by

7 Manfaat Menanam Pohon, Mampu Sehatkan Lingkungan Dengan Baik

Saat ini polusi akibat pencemaran linkungan seakan menjadi hal biasa, padahal jika dilihat dan dikaji secara mendalam akan mengakibatkan hal buruk bagi kesehatan ataupun lingkungan.

Jika secara terus-menerus menghirup udara kotor, maka tubuh akan menjadi tidak sehat dan hal tersebut tidak berefek saat itu juga, namun memiliki dampak berkepanjangan.

Beberapa solusi mungkin telah diterapkan dan dijalankan, namun hasilnya tetap nihil. Salah satu solusi alternatif adalah dengan memberikan batasan kepada pengguna kendaraan bermotor, tapi itu semua juga kurang maksimal.

Nah, berikut ini ada salah satu terobosan atau solusi mudah dalam mengurangi polusi yaitu dengan menanam pohon. Inilah beberapa manfaat menanam pohon yang bisa didapat.

1. Membuat Udara Menjadi Bersih dan Segar

Manfaat pertama yang bisa Anda dapat dari menanam pohon, adalah dapat menghasilkan udara bersih sekitar lingkungan dan juga rumah Anda.

Pada dasarnya pohon merupakan salah satu penyaring terbaik di bumi. Hal itu terjadi karena daun dan juga batang pohon sendiri mampu menyerap komponen berbahaya atupun gas beracun.

Setelah menyerap gas beracun ataupun komponen berbahaya, maka akan mengeluarkan oksigen yang sangat dibutuhkan manusisa untuk bernafas.

Jadi wajar jika Anda menjumpai banyak pohon-pohon yang ditanam di kota besar yang digunakan untuk menyerap polusi udara, yang disebabkan dari beberapa kendaraan seperti nitrogen oksida, ozon hingga karbon monoksida.

2. Menjaga Kesehatan Mental

Selain dapat menyaring beberapa gas beracun dan komponen berbahaya yang keluar dari kendaraan, pohon juga mempun membuat kesehatan mental terjaga.

Hal itu terbukti dari banyaknya pepohonan rindang dan banyak membuat pikiran menjadi tenang dan nyaman. Jadi seperti sebuah terapi yang bisa membuat pikiran dan tubuh menjadi rileks.

Baca Juga  Peduli Lingkungan: Ketahui 4 Brand Dalam Industri Kecantikan yang Punya Program Daur Ulang Kemasan

Jika Anda sedang banyak pikiran atau sedang mengalami banyak tekanan, maka lakukan sebuah perjalanan ke daerah yang banyak pepohonan seperti di pedesaan atau pegunungan, lakukan piknik ataupun camping.

Maka dengan begitu pikiran Anda akan menjadi tentram dan damai, mungkin hal itu terlihat sangat tidak mungkin namun jika Anda mengalami secara langsung maka akan percaya.

3. Melindungi Kulit Dari Paparan Sinar UV Secara Langsung

Manfaat berikutnya dari menanam pohon adalah mampu mencegah Anda terkena paparan sinar UV secara langsung. Perlu Anda tahu, bahwa paparan sinar UV secara langsung dan terjadi terus menerus, dapat berdampak serius dan mengakibatkan kanker kulit. Jadi mulai sekarang, tanamlah pohon disekitar rumah Anda untuk mengurangi paparan sinar UV.

Banyak dari penduduk kota ataupun orang dari luar negeri yang rela melancong jauh-jauh ke daerah yang banyak pepohonan, karena sadar akan bahaya yang disebabkan oleh paparan sinar UV.

Menurut presentase dari keefekstifan pohon dalam menahan paparan sinar UV yaitu sekitar 50 persen. Selain itu, pohon juga dapat menurunkan risiko terkena dampak buruk dari paparan sinar tersebut.

4. Mencegah Polusi Air

Ternyata pohon yang rindang tidak hanya bermanfaat dalam mengurangi polusi udara, namun juga bisa mencegah terjadinya polusi air.

Jika terjadi hujan yang sangat lebat maka air yang turun dari langit ke bumi, akan beresiko membawa beberapa zat-zat berbahaya yaitu polutan seperti nitrogen dan fosfor. Dan hal itu menjadi awal mula terjadinya polusi air.

Jika tidak ada pepohonan, maka yang terjadi adalah zat polutan tersebut akan mengalir langsung ke laut tanpa adanya penyaringan, sehingga terjadilah polusi air.

Jika tempat yang turun hujan memiliki banyak pepohonan maka dapat menyaring zat polutan dengan bak, sehingga air yang mengalir ke laut sudah tidak memiliki kedua zat polutan berbahaya tadi.

Baca Juga  Hindari 5 Kebiasaan yang Merusak Lingkungan Seperti Berikut ini!
5. Menambah Cadangan Air di Tanah

Manfaat selanjunya mengenai tanam pohon adalah mampu menyimpan dan menambah cadangan air pada tanah. Hal itu terjadi karena pohon mampu memberikan perlidungan, terhadap air yang disimpan di dalam tanah agar tidak terlalu cepat mengalami penguapan. Sehingga yang terjadi cadangan air di tanah akan tetap terjaga. Malah bisa tambah banyak.

Secara rinci, dimana pohon-pohon bisa hidup dengan baik dan berdiri tegak hanya membutuhkan beberapa liter air saja setiap minggunya, lebih tepatnya yaitu sekitar 15 galon air. Namun dari hasilnya pohon-pohon bisa memberikan bantuan sebanyak 200-400 galon perhari, jadi sangat baik bukan jika dilakukan penanaman pohon mulai dari sekarang.

6. Mencegah Banjir

Bencana alam seperti banjir seakan menjadi momok bagi semua daerah, sehingga diperlukan beberapa alternatif atau solusi untuk menangani masalah tersebut. Sebenarnya sudah banyak cara ataupun kiat yang dilakukan, namun pada akhirnya banjir tetap saja terjadi dan menghantui beberapa daerah di Indonesia, khususnya di daerah perkotaan.

Mengapa demikian? Karena di daerah perkotaan tidak adanya resapan yang mampu mengurangi jumlah air, sehingga banjir pun tak terelakkan untuk mengatasi hal tersebut penanam pohon di kota-kota besar harus dilakukan, karena terbukti bahwa pohon mampu menjadi resapan saat terjadi hujan lebat yang akan mengakibatkan banjir.

7. Mencegah Terjadinya Erosi Tanah

Untuk manfaat terakhir dari penanaman pohon yakni dapat mencegah terjadinya erosi tanah. Dimana erosi tanah tersebut akan menyebabkan bencana, yang tidak kalah merugikan dari banjir yaitu tanah longsor. Hal ini disebabkan karena tanah yang kosong, tanpa adanya pohon sedikitpun akan memberikan tekanan besar pada tanah.

Sehingga akan menyebabkan tanah longsor, jadi itulah mengapa pentingnya menanam pohon. Karena pada dasarnya menanam pohon merupakan sebuah agenda terbaik dalam menyelamatkan kondisi bumi yang semakin lama semakin rusak karena ulah dari manusia yang kurang bertanggung jawab.

Baca Juga  Rekomendasi Kerajinan Dari Tanah Liat yang Fungsionalitas

Demikian beberapa ulasan tentang manfaat menanam pohon, semoga bisa menambah wawasan Anda seputar lingkungan dan juga bisa menjadi sebuah pedoman, bagaimana harusnya menjaga kondisi leingkungan agar tetap baik dan bersih. Semoga bermanfaat!

Comment

Artikel Terkait