oleh

8 Harapan Akhir Tahun, Semoga Segera Terwujud ya!

Setiap manusia yang menjalani kehidupan sejatinya harus memiliki harapan atau keinginan yang ingin dicapai. Begitu juga dengan harapan akhir tahun yang perlu dicanangkan sejak sekarang sebelum tahun benar-benar berganti. Tentunya ini bisa dijadikan sebagai moment untuk kembali melihat kepada diri demi sebuah introspeksi.

Terdapat beberapa harapan akhir tahun yang perlu dijadikan target oleh khalayak luas. Sehingga akhir tahun tidak sebatas seremonial lalu kita memasuki tahun yang baru tanpa membawa target dan impian yang juga baru. Tentunya sisi kemanusiaan akan menurun secara drastis jika fakta ini yang memang terjadi. Ini dia harapan-harapan yang dimaksud:

1. Mendapatkan Jodoh

kedua mempelai menggunakan jari kecil bersama-sama. pasangan cantik berpegangan tangan dengan latar belakang matahari terbenam - menikah potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Salah satu harapan akhir tahun yang perlu disampaikan dengan serius ialah mendapatkan jodoh bagi yang sudah siap. Jadi cukup satu tahun sebelumnya hidup melajang, sekarang sudah waktunya untuk menatap kehidupan di depan dengan lebih bersungguh-sungguh. Sadarilah juga kalau diri sudah semakin tua di setiap pergantian tahun.

Target ini bisa dicapai di tahun depan kalau harapan disertai dengan usaha yang serius. Baik usaha untuk mencari calon pasangan maupun memantaskan diri dalam bentuk persiapan menjadi kepala rumah tangga yang baik. Hidup dengan pasangan merupakan sebuah keindahan dan adagium inilah yang harus dijadikan latar belakang  dari harapan ini.

2. Membuka Bisnis Baru dengan Berani

pengusaha perdagangan pasar saham online di layar teblet, konsep investasi digital - bisnis potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Momen akhir tahun juga harus dimanfaatkan oleh para pebisnis pemula. Paling tidak di sana dimunculkan harapan untuk membuka bisnis lain dengan lebih berani. Tentunya keuntungan yang sangat diharapkan dan ini tidak mengapa karena memang manusia dituntut untuk selalu berusaha dan bekerja.

Sekalipun demikian harapan untuk menjalankan bisnis baru harus disandarkan pada keinginan untuk terus belajar. Karena tanpa belajar mustahil bisnis baru bisa dijalankan apalagi jika si pelaku bisnis memang buta di dalamnya. Maka dari itu harapan harus disertai dengan belajar setelah itu baru memikirkan keuntungan.

Baca Juga  5 Buah-buahan yang Wajib Dikonsumsi di Bulan Ramadan
3. Bersilaturahmi pada Musuh

kedengarannya seperti kesepakatan yang sempurna bagi saya - salaman potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Jika Anda masih merasa risih untuk menjalin pertemanan kembali dengan orang yang pernah berseteru, maka momen tahun baru yang pas untuk memperbaikinya. Tanamkan di dalam hati sebuah harapan untuk meminta maaf dan ingin kembali menyatukan hubungan yang pernah terserak. Nah, momen inilah yang akan menjadikan akhir tahun lebih bermakna.

Untuk itu jangan sungkan untuk menyapa dan meminta maaf. Ulurkan jabat tangan mesra serta sebisa mungkin untuk tidak mengungkit kembali apa yang sudah terlewat. Dan pastikan ini tidak sekadar harapan atau impian saja, tetapi Anda harus benar-benar melakukannya supaya pertemanan bisa dikembalikan seperti sedia kala.

4. Menambah Portofolio Prestasi

tangan meletakkan panah layar cetak dan papan target kubus kayu di atas panah. target investasi dan konsep bisnis. - prestasi potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Harapan akhir tahun yang berikutnya ialah menambah portofolio prestasi. Setiap manusia tidak boleh merasa puas dengan prestasi yang dicapai. Dia harus melahirkan prestasi-prestasi baru di kesempatan yang berikutnya. Dengan prestasi itulah esensi kemanusiaannya akan bangkit bahkan prestasi tersebut akan menjadikannya lebih populer.

Untuk itu ketika sudah tiba pergantian tahun silakan canangkan prestasi apa yang ingin diraih di tahun depan. Setelah itu sesuaikan dengan bakat dan minat diri. Yang perlu dilakukan berikutnya ialah silakan mulai melakukan kalkulasi seberapa besar potensi prestasi tersebut diraih atau gagal.

5. Memiliki Buah Hati yang Lucu

foto jari bayi yang baru lahir - bayi potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Bagi pasangan menikah tetapi masih belum mendapatkan buah hati, maka momen pergantian tahun bisa dijadikan sebagai pengharapan kalau di tahun depan si kecil  harus sudah berada di tengah-tengah keluarga. Dengan adanya harapan ini tentunya kedua pasangan mempersiapkan segala program dengan serius supaya impian bisa tercapai.

Kalaupun harus mengikuti program kehamilan maka program tersebut akan benar-benar dilaksanakan di tahun depan. Jika di tahun sebelumnya kurang bersemangat untuk mengikutinya maka sekarang semangat harus lebih ditingkatkan lagi. Namun, pengharapan tidak harus ditingkahi dengan usaha dalam bentuk kerja saja melainkan juga harus diiringi dengan doa yang khusu’

Baca Juga  10 Pedagang dan Penjual Jasa Keliling yang Nyaris Hilang
6. Berani Memulai Investasi

seorang pengusaha memegang koin dengan pohon yang tumbuh dan pohon yang tumbuh di tumpukan uang. gagasan memaksimalkan keuntungan dari investasi bisnis. - investasi potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Tidak dipungkiri investasi merupakan bisnis yang sangat menguntungkan. Namun tidak dipungkiri pula kalau ternyata masih banyak masyarakat yang tidak berani untuk memulainya. Apalagi investasi yang membutuhkan modal besar seperti investasi properti, investasi saham dan lain sebagainya.

Nah, jika sudah tiba pergantian tahun maka canangkan sebuah harapan kalau Anda akan mulai untuk berinvestasi. Sedangkan start awalnya adalah tahun depan dan tidak boleh ditunda hingga berbulan-bulan lamanya. Nah, sebagai rencana awal silakan persiapkan terlebih dahulu modal investasi sesuai dengan jenis investasi yang akan dipilih.

7. Menulis Satu Buku Best Seller

konsep seni sastra dengan huruf yang keluar dari pensil. - menulis ilustrasi stok

Kalau Anda memiliki minat menulis maka jangan ragu untuk merencanakan pembuatan satu buku best seller. Namun, keinginan ini sangat sulit kecuali si penulis memang memiliki tekad yang kuat untuk memulainya. Nah kalau Anda membutuhkan moment tertentu untuk memulainya maka akhir tahun merupakan moment yang tepat.

Silakan tuliskan cita-cita tersebut di secarik kertas lengkap dengan kapan Anda akan memulai menulis. Pastikan tanggalnya harus di bulan pertama di tahun depan supaya masih ada semangat tahun baru yang lebih bergairah. Tetapi jika tanggal rencana menulis masih bulan 2 dan seterusnya bisa jadi Anda justru melupakan keinginan tersebut.

8. Naik Haji Bersama Keluarga

muslim berdoa di mekkah dengan tangan ke atas - naik haji potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Naik haji bagi yang mampu merupakan rukun Islam yang ke-5. Artinya bagi muslim yang memiliki harta berlebih maka bisa merencanakan untuk berkunjung ke baitullah. Namun terkadang uangnya sudah ada tetapi hati masih belum tergerak untuk melakukannya. Terkadang juga orang tersebut masih harus menunggu moment tertentu.

Nah, pergantian tahun merupakan momen yang tepat untuk merencanakan pemberangkatan ke tanah suci Mekah dan Madinah. Kalau rencana ini sangat kuat biasanya di tahun depan Anda lebih bersemangat untuk menabung maupun ketika berlatih manasik haji. Jika pun agak kesulitan untuk berangkat naik haji secara real time maka menggantinya dengan ibadah umrah pun tidak menjadi masalah.

Baca Juga  Agar Hidup Lebih Tertata, Lakukan Tips Membuat Bullet Journal Ini

Arti dari harapan akhir tahun di atas sejatinya pembelajaran kalau masyarakat harus menyikapi pergantian tahun dengan melakukan sesuatu yang positif. Bukan justru melakukan hal yang negatif seperti berhura-hura dan melakukan tindakan maksiat. Karena kalau sambutan terhadap tahun baru adalah semacam ini tentu sisi kemanusiaan tidak akan berubah dari tahun ke tahun.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Publikasi Terkait Lainnya