oleh

7 Kesalahan Meletakkan Barang, Ingat Ini Berbahaya Loh!

Kesalahan meletakkan barang di rumah terkadang juga menjadi penyebab terjadinya permasalahan-permasalahan. Bahkan, ada risiko yang berbahaya jika hal ini terus menjadi pembiasaan. Salah satunya terjadi kebakaran rumah yang bisa merenggut nyawa orang yang berada di dalamnya.

Tentunya Anda bertanya-tanya kesalahan meletakkan barang seperti apa yang tidak boleh lagi dilakukan di rumah-rumah. Nah, sebagian kecil jawaban dari pertanyaan tersebut akan dijelaskan di artikel ini. Jadi silakan dibaca lalu jadikan dasar kewaspadaan Anda, dan ini dia ulasannya:

1. Meletakkan Sepatu di Kolong

Kebiasaan masyarakat yang harus segera diubah saat sudah tiba di rumah ialah meletakkan sepatu di kolong. Baik di kolong ranjang, kolong lemari, kolong meja dan sejenisnya. Perilaku ini tidak boleh dilakukan karena sepatu tersebut berpotensi dijadikan sarang oleh hewan yang beracun.

Tentunya ini sangat berbahaya kalau keesokan harinya sepatu tersebut akan digunakan kembali. Hewan tersebut pasti menyengat kaki dan akan membuat Anda merasa kesakitan. Untuk itu jangan membiasakan diri meletakkan sepatu di bawah kolong apalagi dalam waktu yang agak lama.

2. Menempatkan Tumpukan Kertas di dekat Kompor

Salah satu kebiasaan yang sangat berbahaya untuk dilakukan ialah menempatkan tumpukan kertas di dekat kompor. Karena dikhawatirkan, jilatan api dari kompor bisa menyambar kertas-kertas tersebut sehingga api menjadi membesar. Risiko akan semakin bertambah kalau pada saat peristiwa terjadi, orang seisi rumah tidak menyadarinya.

Salah satu risiko bahaya akibat peristiwa di atas adalah kebakaran yang hebat. Efeknya bukan hanya menghanguskan rumah tetapi nyawa penghuni rumah juga bisa terancam. Untuk itu, jangan tempatkan tumpukan kertas berdekatan dengan kompor. Lebih jauh dari itu, lakukan penjagaan ketat ketika kompor sedang menyala dan jangan sampai ditinggalkan.

Baca Juga  Wow! Ini Dia 8 Manfaat Bangun Pagi untuk Tubuh dan Mental yang Bisa Kamu Rasakan
3. Menaruh Gelas di Ujung Meja

Menaruh gelas di ujung meja juga termasuk kebiasaan yang tidak baik. Biasanya ini dilakukan oleh orang yang minum tetapi dalam keadaan sedang terburu-buru. Akhirnya di mana ada tempat kosong, maka diletakkan saja gelas tersebut di sana. Padahal, ini sangat berbahaya karena bisa melukai jika gelas tersebut terjatuh dan pecah.

Untuk itu, kalau melihat gelas berada di ujung meja, segera pindahkan ke posisi tengah atau dibawa saja lalu letakkan di tempat yang semestinya. Selain itu, jauhkan benda ini dari jangkauan si kecil terutama mereka yang sudah bisa berjalan. Karena biasanya rasa keingintahuan anak-anak di usia ini begitu tinggi.

4. Meletakkan Benda Tajam di Ketinggian

Kesalahan meletakkan barang yang berikutnya ialah meletakkan benda tajam di ketinggian. Seperti meletakkan pisau dan gunting di atas lemari. Yang namanya benda diletakkan di atas ketinggian, tentu potensi untuk terjatuh sangat besar. Dan ini sangat beresiko karena benda tersebut bisa melukai Anda atau orang lain yang kebetulan berada berdekatan.

Kalau Anda sedang mencari sesuatu di atas lemari, pastikan tangan tidak tersenggol sesuatu. Dan usahakan bisa melihat seluruh isi atas lemari tersebut secara penuh. Karena jika hanya tangan yang dijulurkan ke atas, dikhawatirkan akan menyenggol benda-benda yang tajam. Nah, jika benda ini terjatuh, tentu bahayanya sangat luar biasa.

5. Menempatkan Barang Beracun Sembarangan

Bagi Anda yang memiliki anak kecil lebih baik tidak menempatkan barang beracun sembarangan. Seperti di antaranya obat nyamuk, cairan pembersih lantai, parfum khusus orang dewasa dan sejenisnya. Pasalnya, benda-benda ini dikemas dengan menarik sehingga khawatir akan didekati oleh anak-anak.

Baca Juga  Apa Saja Faktor Pembentukan Karakter Pada Individu?

Untuk itu, tempatkan benda-benda beracun di tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak. Kalau perlu sembunyikan dan diambil saat akan digunakan saja. Ini lebih aman serta Anda tidak perlu khawatir kalau barang tersebut tersentuh apalagi terminum oleh si kecil.

6. Meletakkan Barang Pecah Belah di Lantai

Seharusnya, Anda meletakkan barang pecah belah di tempat yang memang semestinya. Bukan membiarkannya tergeletak begitu saja di lantai. Karena dikhawatirkan barang mudah pecah tersebut akan terinjak dan akan membuat kaki si penginjak akan terluka. Untuk itu waspadalah, terutama bagi Anda yang memiliki anak kecil di rumah.

Barang pecah belah yang dimaksud seperti piring, gelas, cermin mini, kaca rias dan lain sebagainya. Silakan tempatkan benda-benda semacam ini di tempat yang lebih aman. Untuk itu, kalau Anda sedang membersihkan rumah, silakan rapikan barang semacam ini terlebih dahulu baru melakukan kegiatan pembersihan yang lain.

7. Memarkir Sepeda Motor di Dekat Akuarium

Terkadang, orang meletakkan akuarium berdekatan dengan garasi sepeda motor. Itu artinya, si empunya rumah selalu memarkir kendaraan berdekatan dengan benda tersebut. Sejatinya ini sangat beresiko. Salah satunya akuarium akan pecah berantakan jika sepeda motor tersebut roboh. Dan jika orang rumah tidak menyadari ada pecahan kaca, maka pasti garasi akan dimasuki begitu saja terutama di malam hari saat kondisi sedang gelap.

Maka dari itu, pindahkan akuarium ke tempat lain yang lebih aman. Biarkan garasi dijadikan sebagai tempat memarkir sepeda motor saja. Kalau pun bermasalah dengan luas ruang, maka Anda harus bisa memilih antara keduanya. Bukan justru memasangnya berdekatan yang berpotensi menimbulkan bahaya.

Informasi seputar kesalahan meletakkan barang di atas jangan hanya dijadikan sebagai angin lalu saja. Melainkan Anda harus benar-benar mematuhi dan memastikan untuk tidak pernah lagi melakukannya. Toh ini demi keamanan Anda sendiri beserta keluarga yang berada di dalam rumah tersebut. Dan ingat, potensi bahaya yang akan dihasilkan darinya begitu luar biasa hingga bisa mengancam nyawa.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Publikasi Terkait Lainnya