by

Bagaimana Sih Cara Membuat Pupuk Sendiri? Ini Dia 3 Pupuk Tanaman yang Dapat Dibuat di Rumah

Pupuk adalah obat yang digunakan untuk menyuburkan tanaman. Peran pupuk sangat penting untuk pertumbuhan sebuah tanaman, karena dapat menghasilkan tanaman yang subur dan sehat. Pupuk memiliki beragam jenis menurut komposisinya, yaitu pupuk kandang, pupuk kompos, pupuk organik, pupuk urea, pupuk nitrogen dan lain-lain.

Kamu bisa membuat pupuk sendiri jika kamu memiliki bahan-bahannya. Tetapi, sebenarnya bahan-bahan pupuk tidak sulit untuk didapat kok. Bagaimana sih cara membuat pupuk sendiri yang sama baiknya dengan pupuk dijual di pasaran? Nah simak penjelasan berikut ya.

1. Cara Membuat Pupuk Kandang
Ilustrasi (Foto: istockphoto.com)
a. Cara terbuka:
  1. Siapkan kotoran ternak secukupnya atau sesuai kebutuhan.
  2. Jemur kotoran ternak di bawah sinar matahari selama dua hari untuk mengurangi kadar air di dalamnya, lalu dipindahkan ke lokasi beratap tanpa dinding.
  3. Timbun kotoran ternak tersebut. Usahakan tempat penimbunannya lebih tinggi dari permukaan tanah supaya kotoran ternak tidak tergenang.
  4. Tunggu selama dua bulan hingga kotoran ternak tersebut siap dijadikan pupuk kandang.
b. Cara tertutup:
  1. Gali sebuah lubang sesuai jumlah kotoran ternak. Akan lebih baik jika dinding lubang dilapisi semen, sehingga terhindar dari rembesan air dari luar lubang.
  2. Masukkan kotoran ternak ke dalam lubang dan biarkan selama 3-4 bulan.
2. Cara Membuat Pupuk Kompos (dari sampah)

Teenage girl composting autumn leaves Kids raking autumn leaves in back yard. Teenage girl is composting the autumn leaves.Nikon D850 compost stock pictures, royalty-free photos & images

Sebelum membuat pupuk kompos dari sampah, kamu harus tahu sampah jenis apa saja yang dapat dijadikan pupuk. Sampah organik yang dapat diubah menjadi pupuk kompos antara lain sampah sisa makanan, bulu hewan yang rontok, helainan rambut, kertas atau tisu, dedaunan, dan ranting.

Cara membuat:
  1. Siapkan sampah-sampah yang akan diolah dan pisahkan antara sampah organik dan sampah plastik. Pilih sampah jenins organik.
  2. Siapkan wadah berukuran besar serta penutupnya sekali. Masukkan sebagian sampah-sampah tersebut ke dalam wadah, lalu masukkan tanah secukupnya.
  3. Siram permukaan tanah dengan air lalu masukkan sisa sampah yang lain dan tutup dengan tanah hingga rata.
    Tutup wadah dengan rapat dan biarkan selama 3 minggu.
Baca Juga  5 Cara Merawat Tanaman di Musim Hujan yang Harus Anda Ketahui
3. Cara Membuat Pupuk Organik
Man Works on Winter Pasture Picking up Cow Dung to Prepare Field for Spring Planting Man Works on Winter Alpine Pasture Picking up Cow Dung to Prepare Field for Spring Planting, Organic Farming Concept, Slovenia cow dung organic fertilizer stock pictures, royalty-free photos & images
Ilustrasi (Foto: istockphoto.com)
Bahan:
  • 200 kg kotoran sapi
  • Arang sekam yang telah dibakar secukupnya
  • 5 sdm EM4
  • Jerami secukupnya
  • Dedaunan secukupnya
  • 200 liter air secukupnya
  • 5 sdm gula pasir
  • Karung goni
Langkah pembuatan:
  1. Letakkan kotoran pada media pembuatan pupuk yang sejuk tanpa terkena sinar matahari langsung maupun tetesan air.
  2. Campur kotoran sapi dengan arang sekam dan aduk merata.
  3. Buat dekomposer dari larutan EM4, gula dan air, lalu campurkan dengan arang sekam dan aduk.
    Taburkan jerami, dedaunan hingga dua lapis, lalu siram dengan dekomposer yang tersisa dan tutupi dengan karung goni.
  4. Di hari kedua, aduk adonan pupuk dan tutup rapat kembali. Cek secara berkala dengan menyentuhnya dengan tangan, untuk merasakan panas dan dinginnya adonan pupuk.
  5. Jika pupuk terasa dingin saat disentuh dengan tangan, maka pupuk telah siap digunakan.

Tiga jenis pupuk di atas merupakan pupuk pilihan yang sering digunakan, dan memiliki bahan-bahan yang mudah ditemukan. Tiga cara membuat pupuk sendiri tersebut juga tidak sulit untuk dilakukan. Kamu hanya perlu menyiapkan media untuk menimbun pupuk dengan baik.

Pada pembuatan pupuk kandang dengan cara terbuka, menimbulkan polusi udara dan tentunya bau dari pupuk tersebut dapat mengganggu orang di sekitar. Oleh karena itu, buat pupuk tanaman dengan bahan dan cara yang sesuai dengan kondisi lingkungan sekitar.

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait