by

5 Sayuran yang Mudah ditanam di Rumah

Sayuran memang memiliki segudang manfaat untuk menunjang kesehatan. Sehingga mengonsumsi makanan satu ini dapat dikatakan penting. Namun, bila kamu ingin menanamnya di rumah maka perlu untuk mencari jenis sayuran yang mudah ditanam. Sehingga, dapat tumbuh dengan baik dan tidak memakan banyak tempat.

Pilihlah jenis sayuran yang memang kamu sering konsumsi. Dengan begitu, sayuran tidak akan mubazir. Jika memang belum pernah menanam sayuran, kamu bisa minta tolong pada tetangga atau anggota keluarga mengenai tata cara menanamnya.

Sayuran yang Mudah Ditanam

Ada beberapa jenis sayuran yang bisa ditanam di rumah. Sehingga, kamu tidak perlu repot-repot untuk membelinya di pasar. Namun, sebelum memutuskan akan menanam jenis sayur apa, pastikan untuk menyiapkan tempat untuk sayurannya.

Sehingga, kamu dapat memperkirakan seberapa banyak dan jenis apa yang akan ditanam. Jika kamu bingung, mengenai sayuran mana saja yang akan ditanam. Kamu dapat mencoba beberapa sayuran di bawah ini!

1. Tomat

tanaman tomat pada latar belakang putih - tomat potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Jika kamu memilih tomat sebagai sayuran yang akan ditanam, maka kamu perlu memulainya dengan proses penyemihan benis. Sebaiknya, menggunakan media tanah yang tidak terlalu padat. Kamu dapat menggunakan berbagai jenis seperti arang sekam, pupuk, maupun campuran tanah. Kenapa harus seperti ini? Alasannya karena hal tersebut dapat membuat aliran air pada tanah lancar.

Setelah media siap, maka mulailah dengan penyemaian benih. Kamu dapat meletakan benih tomat pada media tanam yang telah disiapkan. Selain itu, kamu perlu memperhatikan lokasi dari penanaman tomat. Apakah memiliki pencahayaan yang cukup atau tidak. Pasalnya, cahaya matahari dapat mempengaruhi pertumbuhan sayuran jenis ini. Maka pastikan tanaman mendapatkan pencahayaan yang cukup.

Jika tomat tidak langsung ditanam ke tanah, kamu dapat menggunakan polybag ataupun pot. Selain itu, pastikan pula tanaman jenis ini memiliki jarak sekitar 5 cm apabila ditanam dengan cara sejajar. Hal ini dilakukan untuk menghindari terhambatnya pertumbuhan tomat.

Baca Juga  Bisa Untung Besar, Simak 5 Tips Berkebun di Rumah Selama Pandemi
2. Bayam

bayam bayi di kebun - bayam potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Sayuran ini, sepertinya telah banyak diketahui oleh sebagian besar penduduk Indonesia. Pasalnya, bayam menjadi salah satu makanan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia. Kabar sebaiknya, tanaman ini dapat ditanam di rumah. Sehingga, kamu tidak perlu menyiapkan banyak lahan untuk menanamnya.

Selain itu perawatan maupun proses penanaman untuk sayur bayam pun, cenderung mudah. Dengan begitu, sayuran ini cocok untuk ditanam di rumah. Pastikan sebelum menanam kamu telah menyiapkan medianya. Untuk hal ini kamu dapat membuatnya dari tanah yang telah tercampur dengan pupuk alami seperti, kompos maupun pupuk kandang.

Selain itu, siapkan pula polybag atau pot dan air. Kemudian, setelah semuanya lengkap maka lakukanlah penyemaian benih dari sayuran bayam. Lakukan tata caranya selanjutnya seperti menanam sayuran tomat. Prose penyemaian ini sendiri berlangsung dengan rentan waktu satu bulan. Kemudian, setelah tanaman bayam ini berkecambah maka pindahkanlah pada media tanam lainnya.

Seperti pot atau polybag yang lebih besar lagi dibandingkan dengan media tanam sebelumnya. Usahakan tanaman bayam ini berada dalam suhu lingkungan yang lembab. Hal tersebut dapat dijaga dengan cara menyiram tanaman tersebut secara rutin

3. Sawi

mustard daun hijau - sawi potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Sayuran sawi ini, cocok untuk dimasak dengan berbagai bahan makanan lainnya. Seperti daging ayam, tahu, tempe, dan lain sebagainya. Jika kamu ingin menanamnya, sebenarnya cukup mudah sekalipun itu di rumah. Prosesnya hampir sama seperti  tanaman sayuran sebelumnya. Namun,  dalam perawatannya sayuran ini memiliki cara berbeda.

Dimana ketika kamu menanamnya di daerah dingin, maka selalu pastikan bahwa tanaman ini di tanam di luar. Sehingga dapat terkena sinar matahari secara langsung. Sedangkan apabila kamu ingin menanamnya di  daerah panas, tanamlah sayuran in di bawah pohon yang rindang atau media tanamnya terlindungi dari paparan sinar matahari langsung. Pastikan pula untuk menyiramnya secara rutin, Sehingga kelembabannya terjaga.

Baca Juga  5 Jenis Tumbuhan yang Cocok Ditanam Pada Musim Hujan
4. Selada

petani menanam bibit muda - selada potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Hal yang perlu kamu perhatikan ketika akan menanam sayuran ini adalah memilih benih yang memiliki kualitas yang baik. Kemudian, siapkanlah media tanamnya sebaik mungkin. Kamu bisa membuatnya dari tanah gembur atau pun bahan lainnya seperti halnya tanaman sayur yang lainnya. Selain itu, cara penyemaian nya pun sama.

Setelah muncul kecambah pada tanaman ini, maka pindahkan ke media yang lebih luas dari sebelumnya. Biasanya, kecambah ini muncul setelah dua hari didiamkan. Sebaiknya, kamu pun perlu menjaga kelembabannya agar tetap terjaga. Dengan begitu selada pun dapat tumbuh dengan baik tanpa hambatan.

Sehingga, setelah selada siap dipanen kamu cukup memakainya saja. Praktis bukan? Jika kamu sering nonton drama korea, kamu pasti sering melihat orang korea memakan salada segar bersama daging yang telah dibakar.

5. Buncis

buncis - buncis potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Buncis merupakan salah sayuran yang banyak dikonsumsi. Bahkan bukan hanya masyarakat Indonesia saja. Bahkan di hampir di seluruh dunia. Pasalnya, sayuran ini dapat dipadupadankan dengan aneka masakan lainnya. Seperti halnya steak, tumis dan lain sebagainya. Jika kamu menyukai atau senang mengkonsumsi sayuran ini. Kamu dapat menanamnya di rumah.

Bagaimana caranya? Yaitu dengan menyiapkan media tanam yang diisi oleh tanah dan dicampur dengan kompos, dan ditempatkan di pot atau polybag. Selain itu, kamu perlu menyiapkan benih yang berkualitas, menjalankan proses dan perawatan yang maksimal.

Sehingga buncis dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Sebaiknya, buncis ditanam pada kedalaman 2 cm dan letakkanlah 3 biji benih dalam satu lubang. Biasanya membutuhkan waktu selama dua minggu untuk berkecambah. Buncis akan dipanen dalam waktu kurang lebih sekitar 45 hari.

Sayuran yang mudah ditanam di rumah, memiliki manfaat untuk kesehatan secara fisik. Selain itu, dapat pula memberikan kepuasan dan kesenangan tersendiri bagi orang yang menanamnya. Tentu hal ini, dapat membuat kamu terhindar dari stress.

Comment

Artikel Terkait