by

Bisa Panen Banyak, Simak 5 Keuntungan Sistem Budidaya Mina Padi

Sistem budidaya mina padi merupakan metode budidaya ikan, yang cara penerapanya dilakukan bersamaan dengan menanam padi, pada tempat atau lahan yang sama, yaitu di sawah. Adanya sistem ini dapat menjadi solusi bagi kebanyakan orang.

Selain menjadi solusi bagi kebanyakan orang, metode yang katanya sudah ada sejak tahun 2015 ini, dapat menjadi alternatif bagi petani yang ingin sekalian membudidayakan ikan di lahan sawahnya. Keuntungan sistem budidaya mina padi sangat beragam, jika Anda tertarik bisa menyimak pembahasan di bawah ini.

1. Meningkatkan Efisiensi Pemakaian Pupuk dan Air

Keuntungan pertama dengan menerapkan metode mina padi adalah dapat meningkatkan efiensi pemakaian pupuk serta air. Seringkali ditemui bahwa pemakaian air berlimpah pada lahan sawah, kurang efektif kalau hanya dipakai untuk mengairi padi saja. Untuk itu sebagai langkah efektif bisa dijadikan tempat ikan juga.

Selain itu, jika lahan pada sawah digunakan untuk budidaya ikan bersamaan dengan padi, maka pemakaian pupuknya pun akan sangat berguna. Jadi tingkat keefektifan dalam penggunaan pupuk ataupun air sangat tinggi, sehingga tidak membuang-buang biaya.

2. Keuntungan Dari Segi Ekonomi Lebih Besar Dibanding Hanya Menanam Padi Saja

Nah, untuk keuntungan yang kedua ini sangat patut diperhitungkan, alasanya karena para petani tidak hanya mendapatkan hasil dari menanam padi saja. Karena itulah metode ini layak untuk diterapkan atau dicoba, untuk pertanian pada masa sekarang ini.

Nah dengan menerapkan sistem tersebut, selain menghasilkan padi petani juga dapat memanen ikan sekaligus. Selain itu perawatannya pun juga bisa dibilang sangat mudah, karena cukup disediakan air mengalir yang melimpah, sudah bisa menerapkan sistem mina padi ini.

3. Mengurangi Penggunaan Obat-obatan Tanaman Seperti Insektisida

Jika biasanya cara perawatan padi pada umumnya menggunakan banyak sekali obat-obatan sejenis insektisida, untuk membasmi hama, dengan memakai sistem mina padi tersebut dapat mengurangi penggunaan insektisida, karena jika menerapkan metode ini adanya hama pengganggu tanaman menjadi berkurang, jadi tidak perlu lagi mengguanakan insektisida.

Baca Juga  Sebelum Beli Dengan Harga Selangit, Yuk Kenali Dulu 7 Jenis Tanaman Monstera

Selain berkurangnya hama pengganggu tanaman padi, sistem budidaya mina padi juga mengurangi pertumbuhan lumput liar, yang juga dapat mengganggu pertumbuhan padi.

Jadi kesimpulannya pemakaian metode ini sangat efektif juga efisien, serta kesuburan tanah pun akan terjaga, karena tidak ada penggunaan obat-obatan seperi insektisida dan yang lainnya.

4. Dapat Memperolah Dua Panen Sekaligus

Untuk keuntungan selanjutnya dengan memakai sistem budidaya mina padi, yaitu petani dapat memperoleh hasil yang maksimal dari sekali panen, yakni ikan dan padi. Menguntungkan bukan? Tentu dengan adanya sistem ini dapat memudahkan para petani yang ingin merangkap sebagai peternak ikan.

Jadi buat Anda yang ingin mempunyai hasil yang memuaskan dalam sekali panen yakni ikan dan padi, Anda bisa langsung menerapkan metode ini pada lahan sawah yang dipunyai, tapi syaratnya harus mempunyai aliran air yang melimpah.

5. Tidak Perlu Pusing Dengan Pupuk, Karena Kotoran Ikan Dapat Dijadikan Pupuk Organik

Untuk keuntungan yang terakhir pada penerapan sistem budidaya mina padi, yaitu Anda tidak perlu repot-repot memakai pupuk tambahan lagi, karena kotoran ikan dapat menjadi pupuk organik untuk tanaman padi Anda.

Selain tidak perlu memikirkan tentang pemakaian pupuk tambahan, kualitas padi yang Anda tanam menjadi sangat baik pertumbuhan maupun hasilnya, karena hanya menggunakan pupuk organik saja yang berasal dari kotoran ikan.

Mengenai keuntungan sistem budidaya mina padi ini mulai sekarang sudah ada yang menerapkannya, karena terbukti sangat efisien dalam memaksimalkan satu lahan sawah saja, untuk digunakan sebagai media tanam padi dan budidaya ikan.

Semoga ulasan di atas dapat menambah wawasan Anda dan juga menjadi referensi, jika suatu saat ingin menerapkan sistem budidaya mina padi pada sawah Anda.

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait