by

Peduli Lingkungan: Ketahui 4 Brand Dalam Industri Kecantikan yang Punya Program Daur Ulang Kemasan

Kosmetik didefinisikan sebagai produk yang dirancang untuk meningkatkan penampilan seseorang, seperti eyeliner. Sebaliknya, limbah kosmetik terjadi ketika produk kosmetik itu sendiri atau kemasan yang mengandungnya memasuki lingkungan.

Industri kosmetik merupakan kontributor besar terhadap keseluruhan masalah plastik yang dihadapi dunia. Selain itu, karena sebagian besar kemasan plastik tidak dapat didaur ulang, maka perusahaan harus menggunakan bahan bakar fosil untuk memproduksi plastik baru, daripada menggunakan kembali kemasan.

Polusi plastik dari industri kosmetik memiliki dampak besar terhadap lingkungan, tetapi produknya sendiri memiliki bahaya tambahan.

Dampak lingkungan dari limbah kosmetik bervariasi yang didasarkan pada produk yang digunakan, tetapi semuanya sama yaitu merusak dan sangat berbahaya.

Tetapi saat ini telah hadir beberapa brand kosmetik yang menerapkan konsep zero waste, dengan mendaur ulang terhadap botol-botol kemasan yang dikembalikan kepada brand tersebut. Dan uniknya, dari program daur ulang tersebut juga akan mengadakan sistem reward kepada konsumen.

Nah, berikut ini adalah beberapa brand kecantikan yang memiliki program peduli lingkungan melalui daur ulang kemasan.

1. Garnier
thinkmarketingmagazine.com

Garnier kini telah meluncurkan program terbarunya yaitu Garnier Green Beauty pada Oktober 2020, bahkan program ini tak hanya dilakukan di Indonesia saja, tetapi juga secara internasional. Pada program Garnier Green Beauty ini, Garnier Indonesia akan bekerja sama dengan eRecycle.

Tujuan dari kerja sama tersebut adalah untuk mengambil aksi nyata dalam penyelesaian masalah limbah plastik, yang diakibatkan karena limbah kosmetik. Program tersebut juga memiliki target untuk mengahasilkan daur ulang sampah plastik, dengan target 100 ton platik setiap tahunnya.

Bagi kamu yang tertarik mengikuti  program Garnier Green Beauty, maka kamu dapat dengan menggunakan aplikasi seluler dari eRecycle, yang akan memberikan peluang bagi konsumen Garnier Indonesia untuk menyerahkan sampah plastik secara real-time.

Yaitu dengan konsumen memilah sendiri sampah plastik di rumah dan ditimbang secara digital serta akurat, agar nantinya dapat didaur ulang.

Baca Juga  12 Cara Merawat Kuku yang Tepat Agar Cantik dan Sehat
2. Innisfree
innisfree.com

Innisfree adalah merek kecantikan di garis depan gerakan global yang menawarkan solusi kecantikan inovatif. Hal tersebut didukung dengan bahan-bahan alami terbaik yang bersumber dari pulau Jeju, yang murni untuk merawat kulit indahmu.

Program daur ulang kemasan dari Innisfree dikenal dengan program Empty Bottle Recycling. Program ini telah dimulai sejak tahun 2003 dan dari botol yang terkumpul, akan dilakukan penghijauan melalui penanaman pohon pinus untuk lingkungan hidup yang lebih baik.

Pada kurun waktu 2003 hingga 2015 telah tercatat 12.524.850 botol kosong yang telah didaur ulang, dan dikembalikan ke gerai Innisfree Korea.

Bagi kamu yang ingin berpartisipasi pada kampanye ini, maka kamu dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini. Yaitu membawa botol kosong Innisfree ke gerai Innisfree terdekat, kemudian kamu akan mendapatkan poin Innisfree, sebagai tanda hadiah dari gerakan nyatamu dalam menyelamatkan lingkungan.

Untuk botol kemasan yang diserahkan memiliki beberapa ketentuan, yaitu hanya berlaku untuk botol kosong produk Innisfree meliputi kemasan perawatan kulit, rambut, dan badan, baik botol kaca maupun plastik. Lalu, tidak termasuk produk make-up, botol spray, dan pewarna rambut serta maksimum tiga botol untuk setiap orang.

3. The Body Shop
TheBodyShop.co.id

The Body Shop Indonesia telah mengambil bagian dalam proses daur ulang kemasan bekas, untuk produknya dengan program Bring Back Our Bottles.

The Body Shop Indonesia mengajak para konsumen untuk mengembalikan kemasan kosong produk, berlabel merek mereka untuk didaur ulang nanti. Pengembaliannya dapat dilakukan ke toko-toko terdekat dan hasil pengolahannya digunakan untuk pemberdayaan masyarakat.

Melalui program BBOB, pihak The Body Shop akan berusaha mengedukasi customer dan publik, agar bertanggung jawab terhadap produk kemasan plastik yang telah digunakan sehari-hari. Sehingga mampu mengurangi timbunan sampah di lingkungan sekitar ataupun Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Baca Juga  Apa Saja Jenis dan Manfaat Dari Sabun Mandi? Yuk Kenali Lebih Dalam!

Bagi kamu yang tertarik mengikuti program tersebut, kamu dapat meninggalkan kemasan bekas tersebut di beberapa gerai The Body Shop, yang memang menyediakan kotak khusus untuk pengendapan kemasan bekas.

Setelah mengembalikan kemasan bekas, kamu bisa mendapatkan reward berupa poin melalui program Love Your Body, yang nantinya bisa ditukarkan dengan voucher belanja.

Inisiatif The Body Shop Indonesia, menyediakan program yang memungkinkan konsumen memastikan daur ulang kemasan bekasnya, adalah bagian dari program Extended Producer Responsibility The Body Shop Indonesia.

Program ini juga sebagai bagian dari dukungan The Body Shop Indonesia dalam menerapkan konsep ekonomi sirkular Indonesia.

4. Kiehls
stylecaster.com

Kiehl’s telah bermitra dengan TerraCycle untuk membuat program gratis untuk kemasan perawatan kecantikan dan kulit mereka.

Untuk kamu yang ingin berpartisipasi, kamu dapat dengan menemukan gerai Kiehl’s terdekat yang berpartisipasi, dan kemudian serahkan kemasan kosong Anda pada kunjungan Anda berikutnya.

Pada program ini juga tidak terdapat persyaratan tertentu dalam botol kemasan yang diserahkan. Semua produk kosong Kiehl’s dapat diterima untuk didaur ulang, mulai dari botol plastik beserta penutup pompa dan semprotan, botol kaca beserta penutup pipet dan tutupnya, kemudian tabung plastik serta wadah yang juga dapat diserahkan beserta penutupnya. Dan yang terakhir kemasan-kemasan dan masker  foil.

Pastikan semua kemasan harus dikosongkan sebelum dibawa ke dalam toko untuk didaur ulang. Meski semua produk kemasan Kiehl diterima, tetapi yang memenuhi syarat berukuran penuh yang akan mendapatkan penawaran hadiah.

Di atas tadi adalah beberapa brand kecantikan yang memiliki program peduli lingkungan melalui program daur ulang kemasan. Apakah kamu telah bersiap untuk menyerahkan botol kemasanmu ke gerai-gerai brand tersebut?

Baca Juga  Jangan Sepelekan Kandungan Pada Kosmetik yang Harus Dihindari Ibu Hamil

Wujudkan Aksi Nyata Peduli Lingkungan Dari Hal yang Sederhana!

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait