by

BERANI BERUBAH MENJADI LEBIH BAIK

(cerita fiksi)

Namaku grizelle.
Aku bukan orang yang percaya diri .
Aku juga buka orang yang berbakat.
Aku juga tidak sepintar orang lain.
Kata orang aku tidak berguna 
Kata orang juga aku terlalu suka menyendiri
Mereka hanya tau apa yang aku lakukan
Mereka tidak tau apa yang aku rasakan.
 
Terkadang aku juga ingin menjadi orang yang percaya diri. Tetapi…. Aku tidak bisa. Aku bingung bagaimana caranya supaya aku bisa jadi orang yang percaya diri. Disekolah aku selalu menyendiri , setiap malam aku selalu overthinking. 
 
Hari ini tepat tanggal 12 November 2020 
Dimana tepat hari ini hari ulang tahun ku.
Aku meniup lilin dan memotong kue ulang tahunku. Aku berdoa supaya bisa mendapatkan kepercayaan diriku. 
 
Beberapa hari setelah hari ulang tahunku…
Aku bertemu dengan teman baruku di sekolah, yaitu Tiara dia orang yang sangat percaya diri. Saat bertemu dengannya aku merasa malu. Bagaimana bisa aku yang seperti ini berteman dengan orang yang bertalenta…
 
Percakapan  antara Grizelle dan Tiara 
“Haiii akuu Tiara nama kamu siapaa??”
“Hai juga hehe namaku Grizelle”
“Kamuu cantikk bangett sihh gapahamm Lagii”
“Hehe Makasi ya” 
“Kamu kenapa??kok kayak ga percaya diri gitu?” 
“Aku gapapaa kokk hehe” 
“Serius?? Dari cara kamu ngomong kamu kayak ga percaya diri gituu lohh,kalau ada apaa” cerita sama aku aja Gapapa kok”-tiara
“Hmm gimana ya, aku Emang ga percaya diri, apalagi ketemu orang yang kayak kamu udah cantik bertalenta lagi…”
“Heiii kamuu Jugaa cantik lohh kok ga pede sih!!kamuu gabolehh gitu yaa kamu bukan gapunya bakat atau talenta tapii kamu belum mengenal diri kamuu… yuk berubah pelan” pasti bisa kok nanti aku nemenin kamuu sampai kamu bisa berubah menjadi orang yang percaya diri Okay???”-tiara 
“Hmm makasiii yaaa Tiara, kamu baik bgtt”
“Iyaa sama – sama” 
“Akuu pulang duluu yaa grizelle” 
“Iyaa aku juga mau pulang bye-bye” 
 
 “Wah ternyata masih ada ya teman seperti Tiara aku tidak menyangka aku bisa mengenal orang sepertinya”- ucap Grizelle di dalam hati.
 
Sebelum pulang ke rumah, Grizelle pergi ke sebuah toko buku untuk membeli novel…
Karena grizelle sangat suka membaca…
Grizelle membeli cukup banyak buku.
Setelah membeli buku grizelle bergegas untuk pulang ke rumah.
 
Sesampainya di rumah Grizelle mengganti pakaian dan langsung mengerjakan pekerjaan rumah yang diberikan oleh gurunya… 
tanpa ia sadari ternyata ia sangat pintar dalam bidang akademik… 
nilai yang Grizelle dapatkan selalu memuaskan dan bisa dibilang sering mendapatkan nilai 100.
 
Semua pekerjaan rumah sudah selesai…
Biasanya setelah mengerjakan pekerjaan rumah Grizelle selalu beristirahat yaitu tidur…
Setelah bangun tidur grizelle biasanya makan sore karena setiap pulang sekolah grizelle jarang sekali makan…
 
Tepat jam 07:00 grizelle mulai untuk membaca novel yang ia beli. Kira kira apa ya isi novel yang grizelle beli… 
Ternyata novel yang selama ini disukai grizelle adalah novel yang bertemakan motivasi untuk dirinya. Saat grizelle membaca novel yang baru ia beli. Grizelle tiba-tiba melakukan suatu hal yang tidak pernah ia lakukan. 
 
Grizelle berdiri didepan kaca dan berbicara pada diri nya sendiri. 
“Heii kamu sadar dong kamu itu sempurna”
Kamu itu cantik , kamu pintar , kamu juga berbakat. Kamu harus percaya diri!” 
 
Sepertinya novel yang dibaca oleh Grizelle tentang kepercayaan diri…
Keesokan harinya…
 
Saat di sekolah Grizelle langsung mencari Tiara dan menceritakan apa yang terjadi pada dirinya… 
Dan pada akhirnya Grizelle pun bertemu dengan Tiara…
 
“Haiii tiaraaa!!!!!” – Grizelle 
“Ohh haiiii!!!!!” –  Tiara 
“Ehh ada apa nihh keliatannya Seneng banget nggak kayakk kemarin ekhem ada apa ya” -tiara 
“Ehh kamuu tauu nggaa kemarin aku ada beli novel teruss semuaaa kalimat yang ada di novel itu bener” menginspirasi akuuu tauuu” – grizelle 
“Ohh yaa??? Wahh bagus Dehh kamu sekarang mau berubah???” – tiara 
“YAAA BENER BANGET AKU MAU BERUBAH!”
-grizelle 
“AAA GRIZELLE KAMUU KEREN BANGET LOH”
-tiara 
“Semuaa ini juga karena kamuu , semenjak kenal kamu aku jadi pengen berubah menjadi orang yang percaya diri !” – grizelle 
“ehe enggaa gitu kok,kamu berubah karena diri kamu sendiri! Aku juga percaya kok kamu pasti bisa berubah!” – tiara 
“Karena diri aku dan karena motivasi Kamuu juga!!” – grizelle
“ehee Iyaa Dehh Iyaa” – tiara 
 
Dan akhirnya mereka masuk ke kelas mereka masing – masing. 
 
Bel sudah berbunyi yang artinya mereka sudah pulang sekolah…
 
Grizelle dan Tiara pergi ke suatu taman tujuan mereka ke taman adalah untuk membaca buku dan menenangkan diri mereka masing – masing. 
 
Grizelle perlahan – lahan sudah mulai berubah. 
Mulai percaya diri , sudah mau bergaul dan pelan” rasa minder itu menghilang…
 
Pada akhirnya grizelle sekarang sudah mendapatkan banyak sekali penghargaan karena segala prestasi dan bakat yang dimilikinya.
 
Wah Grizelle keren sekali!
Dia mau berubah menjadi orang yang lebih baik lagi!! 
Proses menjadi lebih baik adalah proses dimana kita sudah mengetahui akan kesalahan dan ingin memperbaikinya dan tidak akan pernah mengulanginya. tentunya keinginan untuk menjadi lebih baik bukan hanya harapan pribadi saja, namun harus kita lakukan segera tanpa membuang waktu agar keinginan tersebut terwujud dan tidak sia-sia. namun pada kenyataannya usaha untuk introspeksi diri ini sangat jarang kita temukan apalagi pada usia muda.
Hidupmu akan berubah LEBIH BAIK jika kamu bersedia untuk mengubah dirimu terlebih dahulu
Terima kasih.

Baca Juga  Cerpen: Cahaya di Tengah Corona

Comment

Artikel Terkait