by

Sederet Fakta KTT G20 di Bali, Menarik untuk Diketahui!

KTT G20 merupakan sebuah Konferensi Tingkat Tinggi yang mempertemukan 20 kepala negara di dunia. Seperti yang kita ketahui bersama, tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah dari KTT G20 yang dilaksanakan di Bali. Dan puncaknya pada 15-16 November telah selesai terselenggara dengan amat baik.

Di balik kesuksesan KTT G20, tentu tak terlepas dari persiapan yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia beserta semua tokoh yang terlibat. Selain itu, ada juga sederet fakta KTT G20 yang menarik untuk diketahui. Yuk simak penjelasannya berikut!

1. Indonesia Satu-Satunya dari Negara Asean yang Menjadi Anggota G20

Fakta KTT G20 yang pertama ini tentu saja amat membanggakan. Ya, Indonesia merupakan satu-satunya negara di kawasan ASEAN yang turut menjadi anggota G20.

Presidensi G20 Indonesia menegaskan bahwa kepemimpinan Indonesia, berada pada sektor ekonomi hingga bidang diplomasi internasional. Hal ini dikarenakan Indonesia merupakan satu-satunya negara di kawasan ASEAN yang tergabung ke dalam G20.

2. Masyarakat Bali Sabar Menghadapi Kemacetan

Meskipun jalan harus ditutup untuk memberi akses pada para pemimpin hingga delegasi G20 untuk lewat, masyarakat Bali terlihat tetap sabar dan kondusif menanti jalanan dibuka.

Wah salut ya!

3. Joe Biden Terkesan: Bali Seperti Rumah, Saya Tidak Ingin Pulang!

Fakta KTT G20 selanjutnya cukup menarik nih sobat. Presiden Amerika Serikat, Joe Biden mengungkapkan kesan baiknya atas penyelenggaraan KTT G20 di Bali.

Hal ini diungkapkan oleh Sandiaga Uno. Beliau turut melepas Joe Biden ketika hendak kembali ke negaranya setelah pelaksanaan konferensi usai.

“Pak Menteri, terima kasih banyak atas keramahannya. Terima kasih banyak atas kesuksesan G20. Anda telah membuat saya tinggal di pantai, sangat menyenangkan,” kata Joe Biden kepada Sandiaga Uno, dilansir dari akun Instagram pribadi Sandiaga.

Baca Juga  Peduli Korban Kebakaran Tiga Ormas Lakukan Penggalangan Dana di Tapung Hilir

Tak hanya itu, Sandiaga Uno juga menyebutkan bahwa Joe Biden betah tinggal di Indonesia. Suasana pantai di Bali membuatnya semakin betah tinggal di Indonesia.

4. Pagelaran Budaya yang Memukau ditampilkan Ketika Gala Dinner

Indonesia amat kaya dengan keberagaman kebudayaan daerah termasuk tarian-tariannya. Pada KTT G20 yang lalu, tarian-tarian tersebut tak luput ditampilkan di hadapan para pemimpin dunia.

Tepatnya pada penutupan acara KTT G20 yang ditutup dengan makan malam bersama. Banyak tarian khas dari berbagai daerah yang turut ditampilkan untuk menambah meriah suasana. Penampilan ini digelar di GWK atau Garuda Wisnu Kencana di Bali.

Pada kesempatan pertama dengan tema “challenge” ditampilkan tarian Paksi, Kecak, dan Bujang Ganong. Kemudian acara dilanjutkan dengan penampilan lagu Damai yang diiringi dengan tarian Kijang, Pecak, Kupu-Kupu, dan Enggang.

Tak hanya itu, tarian Topeng khas Betawi, Belian Bawo, Randai, Tarian Lala, Tarian Papua, Tari Kipas, dan Tari Payung pun turut ditampilkan dalam gala dinner KTT G20.

5. Joe Biden Bersalaman dengan Xi Jinping

Fakta menarik berikutnya adalah momen langka ketika Presiden Amerika Serikat dan Presiden China berjabat tangan dengan erat. Seperti yang kita ketahui bersama, kedua negara ini sering tidak sepaham atas hal-hal tertentu. Dan selama 2 tahun belakangan terjadi ketegangan ekonomi dan keamanan diantara keduanya.

Namun pada KTT G20 kemarin, kedua pimpinan negara tersebut sempat berjabat tangan erat dan saling memberi senyum. Joe Biden juga mengatakan bahwa tujuan dari terselenggaranya KTT G20, adalah untuk memperkuat hubungan antar negara. Maka tujuan tersebut telah terlaksana dengan baik.

6. Istri Presiden Korea Selatan Turut Disorot Publik

Para pemimpin negara yang menghadiri KTT G20 kemarin turut mengajak pasangannya untuk menghadiri konferensi. Begitu pula dengan Presiden Korea Selatan, Yeon Suk Yeol. Beliau turut mengajak Kim Keon Hee istrinya.

Baca Juga  Cara Membuat Video Reels di Instagram Jadi Kece

Kecantikan dan fashion dari first lady Korea Selatan ini menjadi sorotan publik. Bagaimana tidak, di usia yang sudah menginjak 50 tahun Kim Keon Hee tetap terlihat cantik dan modis seperti pemudi berumur 20 tahunan.

Selain disorot karena paras cantiknya, Kim Keon Hee juga turut disorot karena keakrabannya dengan Ibu Negara, Iriana Jokowi. Dalam sebuah video yang beredar di media sosial, Ibu Iriana Jokowi menyambut kedatangan Kim Keon Hee di hotel The Apurva Kempinski. Keduanya terlihat bersalaman serta berbincang hangat sambil menikmati teh.

7. Para Pemimpin Negara Ikut Mencangkul!

Ya, para petinggi negara-negara dunia yang menjadi anggota dari Konferensi G20, turut berpartisipasi dalam acara penanaman pohon bakau di Taman Raya Ngurah Rai.

Para pimpinan negara tersebut turut mencangkul dan turun langsung ke dalam kegiatan penanaman pohon bakau, yang dilaksanakan pada 16 November 2022 yang lalu. Menarik bukan!

8. Perdana Menteri Kanada dan Inggris Tampak Berbincang Hangat di Sebuah Cafe Mewah di Bali

Sejumlah pimpinan negara yang menghadiri KTT G20 memperlihatkan kehangatannya satu dengan yang lainnya. Termasuk Perdana Menteri Kanada dan Inggris. Perdana Menteri Kanada bernama Justin Trudeau sementara Perdana Menteri Inggris bernama Rishi Sunak.

9. Kedua Perdana Menteri Tersebut Terlihat Asyik Mengobrol di Salah Satu Cafe Mewah di Bali, Tepatnya di Art Cafe Bumbu Bali

Hal ini membuktikan betapa Bali menjadi tempat yang nyaman dan untuk berbincang bahkan sekelas para petinggi negara.

Itu dia sederet fakta KTT G20 yang sudah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu di Bali. Menjadi kebanggaan tersendiri ketika negara kita menjadi tuan rumah dari konferensi besar, yang mempertemukan 20 pimpinan negara-negara di dunia.

Baca Juga  Kodam Iskandar Muda Bantu Budidaya Tiram di Aceh

Kita juga harus mengapresiasi kerja Pemerintah Indonesia serta semua pihak yang terlibat yang telah mensukseskan pelaksanaan KTT G20. Pemilihan Bali sebagai tempat pelaksanaan memang sudah sangat tepat. Hal ini dikarenakan Bali memiliki banyak sekali keindahan dan keistimewaan yang telah dikenal oleh dunia luas sejak dulu.

Kita patut berbangga dan bersyukur karena menjadi bagian dari Indonesia ya sobat!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Publikasi Terkait Lainnya