by

Pekerja Harus Tahu, Ini Dia Fungsi Safety Vest

Safety vest merupakan produk alat perlindungan diri yang harus dipakai oleh para pekerja terutama di malam hari. Jika tidak dipakai, tentunya pekerjaan yang dilakukan rawan mengalami kecelakaan. Bahkan ada yang bisa berakibat fatal terutama ketika bekerja di jalanan yang gelap.

Produk safety sendiri memiliki berbagai fungsi yang harus diketahui oleh para pekerja. Sehingga dari sini akan terlihat dengan jelas apakah produk ini memang layak dipakai atau tidak. Namun, sebelum itu akan dijelaskan dulu apa yang dimaksud dengan safety vest. Ini dia ulasan selengkapnya:

Pengertian Safety Vest

Safety Vest merupakan rompi berbahan khusus yang dilengkapi dengan reflektor. Salah satu peran dari fitur ini, ialah untuk meningkatkan pencahayaan warna rompi ketika berada di tempat gelap. Sedangkan warna-warna yang sering digunakan adalah warna terang seperti hijau, merah dan kuning.

Biasanya, rompi ini digunakan oleh pekerja yang beraktivitas di malam hari terutama di jalan raya. Bahkan penjaga parkir pun sudah menggunakan rompi semacam ini selain memegang lampu pengatur jalan. Tentu tujuannya supaya para pejalan menyadari kalau ada orang yang sedang bekerja di depannya.

Produk ini biasanya dijual di perusahaan-perusahaan safety. Harganya tidak terlalu mahal tergantung bahan yang digunakan. Namun, pastinya Anda harus membeli rompi yang dilengkapi dengan reflektor tadi. Karena busana inilah yang akan membuat  bekerja lebih nyaman dan aman.

Fungsi Safety Vest

Terdapat beberapa fungsi dari safety vest yang perlu diketahui oleh para pekerja. Semuanya bermuara bagi keselamatan mereka ketika beraktivitas terutama di tempat yang gelap. Saking pentingnya ulasan ini, maka kami pun menjabarkan di dalam artikel secara khusus. Ini fungsi-fungsi yang dimaksud:

Baca Juga  7 Tips Mengadakan Webinar Agar Bisa Berjalan Lancar
1. Untuk Mencegah Kecelakaan

Fungsi safety vest yang pertama ialah untuk mencegah terjadinya kecelakaan, terutama bagi pekerja yang sedang melaksanakan tugasnya di tengah arus kendaraan yang ramai. Apalagi ketika pengerjaan dilaksanakan malam, yang mana potensi terjadi kecelakaan tentu sangat besar.

Jika menggunakan safety vest, para pengendara akan mengetahui kalau sedang ada orang yang bekerja di depannya. Sehingga mereka lebih berhati-hati ketika mengendarai kendaraan. Alhasil, keselamatan kedua belah pihak pun terjamin, karena tercegah dari terjadinya tabrakan yang fatal.

2. Membuat Pekerja Lebih Konsentrasi

Jika tidak menggunakan safety vest, para pekerja di jalanan akan kehilangan konsentrasi. Karena yang dikhawatirkan akan ada kendaraan yang menabraknya. Apalagi di suasana yang gelap, peristiwa tragis semacam ini tentu bisa saja terjadi. Makanya jangan sampai hilang konsentrasi ketika sedang bekerja.

Jika konsentrasi saat bekerja sudah hilang, tentu pekerjaan tidak akan bisa diselesaikan dengan baik. Itu artinya, para pekerja akan mendapatkan teguran dari atasannya bahkan bisa berujung pada pemecatan. Untuk itu, kalau ingin bekerja di jalan raya pas malam hari, pakaian ini harus dipakai.

3. Sebagai Penanda Pekerja Proyek

Bekerja di malam hari kadang dikhawatirkan oleh masyarakat sebagai satu aktivitas yang ilegal. Apalagi kalau sampai menggali lubang yang tentunya sangat berbahaya bagi pengendara. Dan kasusnya sangat banyak, ketika orang terjatuh karena tidak melihat ada lubang galian di depannya.

Nah, kalau para pekerja menggunakan rompi safety, otomatis itu menjadi penanda kalau si pekerja sedang menggarap pekerjaan yang sah. Apalagi kalau ada papan pemberitahuan beserta garis line penanda ada proyek. Tentunya masyarakat tidak perlu khawatir, para pekerja tersebut tidak bekerja secara profesional.

Baca Juga  5 Cara Menjaga Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit yang Bisa Dicoba di Rumah
4. Sebagai Kelengkapan Perlindungan Diri

Fungsi dari safety vest yang berikutnya adalah sebagai kelengkapan perlindungan diri. Karena sebelumnya sudah ada helm safety, shoes safety, masker hingga tali pelindung badan. Ini merupakan seperangkat alat keselamatan para pekerja yang sedang melaksanakan tugasnya.

Nah, perusahaan di bidang proyek bangunan maupun pabrik, harus menyediakan alat-alat semacam ini. Karena keselamatan para pekerja harus diutamakan dibandingkan ketepatan dan kecepatan hasil kerja. Pasalnya, risiko kecelakaan sangat besar apalagi jika bekerja di malam hari yang berkabut.

5. Menjadi Seragam Wajib Pekerja

Mungkin tidak masalah, para pekerja lapangan tidak menggunakan seragam kerja saat beraktivitas. Namun dengan memakai safety vest, maka itu sudah menjadi seragam bagi mereka. Karena warna yang digunakan sewarna yaitu kuning, merah atau hijau terang. Belum lagi bentuk dan modelnya juga sama.

Namun ini bukan seragam kerja biasa melainkan yang sudah dilengkapi dengan reflektor. Dengannya si pekerja akan terlihat lebih terang sekalipun melaksanakan kegiatan di malam yang gelap. Dari sini saja sudah terlihat dengan jelas, mengapa pakaian ini memang layak untuk dipakai oleh para pekerja.

6. Lebih Ringan Digunakan

Fungsi safety vest yang terakhir adalah lebih ringan digunakan dibandingkan jaket rompi yang biasa. Tentunya ini cocok untuk pekerja yang memang dituntut untuk aktif, sigap dan cekatan ketika melaksanakan pekerjaannya. Baju ini terkenal ringan karena dibuat dari bahan khusus yang tidak mudah sobek.

Penggunaan safety vest sendiri sudah cukup populer bagi para pekerja di Indonesia. Apapun pekerjaannya kalau dilakukan di malam hari, maka biasanya rompi ini yang digunakan. Maka wajar, kalau supplier dan distributor-nya tersebar di seluruh Indonesia, yang siap melayani pemesanan safety vest berkualitas tinggi dalam jumlah besar.

Baca Juga  Cara Menjadi Food Vlogger Mudah Bagi Pemula

Jika membaca fungsi safety vest di atas, maka memang selayaknya para pekerja harus memiliki rompi ini. Para pimpinan pun harus menyediakannya supaya keselamatan kerja lebih terjamin. Jauh daripada itu, hasil kerja pun pasti lebih memuaskan, maksimal serta cepat dan bagus. Ini pula yang menjadi alasan mengapa perusahaan besar juga banyak yang membelinya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Publikasi Terkait Lainnya