by

Perhatikan 7 Penyebab Kaca Mobil Buram saat Hujan

Kaca mobil buram bisa menjadi masalah yang membahayakan di perjalanan. Apalagi saat hujan. Untuk itu, Anda harus mengatasi masalah ini secepatnya, sebelum bertambah parah. Namun sebelum itu, Anda harus tahu terlebih dahulu apa saja penyebab kaca mobil buram.

Setelah itu, baru laksanakan pencegahan menyesuaikan dengan penyebab yang ada. Dan ini merupakan peristiwa yang mendesak untuk segera ditangani. Karena risikonya cukup besar hingga membahayakan diri sendiri dan orang lain. Tidak dipungkiri, kecelakaan akibat kaca buram cukup banyak.

Kaca mobil yang buram bisa berpotensi menimbulkan kecelakaan. Untuk itu, silakan penyebabnya Anda pelajari dengan detail dan menyeluruh. Nah, terkait dengan hal tersebut, maka di bawah ini akan penulis jelaskan tentang hal tersebut. Ini dia penyebab-penyebab mengapa kaca mobil akhirnya buram:

1. Adanya Perbedaan Suhu Ekstrim

Ketika sedang terjadi hujan, maka suhu di luar mobil menjadi lebih dingin. Jika AC dihidupkan, maka otomatis suhu di dalam mobil juga semakin dingin. Akhirnya muncul embun yang akan menempel di kaca depan dan belakang kendaraan. Ini yang membuat kaca terlihat samar atau buram.

Untuk itu, jika sedang hujan, lebih baik turunkan volume AC supaya suhu di dalam mobil lebih hangat. Ini demi mencegah terjadinya embun yang akan memburamkan kaca kendaraan. Jika hujan sudah reda, dan suhu luar mulai hangat, maka silakan AC ditingkatkan kembali. Ini merupakan teknik yang bagus serta tidak perlu khawatir dengan terjadinya kecelakaan.

2. Kaca Berlubang Akibat Partikel Tajam

Jika hujan sedang melanda, sejatinya banyak partikel kecil yang beterbangan. Terkadang partikel tajam ini bertabrakan dengan kendaraan yang membuat lubang kecil di kaca. Karena ada lubang, maka otomatis air bisa masuk ke kaca bagian dalam. Semakin lama dibiarkan, maka akan muncul titik-titik air di sana yang menyebabkan kaca buram.

Baca Juga  Ketahui Kebutuhan Motormu dengan Mengenal Suku Cadang Motor

Kalau untuk kasus ini, tidak ada jalan lain, selain kaca harus diganti dengan yang baru. Setelah itu, usahakan untuk tidak menggunakan kendaraan jika sedang hujan. Akan tetapi, biasanya bengkel bisa mengatasi hal tersebut tanpa harus membeli kaca lagi. Tergantung seberapa besar lubang yang ada di sana.

3. Adanya Jamur yang Menempel

Penyebab kaca mobil buram yang berikutnya ialah adanya jamur yang menempel di sana. Biasanya jamur tersebut, berasal dari genangan air pasca mobil digunakan saat hujan. Setelah air mengering maka otomatis akan muncul jamur berwarna gelap. Nah, ini yang akhirnya membuat kaca mobil depan maupun belakang terlihat lebih samar.

Untuk itu, setelah mobil digunakan, lebih baik keringkan bekas air hujan di kaca. Lakukan pengeringan dengan maksimal, supaya benar-benar tidak ada genangan yang masih tersisa. Setelah Itu Anda harus menggunakan pemoles kaca yang berfungsi untuk mencegah munculnya jamur dan bakteri. Kabarnya, Anda juga bisa membersihkan kaca menggunakan kondisioner seperti yang ada di dalam shampo.

4. Banyak Baret di Kaca

Kalau kaca depan kendaraan mulai samar, jangan-jangan banyak baret di sana. Kaca sendiri merupakan bahan yang sangat mudah mengalami hal tersebut. Bahkan jika baret tidak segera dihilangkan, maka kaca juga bisa pecah dengan patahan yang membahayakan. Untuk itu, rawat kaca mobil Anda.

Sekarang banyak produk anti gores yang bisa diterapkan pada kaca kendaraan. Namun biasanya ini berfungsi untuk kasus yang ringan saja. Jika memang terdapat banyak baret di kaca, maka harus ada budget untuk mengganti yang baru. Ini lebih direkomendasikan karena jika kaca sudah buram maka resikonya adalah kecelakaan.

5. Wiper Tidak Bekerja Maksimal

Kalau kaca selalu digenangi embun air pasca hujan, jangan-jangan wiper sudah tidak bekerja dengan maksimal. Padahal tameng air hujan yang dipasang di depan kaca mobil ini memiliki peran yang penting. Jika rusak atau terlalu pelan, tentu air hujan tetap masuk dan menghalangi pandangan.

Baca Juga  Macam-macam Cairan Radiator Coolant yang Harus Anda Diketahui

Kasus ini juga sangat membahayakan pengendara. Serta menjadi penanda, kalau komponen kendaraan tidak dirawat dengan baik. Padahal, wiper merupakan komponen yang tidak boleh rusak. Jangankan tidak berfungsi, ada yang karat saja maka wiper harus segera diganti sebelum terjadi masaIah yang lebih parah.

Untuk itu, lakukan perawatan wiper dengan baik. Jika memang sudah tidak bekerja dengan maksimal lebih baik ganti dengan wiper yang baru. Perlu diketahui, wiper yang rusak juga berpotensi membuat kaca mengalami baret. Kalau ini yang terjadi, tidak boleh tidak Anda harus mengeluarkan budget untuk wiper dan kaca baru.

6. Mobil Tidak Dibersihkan Pasca Hujan

Penyebab kaca mobil buram yang paling memprihatinkan adalah mobil tidak dibersihkan pasca hujan. Alasannya sederhana, karena si pemilik enggan untuk membersihkan jika ada potensi beberapa saat lagi mobil akan kembali kotor. Padahal mobil yang penuh genangan air, berpotensi membuat kaca lebih samar yang beresiko kecelakaan.

Untuk itu, jangan sering-sering membawa mobil ketika sedang hujan. Kalau memang diharuskan membawa, silakan tetapi bersihkan ketika sudah digunakan. Hilangkan semua embun di kaca dengan menggunakan air bersih dan pembersih kaca. Setelah itu lap atau bilas dengan menggunakan kain yang bersih.

7. Salah memilih Kain Lap Kaca

Salah memilih kain lap kaca mobil juga menjadi penyebab kaca terlihat lebih buram. Misal lap yang terlalu kasar atau lap yang kotor. Kotoran dari lap pasti menempel pada kaca dan ini yang membuat masalah. Sedangkan lap yang kasar bisa menimbulkan baret dengan risiko yang sama.

Untuk itu, lakukan perawatan kendaraan supaya masih bisa digunakan dengan nyaman. Caranya tentu dengan mengetahui penyebab kaca mobil buram seperti yang sudah dijelaskan di atas. Untuk itu, mari mulai perawatan sekarang juga sebelum Anda mengeluarkan biaya besar untuk perbaikan-perbaikan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *