat. Selesai.
Baca Juga  7 Rekomendasi Resep Minuman Bersoda yang Segar Banget
2. Tahu Genjrot
Gejrot Tofu Creative Image tahu gejrot stock pictures, royalty-free photos & images
istockphoto
Bahan Utama:
  • Tahu pong, 10 buah
  • Gula jawa, 1 ½ sdm (sisir halus)
  • Asam jawa, 1 sdt
  • Kecap manis, 1 sdm
  • Air, 250 ml
  • Secukupnya: Garam.
Bumbu Halus:
  • Bawang merah, 3 siung
  • Bawnag putih, 2 siung
  • Cabai rawit, 10 buah.
Cara Membuat:
  1. Pertama-tama ambil semua tahu pong, lalu potong-potong menjadi bentuk yang diinginkan. Kemudian letakkan semua potongan tahu pong tadi ke wadah yang sudah bersih. Sisihkan.
  2. Ambil 1 buah panci, lalu tuang air secukupnya dan masak dengan api bersuhu sedang sampai mendidih. Selanjutnya masukkan bahan-bahan utama seperti asam jawa dan juga gula jawa. Masak sampai kedua bahan tersebut hancur dan larut, jangan lupa untuk selalu mengaduknya agar bisa tercampur dengan merata.
  3. Setelah mendidih, angkat panci lalu siapkan sebuah wadah untuk tempat menyaring air rebusan asam jawa dan gula jawa. Sisihkan.
  4. Tahap berikutnya adalah meracik bumbu, siapkan satu buah ulegan lalu masukkan semua bahan bumbu halus seperti bawang merah, bawang putih, cabai rawit dan juga garam. Uleg kasar semua bahan tadi, lalu test rasanya dan siram dengan air rebusan asam jawa. Kemudian campurkan dengan cara diaduk-aduk sampai tercampur dengan merata.
  5. Terakhir, ambil beberapa potong tahu pong yang telah dipotong-potong sebelumnya dan masukkan ke dalam ulegan lalu tekan atau genjrot tahu agar tercampur dengan bumbunya. Selesai.
3. Banana Pom Pom
Cara Mudah Membuat Banana Pom-Pom
biem.co
Bahan Utama:
  • Pisang jenis kepok, 10 buah
  • Tepung terigu, 10 sdm
  • Tepung maizena, 3 sdm
  • Secukupnya: Tepung panir atau tepung roti, Minyak goreng, Air dan Gula pasir.
Cara Membuat:
  1. Pertama-tama, kupas kulit pisang kepok dan potong-potong dagingnya secara horizontal dan membentuk sebuah bulatan. Lakukan pemotongan ini secara perlahan dan hati-hati agar bentuk dari pisangnya menjadi sempurna.
  2. Ambil 1 buah wadah atau baskom, masukkan 2 bahan utama seperti tepung terigu dan tepung maizena lalu aduk-aduk sampai tercampur merata. Masukkan gula pasir lalu tuang air sedikit demi sedikit sampai adonan mendapatkan kekentalan yang diinginkan.
  3. Langkah selanjutnya, ambil pisang satu persatu lalu beri taburan tepung terigu pada permukaan larnya sampai merata dan tertutup, kemudian baru celupkan ke dalam adonan campuran tepung tadi dan langkah terakhir gulingkan di atas permukaan tepung roti atau tepung panis sampai semua permukaannya tertupi dengan rata.
  4. Anda langsung bisa menggorengnya secara langsung, namun jika Anda ingin hasil yang lebih baik dan fantastis Anda bisa memasukkan beberapa bola-bola pisang yang sudah tadi ke dalam wadah tertutup seperti toples, lalu masukkan ke dalam kulkas sampai beberapa saat.
  5. Tujuannya adalah untuk membuat adonan menjadi keras dan menyatu sempurna dengan pisang. Jadi pisang akan terasa lebih krispy dan mempunyai bentuk kepadatan di atas rata-rata. Setelah itu barulah bisa digoreng.
  6. Terakhir, panaskan minyak di atas wajan dengan api sedang sampai minyak mendidih. Selanjutnya masukkan semua bola-bola pisang tadi ke dalam minyak dan goreng sampai terlihat krispy dan juga permukaan luarnya berwarna golden brown. Kemudian angkat dan tiriskan, setelah itu tata di atas piring dan beri olesan mayonnaise atau bahan lain yang Anda sukai. Selesai.
Baca Juga  Resep Opor Ayam Lezat dan Cara Membuatnya

Demikianlah beberapa daftar kreasi resep street food yang mudah dan sederhana untuk Anda buat sendiri di rumah. Jika Anda ingin membuka usaha street food, semua resep makanan di atas sangat rekomended untuk dijadikan sebagai ide masakan Anda nantinya. Semoga bermanfaat!

Comment

Artikel Terkait