by

Manfaat dan Keuntungan Dari Budidaya Tanaman Hidroponik

Saat ini budidaya tanaman dengan menggunakan teknik hidroponik sangat banyak peminatnya. Dengan melalui metode yang terbilang sangat mudah dan sederhana, juga proses yang relatif singkat. Maka bisa disimpulkan, bahwa teknik tersebut dapat mempermudah siapa saja yang ingin menanam segala jenis tanaman atau sayuran.

Media yang dibutuhkan dengan teknik hidroponik ini juga sangat sederhana dan mudah ditemui, selain itu yang menjadi pertimbangan adalah hasil yang didapat dari penggunaan metode ini, sangat memuaskan dan menguntungkan.

Untuk lebih jelasnya. simak ulasan berikut tentang keuntungan dan manfaat yang bisa didapatkan dari tanaman hidroponik yang sedang populer saat ini.

keuntungan menggunakan teknik hidroponik dalam budidaya tanaman :

1. Pengaruh cuaca dan tempat tidak menjadi kendala utama
Ilustrasi (Foto: istockphoto.com)

Penggunaan media yang sederhana dan tidak banyak membutuhkan tempat yang luas, adalah alasan utama kenapa harus menanam dengan teknik ini. Karena pada dasarnya teknik hidroponik ini tidak banyak membutuhkan space tempat, misalnya Anda bisa menempatkannya pada atap rumah, atau pada halaman sempit yang ada dirumah Anda.

Selain meminimalisir penggunaan tempat, masalah seperti pergantian cuaca atau musim yang tidak menentu tidak menjadi masalah bagi Anda yang menggunakan teknik hidroponik ini.

Pasalnya Anda dapat menaruh tanaman hidroponik di dalam ruangan, atau lebih baiknya Anda membuat instalasi green house untuk menempatkan tanaman, agar tidak terpengaruh oleh pergantian musim dan cuaca yang tidak menentu.

2. Terhindar dari hama tanaman dan mempunyai hasil yang baik serta berkualitas
Organic vegetable to plant Fresh Vegetable in greenhouse, Thailand hydroponics planting stock pictures, royalty-free photos & images
Ilustrasi (Foto: istockphoto.com)

Keuntungan berikutnya dalam penggunaan teknik hidroponik ialah terbebas dari hewan atau hama, yang dapat merusak dan mengganggu proses pertumbuhan tanaman. Karena pada dasarnya tempat yang digunakan dalam proses ini yaitu green house, dapat menjadi pelindung hama yang bisa masuk dan merusak tanaman.

Baca Juga  Bagaimana Sih Cara Membuat Pupuk Sendiri? Ini Dia 3 Pupuk Tanaman yang Dapat Dibuat di Rumah

karena terhindar dari serangan hama, maka hasil dari tanaman hidroponik yang didapat bisa sangat melimpah, sehat, serta mempunyai kualitas yang tinggi, sehingga daya jual pun menjadi meningkat.

Oleh karena itu, teknik penanaman hidroponik ini sangat direkomendasikan dan dianjurkan, bagi Anda yang ingin menanam tanaman hias ataupun sayuran.

Manfaat yang didapat dari penggunaan teknik hidroponik dalam budidaya tanaman :

1. Terhindar dari penggunaan pestisida
Growing Vegetables in Cargo Container Growing vegetables and lettuce in the industry cargo container. hydroponics planting stock pictures, royalty-free photos & images
Ilustrasi (Foto: .istockphoto.com)

Secara mendasar, penggunaan pestisida sangat dibutuhkan oleh para petani dalam proses budidaya sayuran atau tanaman lainnya. Sebenarnya banyak sekali terobosan atau alternatif pengganti dari pestisida, ambil contoh penggunaan pupuk kandang untuk membantu kelangsungan pertumbuhan tanaman.

Sebenarnya bukan tidak boleh memakai pestisida dalam budidaya hidroponik, tapi lebih tepatnya adalah mengurangi jumlah penggunaan pestisida yang berlebihan. Tujuannya agar tanaman yang dihasilkan bisa lebih sehat.

2. Pertumbuhan tanaman menjadi relatif singkat
The young business owner checks the quality of the vegetables on the farm, Hydroponic vegetable, Organic food business concept. The young business owner checks the quality of the vegetables on the farm, Hydroponic vegetable, Organic food business concept. hydroponics planting stock pictures, royalty-free photos & images
Ilustrasi (Foto: istockphoto.com)

Dengan melakukan perawatan yang baik dan juga tepat, maka proses perkembangan dan pertumbuhan tanaman hidroponik menjadi sangat singkat dan relatif cepat, dalam mendapatkan hasil yang diinginkan.

Itulah faktor utama yang menjadi alasan banyak orang atau petani sayuran, untuk berpindah dari pertanian konvensioanal ke teknik hidroponik ini. Karena sudah dapat dibuktikan bahwa teknik tersebut sangat sederhana serta efisian dalam prosesnya, maka saat ini banyak yang beralih ke teknik hidroponik ini.

Untuk Anda yang tertarik dengan budidaya tanaman atau sayuran secara hidroponik, maka jangan ragu-ragu melangkah. Kalau bisa saat ini juga Anda bisa langsung mempraktekan metode tersebut, karena tidak terlalu banyak memakan tempat dan juga media yang digunakan juga sederhana.

Semoga ulasan tentang keuntungan yang didapat dari budidaya tanaman hidroponik ini dapat menjadi acuan dan referensi Anda dalam prakteknya.

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait