by

Pengertian Sampah Plastik dan Pemanfaatannya! Yuk Kita Kenali Lebih Jauh!

Sampah plastik sudah menjadi penyebab paling umum dalam masalah lingkungan, hal ini dikarenakan sampah plastik susah terurai, meskipun sudah ratusan tahun. Maka sangat penting, untuk mengenali sampah plastik dan pemanfaatannya agar dapat mengurangi jumlah sampah yang ada.

1. Pengertian

Sampah plastik merupakan barang yang sudah tidak terpakai, dimana material nya berbahan dasar kimia. Menurut informasi dari sebuah situs UN Environment, plastik terbuat dari bahan kimia yang berasal dari gas alam, batu bara dan minyak.

Sejak tahun 1950, plastik telah diproduksi dengan jumlah mencapai 8,3 miliar ton. Sementara itu, hampir 60% dari plastik yang diproduksi tersebut tercecer di lingkungan hingga akhirnya mencemari lingkungan.

Bahan ini sangat mudah didapatkan dan cukup terbilang awet. Selain itu, cenderung praktis untuk dipakai beberapa kebutuhan, seperti kemasan produk, kantong belanjaan dan lain sebagainya. Sehingga, tidak heran apabila orang lebih menyukai menggunakan plastik dalam kehidupannya.

Namun, apabila sudah tidak terpakai lagi, alam tidak bisa menggunakannya sehingga menjadikannya limbah yang mencemari lingkungan. Sampah jenis ini pun termasuk sampah anorganik yang paling banyak ditemukan di bumi.

2. Pemanfaatan Sampah Plastik

Sampah plastik pun dapat dimanfaatkan kembali dengan menggunakan salah satu prinsip pengolahan sampah, yaitu recycle atau lebih dikenal sebagai mendaur ulang sampah. Dalam prinsip ini, sampah akan disortir sehingga nampak mana sampah yang dapat dimanfaatkan kembali dan mana yang tidak.

Setelah itu, barulah sampah dapat di daur ulang, tetapi sebaiknya sampah plastik tersebut di cuci terlebih dahulu dengan cara mencucinya. Setelah kering, barulah limbah plastik tersebut direcycle. Inilah ide dalam memanfaatkan sampah plastik yang layak kamu coba!

1. Pot bunga atau tanaman

pertanian balkon dengan peralatan diy daur ulang - plastic pot potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Untuk mendaur ulang limbah ini menjadi pot bunga atau tanaman, kamu dapat memilih botol-botol minuman atau wadah-wadah makanan yang sudah kamu kumpulkan. Jika limbah tersebut dari botol-botol, guntinglah bagian tengahnya hingga terbelah menjadi dua.

Baca Juga  Anda Ingin Berhemat? Maka Ikuti Tips untuk Menghindari Impulsive Buying

Kamu bisa ambil bagian bawah dari botol minuman tersebut untuk dijadikan pot bunga atau tanaman. Sementara jika itu bekas wadah makanan, kamu tidak perlu membelahnya, kecuali bentuknya tabung dan panjang.

Itu sebaiknya kamu belah, agar lebih memudahkan tanaman tumbuh. Selain itu, buatlah bolongan kecil-kecil di bawah wadah maupun botol plastik tersebut, supaya air tidak menggenang. Setelah itu, masukan tanah secukupnya, lalu masukan biji atau bunga yang sudah tumbuh ke pot tersebut.

2. Gayung untuk menyiram tanaman dan bunga

dipper hijau - plastic dipper potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Daripada kamu membeli gayung, lebih baik kamu menggunakan limbah plastik yang ada di rumahmu menjadi gayung untuk menyiram bunga maupun  tanaman di rumah, untuk membuatnya pun cukup mudah.

Kamu hanya perlu memilih botol minuman atau wadah makanan yang sekiranya bisa kamu gunakan untuk gayung, lalu buatlah bolong-bolong di bawahnya agar memudahkan air mengalir. Dengan demikian, kamu pun hanya perlu mengambil air lalu arahkan pada tanaman-tanaman atau bunga-bunga yang kamu tanam.

Selain itu, kamu bisa menggunakan gagang pada gayung tersebut dengan menggunakan bambu atau kayu. Lalu tempelkan limbah plastik yang sudah kamu pilih, dan rekatkan gagang tersebut dengan gayung plastik dengan menggunakan paku.

3. Wadah makanan untuk hewan

wanita mengisi makanan di rumah burung - bird food container potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Kamu punya hewan peliharaan? Limbah plastik ini pun dapat kamu gunakan untuk wadah makanan hewan peliharaan mu. Namun, tidak semua wadah bisa dijadikan wadah makanan untuk hewan peliharaan yang kamu punya.

Maka, sebaiknya pilihlah wadah makanan yang memiliki tanda segi tiga dan didalamnya ada angka 5 serta PP, itu menandakan bahwa wadah tersebut dapat dipakai untuk berulang kali. Selain itu, wadah tersebut pun menandakan dibuat dengan bahan plastik Polypropylene yang merupakan bahan plastik terbaik.

Baca Juga  Kesal Karena Mata Panda Merusak Penampilanmu? Ini 7 Cara Menghilangkan Mata Panda yang Paling Ampuh

Meskipun begitu, kamu perlu memastikan setiap 3 hari sekali wadah tersebut dicuci  dan pastikan pula, ketika akan memberikan makanan hewan peliharaan wadah tersebut dalam keadaan bersih dari kotoran, seperti tahi cicak dan lain sebagainya.

4. Hiasan

reuse - plastic recycling decoration potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Pernahkah kamu melihat bunga yang terpajang di ruang tamu terbuat dari sedotan? atau pernahkah melihat hiasan gantungan bunga yang ditempel di jendela? Nah, kamu bisa memanfaatkan limbah plastik seperti sedotan, botol minuman dan lain sebagainya.

Selain menjadi bunga, sedotan pun dapat dibuat sebagai bingkai foto, hiasan dinding, dan lain sebagainya. Begitu Pula dengan botol minuman dan limbah plastik lainnya. Bahkan dari botol minuman, kamu bisa membuat miniatur mobil, bus dan lain sebagainya.

Dengan demikian, limbah-limbah plastik dapat dimanfaatkan sebagai produk yang memiliki nilai artistik, bahkan tidak menutup kemungkinan apabila hasil dari olahan sampah ini dapat dikomersialkan. Hal ini tentunya dapat memberi keuntungan bagi kamu pribadi, bukan?

5. Wadah ikat rambut atau aksesoris

pilihan sedotan minum plastik, kertas, dan baja - plastic recycling decoration potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Kamu pernah membeli makanan lengkap dengan tempat makanannya? Nah, jika kamu sudah selesai makan, wadah ini jangan dibuang dulu. Sebaiknya, jangan kamu buang dulu! Hal ini karena wadah tersebut dapat dimanfaatkan untuk penyimpanan aksesoris maupun ikat rambut yang memiliki ukuran kecil.

Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu mencuci wadah tersebut hingga bersih dan keringkan. Setelah itu, masukan aksesoris maupun ikat rambut yang kamu miliki ke dalamnya. Sebaiknya, simpan aksesoris maupun ikat rambut sesuai dengan jenisnya

Dengan demikian, aksesoris maupun ikat rambut pun lebih tertata dan kamu pun akan lebih mudah, ketika mencarinya. Jangan lupa, membersihkan wadah tersebut minimal sebulan sekali, agar wadah tetap bersih.

Baca Juga  Self Healing Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri

Nah itulah pengertian sampah plastik dan pemanfaatannya, semoga dengan usaha ini kita lebih bijak dalam menggunakan plastik.

Comment

Artikel Terkait