by

Wow! Inilah 12 Jenis Karya Seni Digital yang Layak Diapresiasi

Perkembangan teknologi semakin pesat dari zaman ke zaman, termasuk pula di dalamnya perkembangan di dunia seni yang kemudian menghasilkan berbagai karya seni digital. Karya seni digital, dikenal juga sebagai digital art, adalah istilah bagi berbagai jenis karya seni berbasis teknologi digital atau teknologi komputer. Karya seni digital dapat berupa gambar, video, game, dan lain sebagainya.

Jika kamu masih meraba-raba seperti apa sih karya seni digital itu, maka kenalilah 12 contoh jenis karya seni digital ini. Jika kamu menguasai satu atau beberapa di antaranya, tentu saja hal itu sangat keren. Artinya, kamu mengikuti perkembangan teknologi dalam dunia seni.

1. Low Poly Art
lowpolyart

Jenis karya seni digital yang satu ini memiliki efek visual berupa rangkaian bentuk poligon seperti segitiga yang menyatu menjadi sebuah objek yang bernilai seni. Low poly art membutuhkan waktu yang relatif lama untuk menyelesaikannya karena membutuhkan ketelitian tinggi dalam proses pembuatannya. Tidak heran jika harga jualnya pun tinggi.

2. Vector Art

Vector Art merupakan jenis karya seni digital yang menggunakan gambar digital berbasis vector. Bentuknya dapat berupa ilustrasi, logo, pattern, dan beragam desain vector lainnya. Kelebihan dari vector art adalah gambarnya tidak akan pecah ketika di-zoom atau diperbesar resolusinya. Kualitasnya pun tetap terjaga.

3. Auratic Painting
ruangtoko

Mungkin nama auratic painting masih terdengar asing. Namun, karya seni digital ini mengusung konsep yang sangat menarik. Lukisan digambar menggunakan teknik blok tinta digital secara manual tanpa menggunakan software tertentu, sehingga sering juga disebut sebagai seni blok tinta digital (digital ink block art). Selain sebagai sebuah karya seni, tujuan dari auratic painting adalah juga untuk membantu pemulihan psikologis anak, remaja, dan dewasa.

Baca Juga  Bikin Suasana Makin Seru, Ini Rekomendasi Aneka Camilan untuk Nonton Euro 2021
4. Web Design
thewebtier

Karya seni digital berikutnya adalah web design, yaitu membuat desain sebuah web (situs) dalam bentuk grafis dengan tujuan mempermudah pembuatan suatu halaman web. Selain itu, web design juga berperan dalam membuat halaman web terlihat menarik, agar banyak pengunjung yang datang ke web tersebut.

5. Animation
mendawnfilm

Pengertian animation adalah perubahan cepat dari gambar yang berurutan untuk menciptakan suatu ilusi gerakan. Sekarang, animasi pada umumnya dibuat dengan citra hasil komputer (CGI – computer-generated imagery). Animation atau animasi dianggap memiliki kekuatan storytelling yang jauh lebih besar daripada media lainnya. Tidak mengherankan jika sekarang semakin banyak film yang dibuat dalam bentuk animasi.

6. Line Art
media.newyorker

Line art, atau seni garis, adalah gambar yang dibentuk dari garis-garis tegas, biasanya berwarna hitam tanpa adanya gradasi abu-abu. Line art biasanya digunakan untuk menggambarkan objek 2 dimensi atau 3 dimensi dan seringkali bagian latarnya diwarnai untuk berbagai ragam keperluan.

7. Caricature
caricaturre

Caricature atau karikatur dibuat oleh seorang ilustrator yang disebut sebagai kartunis. Subjek karikatur biasanya disederhanakan atau dilebih-lebihkan dibandingkan objek aslinya, seperti mata yang digambar lebih besar, hidung yang digambar lebih panjang, dan bibir yang dibuat lebih lebar. Gambar karikatur dapat digunakan sebagai hinaan ataupun pujian.

8. WPAP 
etsystatic.com

WPAP adalah singkatan dari Wedha’s Pop Art Potrait. Jenis karya seni digital ini berbentuk ilustrasi potret wajah yang bersaling-silang secara geometri dengan kontradiksi warna-warna khusus. Ciri khas WPAP adalah warnanya yang bebas, tetapi masih terlihat unsur gelap terang. Untuk membuat WPAP dapat digunakan aplikasi Adobe illustrator, Corel-Draw, dan Adobe Photoshop.

9. Typography Digital Art

Art of Full Sail | Typography portrait, Digital art design, Typographic portrait

Typography digital art adalah suatu seni memilih dan menata huruf pada ruang yang tersedia dengan tujuan menciptakan kesan yang menarik. Bentuk tulisan pada typography digital art sudah mengalami modifikasi dari bentuk aslinya.

Baca Juga  Review Film The Dark Knight (2008), Film Penuh Intrik Serta Pengorbanan!
10. Smudge Painting

Smudge painting adalah karya seni yang menggunakan mode smudge. Hasilnya adalah karya seni berbentuk seperti lukisan. Cara mengerjakannya adalah dengan teknik gosok-menggosok sebuah foto atau gambar, terutama bagian kulit seseorang menggunakan smudge tool. Smudge painting termasuk jenis digital art yang banyak digemari oleh para seniman digital.

11. Pixel Art

Pixel art adalah karya seni digital yang diciptakan menggunakan perangkat lunak. Gambarnya dibuat dalam tingkatan pixel. Pixel adalah elemen terkecil dalam sebuah gambar yang ditampilkan dalam layar komputer. Pixel art pada umumnya digunakan pada video game zaman dahulu, ketika layar komputer masih memiliki kemampuan terbatas untuk menampilkan grafis video game. Dengan semakin luasnya pasar game, kini mulai bermunculan kembali game-game yang memiliki gaya visual pixel art.

12. Flat Design

Tampilan desain yang sederhana tetapi tetap modern, telah menjadikan flat design sebagai bagian dari desain grafis yang kini sedang populer. Flat design adalah istilah yang diberikan pada desain yang tidak memiliki gaya karakter, yang membuatnya tampak seolah-olah menyatu dengan latar. Praktisi desain pada saat ini sangat menggemari flat design karena terlihat modern dan memungkinkan penikmat untuk lebih fokus pada pesan di balik visual tersebut.

Seorang seniman, sejatinya selalu mempunyai ide menarik untuk menghasilkan karya yang unik dan berbeda. Seperti yang ditamplkan pada 12 jenis karya seni digital ini. Karya-karya ini sanggup membuat takjub penikmatnya, bukan? Tidak hanya ide kreatifnya yang mampu membuat takjub, bahkan detil karyanya pun berhasil memanjakan mata penikmatnya.

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Publikasi Terkait Lainnya