by

Ini Dia Keuntungan Menjadi Penulis Artikel Online

Ada banyak keuntungan menjadi penulis artikel online yang harus diketahui oleh pembaca. Ada keuntungan finansial, lebih-lebih keuntungan psikologi dan dialektika. Oleh karena keuntungan inilah, silakan Anda belajar menjadi penulis yang berkualitas dengan menghasilkan banyak karya yang bermutu.

Nah, untuk Anda yang ingin mengetahui apa saja keuntungan menjadi penulis artikel online, silakan baca artikel ini sampai selesai. Di dalamnya ada ulasan terkait keuntungan menjadi penulis yang sangat besar. Ini dia keuntungan yang dimaksud:

1. Mendapatkan Bayaran Besar

Keuntungan menjadi penulis artikel online yang pertama ialah mendapatkan bayaran besar. Saat ini, satu artikel 500 kata saja dibeli dengan harga Rp10.000 bahkan ada yang Rp30.000. Kalau Anda berhasil membuat 10 artikel setiap hari, berarti penghasilan yang didapatkan adalah Rp100.000 atau Rp300.000. Perbulan si penulis akan mendapatkan fee sebesar Rp3juta sampai lebih lho.

Jika membaca kalkulasi di atas, tentunya menjadi penulis artikel online adalah profesi yang sangat menggiurkan. Apalagi progres profesi akan terus ada selama masih ada internet. Artinya, selama masih ada jaringan online, artikel jenis apapun tetap dibutuhkan. Ini bisa dijadikan sebagai momentum bisnis dikarenakan tidak semua orang bisa menjadi penulis artikel online yang bagus.

Profesi menjadi penulis artikel juga bisa dijalankan secara part time atau sambilan. Jadi, si penulis masih memiliki kesempatan untuk mengerjakan profesi yang inti, seperti menjadi seorang guru, wartawan maupun sebagai ibu rumah tangga. Ya, uang hasil menulis bisa digunakan sebagai tambahan dana belanja harian saja.

2. Mendapatkan Tambahan Pengetahuan

Jika Anda berprofesi sebagai penulis artikel online, keuntungan yang bakal didapatkan berikutnya ialah akan mendapatkan tambahan pengetahuan dari konten yang dituliskan. Sebab, apa yang telah ditulis, otomatis juga akan dibaca dan dipahami dengan detil. Nah, secara otomatis, semakin sering menulis konten dan dibaca tentu pengetahuan juga akan semakin bertambah.

Baca Juga  Amalan di Bulan Ramadan Selain Puasa yang Bisa Kamu Lakukan

Pengetahuan sendiri merupakan informasi terkait dengan dinamika baru, yang dihadirkan oleh zaman ini yang terkadang sebagai pembantah pengetahuan sebelumnya. Nah, jika pengetahuan semacam ini didapatkan dari profesi menulis, tentu pikiran akan semakin cerdas atau paling tidak pola pikir akan satu langkah lebih segar dibandingkan yang lain.

Jangan pernah berhenti untuk menjadi orang yang berpengetahuan. Kalau perlu jadilah orang yang serba tahu dengan cara banyak belajar dan membaca. Nah, profesi menulis merupakan pekerjaan yang di dalamnya ada dua kegiatan di atas yang dilakukan secara bersamaan.

3. Sebagai Ajang Aktualisasi Diri

Tidak banyak orang yang mampu mengaktualisasikan dirinya kepada masyarakat. Apalagi jika si orang tersebut tidak berasal dari kalangan berada, bukan pegawai kantoran dan bukan pesohor. Tentu amat kesulitan untuk menunjukkan diri, sekalipun ini merupakan hal yang sangat diidam-idamkan.

Namun seorang penulis artikel online sejatinya memiliki kesempatan untuk mengaktualisasikan dirinya melalui tulisan. Mungkin si person tidak akan dikenal, tetapi tulisannya justru akan populer dan ini sudah banyak terjadi. Termasuk penulis artikel yang oleh si pemilik web, namanya tetap dituliskan di situs.

Nah, ketika manusia sudah mampu mengaktualisasikan dirinya sekalipun melalui tulisan, tentu yang muncul adalah rasa bangga dan kepuasan yang luar biasa. Ada popularitas hebat yang juga bakal didapatkan. Apalagi jika tulisan yang dibuat berhasil dibeli oleh pemilik web yang memang kelas wahid dan top.

4. Menjadi Pengisi Waktu yang Produktif

Daripada pulang kerja lalu tidur atau main game, lebih baik menulis lalu jual tulisan tersebut secara online. Ini merupakan aktivitas pengisi waktu tetapi yang produktif, karena nantinya Anda akan mendapatkan uang dari tulisan yang telah dibuat.

Baca Juga  Minuman Pelangsing Hingga Sebagai Pencegah Penuaan Dini, Ini Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Keuntungan ini muncul karena profesi menulis artikel online memang bisa dijalankan secara part time. Kalau pun ingin full time, pastikan terlebih dahulu penghasilan dari menulis memang sangat menjanjikan. Namun kalau hanya paruh waktu, tentu ini lebih baik karena tidak akan mengganggu aktivitas atau usaha yang lain.

Kalau cuma bermain game apalagi pulang kerja langsung tidur, tentu produktivitas diri akan semakin berkurang. Yang ada, masalah gula darah hingga obesitas akan muncul. Maka dari itu, silakan menjadi penulis artikel online sepulang kerja demi kesehatan otak dan tentunya juga demi pundi-pundi rupiah.

5. Meningkatkan Ketajaman Berpikir

Menulis tidak hanya aktivitas mengetik kata menjadi kalimat di komputer. Tetapi lebih jauh dari itu, juga ada aktivitas berpikir demi mendapatkan analisis kalimat yang tepat. Nah, semakin sering menulis maka otomatis kemampuan berpikir akan semakin tajam dan detail.

Kemampuan berpikir secara tajam juga sangat dibutuhkan oleh manusia. Paling tidak, kemampuan ini bisa digunakan untuk menilai sebuah kebenaran demi pengembangan diri di dalam berkehidupan. Ya, berpikir tajam adalah solusi untuk mencegah diri dari kebodohan bahkan doktrinasi dari orang-orang yang jahat.

Ketajaman berpikir juga dibutuhkan oleh seorang mahasiswa. Sebab, dari kemampuan ini, akan lahir pola pikir kritis di benak mereka. Si Mahasiswa tidak akan menelan mentah-mentah argumen dosen, sebelum dikaji dan dianalisis terlebih dahulu kebenaran dan dasar ilmiah yang digunakan.

Tentunya, jika membaca keuntungan menjadi penulis artikel online di atas, pasti ada keinginan untuk mulai merambah profesi ini dengan serius.

Nah, langkah pertama yang harus dilakukan ialah, harus banyak berlatih menulis. Termasuk rajin membaca artikel hasil tulisan orang lain lalu tuliskan dengan menggunakan bahasa sendiri. Semakin sering berlatih dengan konsep semacam ini, tentu semangat menulis akan meningkat, ciri khas tulisan juga bakal bermunculan.

Penulis : Agus Heriyanto

Gravatar Image
Saya adalah seorang penulis artikel online yang telah menekuni profesi selama 8 tahun lebih. Ini Saya lakukan semata untuk memberikan informasi yang berharga kepada seluruh pembaca online di seluruh Indonesia.

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait