by

Tumbuhkan Karakter Anak, Bunda Yuli Berkolaborasi Dengan PKG Terpadu Kota Jantho di Sanggar Kegiatan Belajar Aceh Besar

Aceh Besar – Selasa, 12 Oktober 2021 Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Jantho diserbu anak-anak usia dini yang datang dari seluruh TK dan Kelompok Bermain Se-Kecamatan Jantho, Aceh Besar. Pasalnya, gedung yang berkapasitas 1000 orang itu kedatangan pendongeng yang dikenal dengan nama panggung Bunda Yuli. Sebelum mulai bercerita, anak-anak diajak bermain dan senam dengan iringan musik lagu bertajuk Ular Naga. Semua bergembira dan berputar dalam ruangan membentuk ular panjang.

Bunda Yuli hadir dalam rangka Muhibah Dongeng Ceria yang artinya perjalanan membawa cerita yang membahagiakan. Dengan mengenakan kostum andalannya yaitu baju kodok yang ditempeli aneka jenis binatang yang terbuat dari kain planel, bunda bercerita tentang Nacil si naga kecil yang  sangat berani melawan para pemburu untuk menolong binatang hutan yang tertangkap saat sedang bermain di hutan.

Sebagai media dongeng, Bunda Yuli juga membawa wayang naga dan kura-kura untuk memperkuat gambaran tokoh utama. Cerita dengan durasi 20 menit ini bertujuan untuk menumbuhkan karakter kasih sayang pada semua anak usia dini yang hadir.

Acara ini terselenggara atas kerja sama Pusat Kegiatan Gugus (PKG) Kecamatan Kota Jantho dengan Muhibah Dongeng Ceria (MDC) Aceh.

Rosna, S.Pd ketua PKG sekaligus ketua pelaksana menyatakan bahwa kegiatan mendongeng ini dibuat sebagai stimulasi pengembangan kognitif, dalam menumbuh kembangkan minat baca pada anak usia dini di wilayah PKG terpadu Kota Jantho.

Dalam prosesnya juga terjalin silaturahmi dan kekompakan kepala sekolah, guru-guru, serta wali murid dari masing-masing sekolah yang ada di Kecamatan Jantho. Adapun sekolah yang berpartisipasi dalam acara Muhibah Dongeng Ceria berjumlah 8 sekolah. Di antaranya: Paud Noor Ikhsan, TK Darma Wanita Aceh Besar, TK Al Muhajirin, TK Tunas Bangsa, Paud Asy-syifa, TK Satap SD 4, TK Negeri Pembina Kota Jantho dan Paud Bungong Pade.

Baca Juga  7 Manfaat Belajar Kelompok yang Bisa Didapatkan

Turut hadir sebagai tamu undangan yang memberikan support di antaranya adalah Kasi peserta didik dan pembangunan karakter PAUD dan PNF Aceh Besar, Juharniza, S.Sos,  Kabid Arpus Aceh Besar dan Anggota Komisi 5 DPRK Aceh Besar.

Acara berlangsung sangat meriah meski cuaca begitu panas. Mobil perpustakaan keliling Dinas Arpus Aceh Besar yang dikerahkan oleh Betty Haryati, SE selaku Kabid serta Mobil Pintar Paud Institut pimpinan Dewi Fitriyani, M.Pd menyuguhkan buku-buku bacaan yang juga diserbu pengunjung saat dongeng selesai. Di akhir acara, anak-anak dibagikan pizza mini dan minuman sebagai oleh-oleh.

“Semoga kegiatan ini membawa kebermanfaatan untuk anak-anak usia dini di Aceh Besar, khususnya kota Jantho”, kata Rosna mengakhiri percakapan.

Buat kamu yang tertarik membaca/membacakan dongeng dari Bunda Yuli untuk anak, anak didik, adik ataupun saudara, dongeng Nacil udah rilis di lintashaba loh. Cek this out.

(rls/Yul)

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait