by

8 Keuntungan Ikut Lomba Menulis Cerpen bagi Penulis Pemula dan Profesional

Lomba menulis cerpen merupakan even yang sangat digemari oleh kalangan penulis, baik yang sudah profesional maupun yang masih penulis pemula. Hal ini dikarenakan oleh adanya beberapa keuntungan ikut lomba menulis cerpen yang memuaskan, termasuk demi mencari popularitas dan ketenaran diri si penulis.

Sejatinya, terdapat beberapa keuntungan mengikuti lomba menulis cerpen yang bisa dijadikan sebagai motivasi penulis untuk terus mengikuti even-even tersebut. Nah, kalau Anda ingin mengetahui keuntungan yang dimaksud, silakan baca ulasan berikut ini:

1. Menambah Portofolio Prestasi

Meraih penghargaan sebagai juara penulis cerpen merupakan penghargaan yang cukup prestisius dan terbilang prestasi yang membanggakan. Tentunya, penghargaan ini juga menambah portofolio dari prestasi-prestasi sebelumnya, sekalipun semata prestasi yang tidak terkait dengan kepenulisan.

Yang namanya portofolio prestasi tidak hanya dibutuhkan untuk profesi dan pengembangan diri saja, tetapi juga ada kepuasan di dalamnya. Bahkan, semakin banyak penghargaan dari jualan menulis cerpen, nilai kepuasan si penulis juga akan semakin tinggi dan bermakna.

2. Meningkatkan Motivasi Menulis

Keberadaan even atau lomba menulis cerpen merupakan momentum penulis untuk meningkatkan motivasi atau semangat menulis yang akurat. Sekalipun tidak pernah menjadi juara, paling tidak aktivitas menulis tidak dihentikan yang lama kelamaan cerpen yang dihasilkan juga lebih berkualitas.

Apalagi kalau sampai menjadi juara, tentu semangat menulis cerpen akan tambah semangat lagi, bahkan hari-hari akan diisi dengan menulis karya-karya cerpen yang menarik. Banyak sudah fakta penulis cerpen yang sukses dikarenakan tidak pernah berhenti mengikuti even-even menulis cerpen, baik skala lokal maupun nasional.

3. Hasil Karya Cerpen akan Lebih Berkualitas

Keuntungan ikut lomba menulis cerpen yang berikutnya, ialah hasil karya cerpen akan lebih berkualitas serta akan lebih menarik untuk dibaca. Pasalnya, cerpen yang akan diikutsertakan pada lomba, proses penulisannya tentu lebih teliti dan tema yang diusung lebih berbobot lagi.

Baca Juga  Pengertian Alpha Female dan Fakta Unik Seputarnya

Intinya, semakin sering mengikuti lomba menulis cerpen, tentu si penulis juga akan semakin rajin menulis dan memperbaiki tulisan. Lama kelamaan menulis cerpen yang berkualitas sudah menjadi hal yang biasa dan tidak lagi menjadi karya yang sukar untuk dibuat dan dihasilkan.

4. Mendapatkan Teman-Teman yang Sehobi

Memiliki teman yang sehobi tentunya hal yang sangat menyenangkan bahkan bisa menjadi ajang untuk saling tukar menukar pengalaman terkait kepenulisan. Terkadang, penulis cerpen mengikuti lomba hanya untuk mendapatkan teman-teman semacam ini, yang nantinya bisa diajak untuk sharing permasalahan menulis utamanya menulis cerpen.

Orang yang suka mengikuti lomba menulis cerpen, berarti ia memang suka menulis dan memiliki kemampuan untuk menulis cerpen. Nah, orang-orang ini bisa menceritakan tips dan trik untuk mendapatkan kemampuan tersebut kepada penulis yang lain. Tentunya ini hal yang bermanfaat dan bisa dimasukkan sebagai kategori pergaulan yang berfaedah.

5. Menambah Popularitas dan Ketenaran

Sekali menjuarai lomba menulis cerpen, nama akan terangkat dan sudah layak disematkan sebagai penulis cerpen yang berkualitas tinggi. Semakin sering menjuarai lomba tentunya popularitas dan ketenaran nama akan semakin luar biasa, bahkan si penulis bisa disebut sebagai dedengkot cerpenis Indonesia.

Jika nama sudah populer sebagai cerpenis Indonesia, tentu peluang mendapatkan kesuksesan di bidang lain sangat terbuka lebar. Si penulis bisa diundang kesana kemari untuk mengisi acara seminar kepenulisan dengan bayaran yang cukup menyenangkan. Bahkan banyak cerpenis yang berpendidikan bukan sarjana, tetapi direkrut menjadi guru Bahasa Indonesia di sekolah-sekolah favorit.

6. Semakin Cinta Menulis

Untuk cinta menulis tentunya si penulis harus rajin menulis dan harus sering mengikuti lomba menulis. Begitu juga dengan menulis cerpen yang mana si penulis harus terus menulis cerpen dan tidak berhenti mengikuti lomba menulis cerpen yang ada di daerahnya. Jika si penulis sudah cinta menulis cerpen, tentu serasa ada yang kurang kalau sehari saja tidak melahirkan cerpen yang bagus.

Baca Juga  Cerpen: Heal Me to be Myself

Namun tentunya untuk bisa cinta menulis cerpen dibutuhkan semangat yang tinggi dan tekad hati yang bulat. Paling tidak si penulis harus terus memaksakan diri untuk menulis minimal satu karya cerpen 500 kata setiap hari, dan merasa bersalah jika aktivitas tersebut tidak dilakukannya.

7. Semakin Tahu Cara Menulis Cerpen yang Bagus

Karena sudah keseringan menulis cerpen akhirnya segala hal yang terkait dengan cerpen sudah menjadi “jiwa” bagi si penulisnya. Termasuk tidak akan pernah berhenti mencari tips dan cara untuk menulis cerpen yang berkualitas tinggi. Ini yang bisa dijadikan momentum oleh si penulis untuk meningkatkan kualitas cerpen yang akan dibuatnya.

Sebaliknya, kalau mengikuti lomba cerpen hanya satu kali setelah itu berhenti menulis, maka semangat untuk berhasil melahirkan karya cerpen yang bagus juga bakal hilang. Apalagi kalau tidak pernah juara lalu berhenti menulis, tentu kemampuan menulisnya akan semakin rendah dan akan menganggap menulis cerpen hanya aktivitas yang sia-sia belaka.

8. Bisa Mendapatkan Hadiah Berupa Uang

Keuntungan menulis cerpen yang terakhir adalah bisa mendapatkan hadiah berupa uang tunai dengan nominal yang memuaskan. Bahkan ada panitia even yang berani memberi hadiah lomba menulis cerpen dengan nominal sampai jutaan rupiah. Nominal yang lumayan untuk mengganti rasa lelah akibat begadang ketika mencari inspirasi menulis.

Kalau membaca keuntungan ikut lomba menulis cerpen di atas, tentunya bukan alasan Anda untuk tidak mulai menulis cerpen saat ini. Maka dari itu, mari tingkatkan motivasi lalu lahirkan cerpen yang berkualitas yang sekiranya akan menarik minat banyak pembaca.

Comment

Artikel Terkait