by

5 Daerah Penghasil Tembakau Terbesar di Indonesia, Ada Apa Saja Nih?

Rokok merupakan salah satu benda yang sangat fenomenal, pasalnya banyak sekali penggiat rokok yang beredar di belahan dunia ini. Hal ini memang diiringi berbagai opini dan anggapan bahwa merokok dapat membuat pikiran menjadi ringan dan rileks, namun kesemuanya itu sebenarnya hanyalah pendapat belaka dan belum ada kepastian, mengenai kenikmatan yang dihasilkan dari merokok itu sendiri.

Berbicara mengenai rokok, kamu pasti tahu apa saja bahan pembuatnya dan juga benda yang mampu menimbulkan rasa dalam sebuah rokok. Ialah tembakau dan cengkeh, sebuah rempah Nusantara yang sangat berperan besar dalam pabrik rokok. Di Indonesia sendiri banyak daerah penghasil tembakau, yang kepopulerannya sendiri terdengar sampai ke negara tetangga, lalu apa saja daerah-daerah itu? Simak ulasan berikut!

Tembakau Indonesia

petani perempuan memetik tembakau - tembakau indonesia potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Siapa sangka bahwa negara ini memiliki potensi yang besar akan sumberdaya alam seperti contohnya beragam rempah-rempah? Indonesia memang dikenal sebagai negara khas timur, yang menyimpan sejuta hasil bumi jika dibandingkan dengan negara lain. Hal ini karena letaknya yang sangat strategis, terletak di belahan khatulistiwa dan dikelilingi berbagai samudra, menjadikan cuaca tropis yang sangat pas untuk menanam berbagai flora.

Salah satu hasil bumi yang terkenal dari Indonesia ialah tembakau, dimana hasil flora ini sangat amat dibutuhkan oleh berbagai instansi pabrik rokok di seluruh dunia. Hal ini bukan tanpa alasan, pasalnya tembakau yang di produksi di Indonesia cenderung memiliki rasa khas dan juga sulit ditemukan di negara lain. Oleh karena itu, masyarakat akhirnya segera tanggap sehingga pertumbuhan tembakau di Indonesia ini semakin berkembang.

Seiring berkembangnya lahan tembakau di Indonesia, aneka usaha tembakau juga ramai didirikan oleh beberapa pihak baik itu petani maupun pemerintah. Dalam memilih lahan untuk menanam tembakau, para pemilik instansi perusahaan maupun perseorangan, akan cenderung memilih tanah yang subur dan daerah yang berkualitas prima. Demi meningkatkan ekonomi Indonesia, akhir-akhir ini banyak daerah penghasil tembakau yang membludak tinggi.

Baca Juga  Bisa Panen Banyak, Simak 5 Keuntungan Sistem Budidaya Mina Padi
Daerah Penghasil Tembakau Terbanyak di Indonesia

Berbicara mengenai daerah penghasil tembakau yang paling mendominasi di Indonesia, pasti sering dikaitkan dengan perkembangan ekonomi negeri.

Hal ini karena sektor yang mampu mendorong pesatnya ekonomi beberapa persen di antaranya ditentukan oleh jual beli rokok. Banyak masyarakat Indonesia yang menggandrungi rokok lebih dari sesuatu yang lain. Hal inilah yang menjadi tolok ukur pesatnya ekonomi berbasis tembakau di Indonesia.

Kamu penikmat rokok? Pasti pernah berpikir darimana saja sih asal tembakau yang berkualitas dan memiliki rasa yang nikmat? Ternyata tembakau tersebut kebanyakan berasal dari negeri ini sendiri dan bukan asing, berikut daftar daerah penghasil tembakau paling banyak di Indonesia:

1. Temanggung

Kamu pernah mengunjungi daerah Jawa tengah? Mungkin pernah mendengar nama daerah Temanggung. Sebuah daerah yang membentang dari gunung Sindoro sampai gunung Sumbing ini terletak pada dataran tinggi dan terkenal akan tembakaunya. Bagaimana tidak? Para penyuka rokok kretek sering kali merasa pas dan puas saat merokok dengan tambahan tembakau dari wilayah ini.

Hal ini bukan tanpa alasan, tembakau temanggung menyumbang frekuensi jumlah yang sangat banyak dan menjadi top andalan pengambilan tembakau di sekitar Jawa. Para penikmat rokok terutama rokok buatan sendiri, lebih dominan membeli hasil tembakau dari sini daripada wilayah luar Jawa.

2. Deli

Pernah mengetahui ada daerah penghasil tembakau yang sudah eksis dari zaman penjajahan dahulu? Itulah daerah Deli, sebuah daerah yang terletak di salah satu provinsi Indonesia yakni Sumatera. Tembakau dari jenis Deli ini sudah dipakai sebagai bahan penyumbat cerutu, dan kebanyakan dikonsumsi oleh para tuan-tuan Belanda di masa lalu. Di era dahulu tembakau Deli pernah dihargai senilai 150 euro per kilogram karena saking nikmatnya.

Baca Juga  Tingkatkan Kompetensi, UTU Undang Praktisi Kopi Dalam FGD Kurikulum Kampus Merdeka

Tembakau dari Deli memiliki kelebihan di bidang rasa, umumnya jenis ini akan memiliki rasa manis dan gurih bagi penikmat rokok. Dari hal itu, maka tak heran jika masyarakat banyak yang mengimpor dari sini untuk pabrik rokok mereka.

3. Lombok

Daerah timur khususnya Nusa tenggara barat, sejak dahulu merupakan salah satu daerah yang aktif bergerak di sektor penghasil rempah-rempah. Selain rempah, salah satu daerah di sana bernama Lombok banyak menghasilkan bibit ekonomi berbasis rokok yang sangat digemari. Siapa lagi kalau bukan tembakau, di daerah ini tak diragukan lagi kenikmatan tembakau yang ditanam oleh para petani.

Tembakau khas Lombok biasanya akan berwarna kuning gading ketika sudah kering, selain itu rasa dari tembakau ini juga tak kalah disukai perokok dari dua jenis di atas. Lokasi penghasil tembakau terbanyak tercatat di daerah Suntalangu, Lombok timur.

4. Madura

Kembali ke pulau Jawa, selain daerah temanggung di Jawa timur, juga terdapat daerah penghasil tembakau yang juga menghasilkan tembakau berkualitas. Salah satunya daerah Madura yang terletak di timur laut pulau Jawa. Lebih dari 30000 hektar tanah di Madura ditanami dengan tembakau, sehingga setiap bulannya kisaran kilogram panen terasa lebih banyak dari wilayah lain.

5. Jember

Untuk yang terakhir ada tembakau yang berasal dari wilayah Jember Jawa timur, jenis tembakau di sini sangat elastis dan cocok digunakan untuk bungkus cerutu. Selain itu wilayah Jember yang berdekatan dengan gunung-gunung, menjadikan dataran tingginya sangat cocok untuk pertumbuhan tembakau. Tak heran jika hasil tembakau yang diperoleh sangat berkualitas.

Nah, itulah tadi daftar daerah penghasil tembakau yang paling banyak di Indonesia. Beberapa tembakau dari daerah tersebut bahkan ada yang laku di dunia internasional, salah satunya yang dari Jember. Kira-kira apakah daerahmu termasuk dalam daftar?

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya