by

6 Cara Mengatasi Gangguan Kecemasan yang Paling Ampuh

Kecemasan merupakan masalah psikologi yang sering menimpa masyarakat. Sekalipun demikian, ternyata cara mengatasi gangguan kecemasan sangat mudah. Yang terpenting penderitanya siap melakukan semua strategi dan kiat dengan serius. Serta harus disertai dengan adanya niat hati yang kuat.

Kecemasan merupakan perubahan perasaan akibat rasa takut dan was-was terhadap sesuatu. Nah, rasa semacam ini sungguh tidak nyaman. Selain membuat gelisah, tubuh juga terasa lemas hingga jantung berdegup kencang. Namun percayalah perasaan semacam ini bisa dihilangkan dan ini cara-caranya yang manjur:

1. Perbanyak-lah Berdoa

covid-19: ucapkan doa - berdoa potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Jika rasa cemas sedang melanda, Anda bisa menghilangkannya dengan membaca doa. Ternyata, permohonan kepada Allah bisa melahirkan rasa tenang di dalam jiwa. Sebab, sejatinya berdoa adalah aktivitas memasrahkan diri kepada sang pencipta. Sebuah keyakinan kalau hanya Dia-lah yang bisa menghilangkan rasa was-was dan gelisah.

Orang yang mengalami kecemasan, terkadang dikarenakan tiada-nya solusi atas masalah. Namun jika jalan keluar sudah ada, maka otomatis kecemasan itu akan hilang dengan sendirinya. Nah, dengan berdoa sejatinya diri meminta agar diberikan petunjuk tersebut. Sehingga dengannya rasa cemas menjadi sirna.

Sebaliknya, jika kecemasan melanda tetapi tidak diiringi doa, rasa cemas akan semakin parah. Bahkan bisa memicu stres dan depresi yang akut. Jika ini yang terjadi, bahaya lain akan muncul. Seperti menghalalkan segala cara untuk berlepas dari masalah yang sedang menimpa.

2. Coba Lihat yang Indah-indah

tampilan lampu latar melalui pohon apel, padang rumput musim panas di bavaria, jerman - pemandangan indah potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Rasa cemas muncul jika ada masalah yang sedang dipikirkan. Nah, terkadang kasus semacam ini bisa dihilangkan jika Anda mencoba berpikir hal berbeda. Salah satunya memikirkan tempat-tempat yang indah lalu mencoba untuk mendatanginya. Namun pastikan, masalah harus benar-benar dilupakan sekalipun hanya sementara.

Baca Juga  Apa Saja Barang yang Wajib Dibawa Saat Travelling? Yuk Simak Penjelasannya!

Hati cemas kadang juga dikarenakan pikiran yang sedang kelelahan. Jika ini yang menjadi penyebab, berpelesir bisa menjadi jalan keluar yang bagus. Sebab di sini Anda bisa merelaksasi pikiran sehingga otak kembali segar. Setelah itu, biasanya solusi akan datang dengan sendirinya.

Yang dibutuhkan untuk menghilangkan kecemasan bukan destinasi yang mahal. Karena jika ini yang dipilih, justru bisa memunculkan rasa gelisah yang baru. Untuk itu, pilihlah tempat wisata yang murah tetapi memiliki keindahan yang estetis. Jangan lupa ajak juga keluarga untuk turut serta.

3. Jangan Simpan Masalah Seorang Diri

wanita cantik asia menghibur teman gadis yang kesal menangis karena masalah. dukungan wanita yang menarik, menghibur dan memahami empati kepada adik perempuan yang stres sambil menangis di rumah. hubungan keluarga. - curhat potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Jika mendapatkan masalah yang berat, usahakan tidak dipendam sendirian. Apalagi jika pikiran sudah tidak mampu untuk melahirkan solusi yang tepat. Lebih baik ceritakan masalah tersebut kepada orang lain, terutama kepada keluarga yang sekiranya bisa mencarikan jalan keluar atasnya.

Sekalipun demikian, tetaplah selektif ketika memilih tempat curhat. Harus dipastikan terlebih dahulu, apakah dia bisa dipercaya atau tidak. Selain itu, Anda juga harus tahu masalah seperti apa yang harus dibagikan. Sebab sharing problem antara sahabat dengan keluarga tentu harus dibedakan.

Jika mau curhat, maka tanamkan di dalam diri akan menampung pendapat orang lain. Dan kalau memang sarannya bagus, maka harus dijalankan dengan lapang dada dan serius. Siapa tahu itu memang solusi atas masalah yang sedang terjadi, atau bisa juga dijadikan sebagai perbandingan atas pendapat sendiri.

4. Pastikan Sebuah Kebenaran Informasi

pemuda di asia menggunakan ponsel pintar - curhat potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Cara mengatasi gangguan kecemasan berikutnya ialah cek terlebih dahulu keabsahan informasi. Terkadang kabar yang sepotong-sepotong itulah yang menimbulkan kegelisahan. Paling tidak, pembaca harus mendapatkan informasi detail dan menyeluruh. Nanti bisa disimpulkan apakah kabar itu memang menakutkan atau tidak.

Baca Juga  8 Tips Hemat Bahan Bakar ketika Harga BBM Tinggi

Kabar hoax merupakan informasi yang harus dihindari, karena dari sanalah muncul kegelisahan dan rasa was-was. Padahal sebagian besar dari informasi ini adalah bohong, sedangkan tujuannya memang untuk menimbulkan rasa takut dan risau masyarakat saja.

Dan sepertinya menjadi hal yang wajar kalau para penebar hoax mendapatkan hukuman, karena konten yang disebarluaskan akan mengganggu dan membuat masyarakat cemas. Anda pun harus menjauhinya atau kecemasan tersebut datang tanpa bisa dicegah.

5.  Buatlah hal yang Positif daripada Melamun

wanita muda merenungkan di rumah - positive thinking potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Jika sedang diliputi rasa cemas, pastikan tidak berdiam diri, karena suasana semacam ini akan membuat penderitanya melamun dan menghayal. Padahal lamunan dan hayalan tidak akan bisa menghilangkan kegelisahan. Justru yang ada pikiran tidak akan fokus.

Daripada melamun tentu lebih bagus melakukan kegiatan positif sebagai pengisi waktu. Bisa membaca, menulis, berbisnis, silaturahmi, atau kegiatan apapun yang melupakan masalah. Aktivitas ini penting selain menjadi pengisi waktu luang juga ada nilai guna. Jika masalah tidak terlalu memenuhi pikiran, maka jiwa pun akan lebih tenang.

Masalah memicu rasa was-was kadang dikarenakan konten-nya yang terlalu memenuhi pikiran. Sedangkan kegiatan positif bisa memalingkan buah berpikir semacam itu. Paling tidak problem yang berat bisa dilupakan sekalipun hanya sejenak. Selanjutnya, tinggal mencari solusi-nya saja ketika pikiran sudah tenang.

6.  Jangan Lupakan Silaturahmi

orang muslim mengunjungi teman selama perayaan idul fitri - berkunjung potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Silaturahmi tidak hanya mempererat tali kekerabatan tetapi juga menghilangkan kecemasan. Jika sendirian di rumah membuat kegelisahan semakin menjadi-jadi, keluarlah berjalan-jalan. Akan lebih baik kalau ada solusi dari kegiatan tersebut. Yang terpenting kunjungannya ke rumah orang yang supel, serta ramah.

Jika hati sedang gelisah, jangan lebur di dalamnya. Segera cari teman ngobrol untuk melupakan masalah tersebut. Yang terpenting masalah yang terjadi tidak diungkit kembali. Bisa dipastikan di kondisi ini, perasaan was-was akan hilang dengan sendirinya.

Baca Juga  Sederet Prestasi Maudy Ayunda yang Menginspirasi Kaum Muda

Jika Anda ingin hidup dengan nyaman, hindari rasa cemas. Silakan terapkan cara mengatasi gangguan kecemasan yang sebagiannya dijelaskan di atas. Jangan lupa niatkan yang tulus kalau Anda memang ingin terbebas dari kegelisahan ini. Setelah itu, usahakan untuk mencari jalan keluar yang tepat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Publikasi Terkait Lainnya