by

Sparepart Mobil Copotan: Pengertian, Keunggulan dan Kekurangannya

Di era ini, sparepart mobil copotan telah menjadi kebutuhan masyarakat, terutama para pemilik kendaraan. Baik yang memiliki kendaraan keluaran lama maupun yang edisi terbaru. Sepertinya, komponen ini telah menjadi pilihan dibandingkan yang lain, bahkan penjualnya pun mulai bermunculan.

Sekalipun demikian, ternyata banyak pemilik kendaraan yang masih belum tahu terkait sparepart copotan. Sehingga terkadang mereka asal membeli saja. Padahal kalau salah memilih produk bisa berakibat fatal, bahkan bisa mengancam keselamatan saat berkendara. Pertanyaannya ialah apa yang dimaksud dengan suku cadang copotan?

Pengertian Sparepart Mobil Copotan

Ada yang mengatakan kalau spare part mobil copotan merupakan suku cadang bekas pakai. Namun kalau beruntung, juga bakal mendapatkan produk original yang dijual terpisah. Maka dari itu untuk mendapatkan produk semacam ini, pemilik kendaraan harus melihat secara teliti, termasuk menghindari suku cadang palsu.

Sebagian besar spare part mobil copotan tidak dijual di dealer suku cadang yang resmi. Melainkan di toko onderdil kecil yang ada di pinggir jalan. Bahkan toko loak juga banyak yang menjualnya. Bisa dibilang bisnis ini cukup progresif dan pelanggannya cukup besar. Tentu alasannya, barang yang dijual cukup bagus tetapi harganya murah.

Kelebihan Membeli Spare Part Mobil Copotan

Spare part mobil copotan memiliki banyak kelebihan. Makanya, peminatnya di Indonesia sangat besar. Pengusahanya pun menjamur hingga masuk ke pelosok-pelosok desa. Ada yang menjual suku cadang pre loved maupun yang original. Ini dia kelebihan yang dimaksud:

1. Harga Sparepart Lebih Murah

Sparepart mobil copotan dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan di dealer onderdil resmi. Sekalipun demikian, kalau selektif memilih, pembeli juga bakal mendapatkan suku cadang yang original. Makanya, toko ini lebih ramai dibandingkan yang menjual suku cadang baru karena dari segi kualitas masih setara.

Baca Juga  6 Perbedaan Motor 4 Tak dan 2 Tak yang Harus Diketahui

Harga murah ini tidak hanya berlaku untuk satu suku cadang saja tetapi banyak varian. Sebagian besar dijual sepaket tetapi juga ada yang dijual terpisah. Pembeli tinggal memilih saja yang sesuai dengan kebutuhan. Jika memang kerusakan kendaraan tidak melibatkan banyak komponen, suku cadang satuan yang paling layak didapatkan.

2. Mendapatkan Suku Cadang Original

Sekalipun tidak dijual di dealer onderdil yang resmi, suku cadang copotan ternyata juga ada yang original. Kalau mendapatkan sparepart yang semacam ini tentunya keuntungan bagi pemilik mobil. Karena kualitas suku cadang sangat bagus sedangkan harganya sangat murah. Namun untuk mendapatkannya agak sulit. Serta dibutuhkan ketelitian ketika memilihnya.

Selain itu, pembeli harus mengetahui perbedaan suku cadang yang original dengan yang kw. Sehingga tidak salah ketika melakukan pembelian. Namun hal ini bisa diakali dengan mengajak orang yang lebih paham tentang komponen mobil. Jika memang sudah yakin kalau suku cadang tersebut original, maka transaksi pun dilanjutkan.

3. Bebas Memilih Barang

Kalau pemilik mobil ingin bebas memilih suku cadang yang diinginkan, beli secara copotan saja karena di sini ada suku cadang yang dijual sepaket tetapi juga ada yang dijual satuan terpisah. Untuk harganya sesuai kualitas dari suku cadang tersebut yang bisa mahal bisa juga murah.

Nah, untuk yang satuan, pembeli bebas memilih sesuai kebutuhan. Sedangkan penjual tidak perlu khawatir, sisa suku cadang tidak laris. Karena biasanya sudah ada pembeli lain yang siap membelinya. Makanya, bisnis ini begitu progresif karena potensi barang laku sangat besar serta tidak mudah rusak.

Kekurangan Membeli Spare Part Mobil Copotan

Selain ada kelebihan dan keunggulan, spare part mobil copotan ternyata juga ada kekurangannya. Bahkan, salah satu kekurangannya bisa mengganggu keamanan berkendara. Sebab itu, pemilik mobil harus tetap berhati-hati kalau ingin menggunakan produk ini. Berikut kelemahan yang dimaksud:

Baca Juga  Ternyata Ini 6 Penyebab Mesin Kendaraan Cepat Rusak
1. Tidak Ada Jaminan Kualitas

Tidak ada jaminan kualitas kalau membeli spare part copotan. Karena oleh pihak penjual, biasanya spare part dicampur antara yang original dengan yang kw. Bahkan kadang ada yang sudah tidak berbungkus dan segel-nya sudah lepas. Artinya, jika mendapatkan suku cadang yang original, berarti sedang ada keberuntungan.

Sebagian besar suku cadang yang dijual terpisah di toko loak, merupakan copotan dari mobil lain. Nah, tentu kualitasnya ditentukan oleh si pemilik mobil tersebut. Kalau memang dirawat dengan baik, tentu suku cadang masih berkualitas. Tetapi kalau asal mengendarai saja, maka jangan harap spare part tersebut bermutu.

2. Peta Harga Membingungkan

Persaingan harga spare part mobil copotan membingungkan, karena antara toko yang satu dengan yang lain kadang merilis harga suku cadang yang jauh berbeda, sedangkan harga tersebut tidak menentukan kualitas, karena ada penjual sparepart copotan berani menjual barang bagus dengan harga yang murah.

Akhirnya si pembeli yang kebingungan dan tidak bisa menentukan sikap. Ingin membeli yang mahal, takut yang murah produknya berkualitas. Ingin membeli yang murah, dikhawatirkan suku cadang yang dijual buruk. Kalau sudah demikian, maka harus pintar ketika menyeleksi suku cadang.

3. Potensi Salah Memilih Barang

Sejatinya, komponen antara mobil yang satu dengan mobil yang lain terkadang tidak sama. Jika membeli dari dealer onderdil yang resmi, masalah ini bisa diatasi. Tetapi kalau membeli secara copotan tentu masih rawan kesalahan memilih komponen. Jangankan bentuknya, nomor seri saja berbeda, suku cadang tidak akan bisa dipasang.

Kalau membaca kelebihan dan kelemahan sparepart mobil copotan di atas, keputusan di tangan Anda. Namun ingat, kesalahan menentukan sikap justru berpotensi merusak kendaraan. Dan sangat berbahaya ketika terjadi di tengah perjalanan. Jadi bijaklah ketika menentukan pilihan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.