by

Tips Mulai Berkebun Sayuran Bagi Pemula, Jangan Sampai Salah Langkah

Apakah Anda baru memulai berkebun sayuran dan masih ragu untuk memulai dari mana? Maka Anda tidak harus merasa terlalu khawatir. Memulai berkebun sayur-mayur bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan.

Hanya dengan mengikuti beberapa panduan sederhana, Anda sudah dapat menjadi seorang yang sukses dalam berkebun. Berikut ini beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk memulai berkebun sayuran, bahkan jika Anda seorang pemula yang baru memulainya.

Langkah Pertama, Pilih lokasi berkebun yang sesuai
Foto: unsplash.com

Memilih lokasi yang baik untuk taman Anda adalah kuncinya. Lokasi yang baik adalah memiliki cahaya yang cerah dan cukup. Kebanyakan sayuran membutuhkan setidaknya 6 jam sinar matahari langsung setiap harinya.

Selain itu, tanah yang terdapat pada lokasi haruslah tanah yang lembab dan dikeringkan dengan baik. Artinya tanah yang memiliki drainase yang baik dan tidak memiliki genangan air.

Pilih lokasi yang memiliki lingkungan yang stabil, artinya Anda harus menghindari tempat berkebun yang memiliki angin kencang.

Karena hal tersebut dapat dengan mudah merobohkan tanaman muda atau dapat menghambat proses penyerbukan. Dan juga jangan memilih lokasi berkebun yang sering dilalui pejalan kaki dan yang mudah banjir.

Langkah Kedua, Pilih sayuran yang sesuai
Foto: unsplash.com

Sebagai pemula, pilihlah jenis sayuran yang memiliki tingkat keberhasilan tinggi dan mudah dalam produktivitas. Kemudian sesuaikan dengan keinginan dan kesukaan anggota keluarga Anda.

Pilih jumlah sayuran yang akan ditanam dengan pertimbangan ukuran ruang berkebun Anda. Pikirkan saat sayuran tumbuh dewasa, berapa banyak ruang yang dihabiskan oleh satu tanaman saja.

Jangan lupa jika penanaman yang berlebihan dapat menyebabkan vegetasi tersumbat, hasil panen yang buruk, hama dan gulma mengalami peningkatan dan masih banyak lagi. Sebagai rekomendasi Anda dapat memilih 6-10 varietas sayuran untuk ditanam. Berikut adalah bebrapa sayuran yang dapat Anda pilih.

  1. Bayam
  2. Kacang hijau
  3. Kacang polong
  4. Wortel
  5. Selada
  6. Kangkung
  7. Paprika
  8. Timun
  9. Tomat
  10. Bawang
Baca Juga  7 Inspirasi dan Tutorial Gaya Foto Cewek Bak Model di Berbagai Situasi
Langkah Ketiga, Mulailah berkebun
Foto: unsplash.com

Setelah mengetahui cara memilih lokasi berkebun yang baik, dan mengetahui jenis tanaman sayuran yang cocok untuk ditanam bagi pemula. Maka langkah selanjutnya adalah membuat perencanaan kebun sayuran untuk mendapatkan gambaran tentang kebun yang dibuat.

Mulai dari proses penanaman benih, penyebaran benih, penjarangan, pemeliharaan dan pemanenan.

Langkah Keempat, Mulai pembibitan tanaman
Foto:unsplash.com

Ketika membeli benih tanaman, pastikan Anda memilih benih yang memiliki kualitas baik. Mulailah menanam benih saat rata-rata kelembapan udara rendah. Anda dapat memulainya menggunakan benih dalam wadah kecil yang diberi lubang drainase yang sesuai. Karena bibit sangat mudah tenggelam jika terlalu banyak air.

Untuk media tanamnya, Anda dapat menggunakan campuran awal tanpa tanah. Secara umum campuran vermikulit dan gambut untuk mengatur benih, agar dapat tumbuh dengan baik. Usahakan suhu merupakan suhu dalam ruangan.

Setelah 14 hari Anda dapat memindahkan bibit kedalam pot yang berisi tanah. Pada saat ini, nama tanaman bukanlah bibit tetapi bernama tanaman muda. Yang sudah memiliki daun muda dan batang muda.

Langkah Kelima, Lakukan perawatan yang baik
Foto: unsplash.com

Setiap jenis sayuran memiliki cara perawatan yang berbeda-beda. Tetapi jika Anda memilih jenis tanaman yang telah disebutkan di atas, maka Anda dapat melakukan cara perawatan yang sangat mudah.

Selama sehari Anda dapat melakukan penyiraman pada sayuran dua kali sehari. Setiap pagi jam 06.00 dan sore jam 16.00. Waktu tersebut adalah waktu yang tepat untuk memberikan tanaman nutrisi.

Selain itu, lakukan pengecekan terhadap hama dan gulma atau yang pengganggu lainnya, yang dapat mengganggu proses pertumbuhan sayuran minimal sekali dalam seminggu.

Langkah Keenam, Nikmati hasil panen
Foto: unsplash.com

Ketika kata panen muncul di benak, maka penantian untuk menikmati hasil panen telah berakhir. Biasanya sayuran dapat panen pada hari ke-30 hingga ke-90 tergantung jenis sayuran. Jangan berkecil hati jika Anda memiliki hasil panen yang buruk di tahun pertama.

Baca Juga  Stres Sistem Kebut Semalam? Ini Tips Cepat Selesaikan Skripsi

Anda akan belajar sedikit lebih banyak setiap harinya. Dan akan selalu ada peningkatan dalam proses berkebun Anda. Selamat mencoba unruk memulai aktivitas berkebun Anda!

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait