by

5 Hal Kecil yang Dapat Kamu Lakukan untuk Melindungi Bumi Kita

Saat ini, emisi gas rumah kaca terus mengalami peningkatan. Hal tersebut disebabkan karena semakin tingginya aktivitas manusia yang memanfaatkan bahan bakar fosil.

Emisi gas rumah kaca sangat berdampak pada keberlangsungan kehidupan di bumi. Sehingga, diperlukan suatu tindakan yang dapat membantu mengurangi emisi gas rumah kaca untuk melindungi bumi kita.

Akan tetapi, kesadaran setiap individu untuk melindungi bumi sangatlah minim, sedangkan kegiatan berkelompok dilakukan hanya sebagai kewajiban untuk organisasi, bukan kewajiban setiap orang untuk melindungi bumi.

Oleh karena itu, berikut ini 5 hal kecil yang dapat kamu lakukan sendiri untuk melindungi bumi kita.

1. Kurangi Penggunaan Air

Langkah pertama untuk melindungi bumi kita adalah dengan mengurangi penggunaan air. Ketika kamu melihat keran bocor, maka lakukan sesuatu seperti menampungnya, di dalam wadah besar atau memperbaiki keran tersebut yang bocor.

Hal lainnya yang dapat kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan kembali air yang sudah digunakan atau reuse water.

Contohnya seperti menggunakan botol air minum sendiri, daripada setiap saat membeli minuman kemasan, sehingga kamu akan menghemat lebih banyak uang dan membantu mengurangi banyak sampah plastik dalam proses aktivitasmu.

2. Kurangi Mengendarai Kendaraan Berbahan Bakar Fosil

Ketika kamu memilih menggunakan sepeda motor untuk pergi ke toko sejauh 500 meter, maka kamu telah menyumbang emisi gas rumah kaca yang dapat membahayakan bumi kita.

Bayangkan jika sehari kamu telah berkendara sejaauh 10 km, berarti berapa banyak emisi gas rumah kaca yang telah kamu sumbangkan untuk bumi kita?

Maka dimulai dari sekarang, kamu dapat beralih ke aktivitas berjalan kaki, mengendarai sepeda atau juga bisa dengan menaiki kendaraan umum. Hal tersebut dapat kamu lakukan, untuk menjadi lebih sehat dan juga untuk melindungi bumi tercinta kita.

Baca Juga  Hal Terbaik Jaga Kesehatan Tubuh: Tidur Dengan Cara yang Lebih Baik Menurut Kesehatan
3. Lakukan Konsep 3R (Reduce, Reuse, Recycle)

Dengan melakukan konsep 3R yaitu Reduce, Reuse dan Recycle maka kamu telah ikut berkontribusi untuk melindungi bumi kita. Reduce artinya mengurangi, hal ini dapat kamu lakukan dengan mengurangi penggunaan kantong belanja plastik, dengan menggunakan kantong belanja yang terbuat dari kain.

Reuse artinya menggunakan kembali, hal ini bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan kembali kardus bekas menjadi kotak untuk menyimpan buku atau lainnya.

Dan terakhir recycle artinya mendaur ulang, kamu dapat mendaur ulang botol kemasan plastik menjadi tempat pot untuk bunga atau sebagainya.

4. Lakukan Pengomposan Sederhana

Kompos adalah bahan organik terurai yang dihasilkan, ketika bakteri di dalam tanah memecah sampah dan sampah yang dapat terurai secara hayati, menghasilkan produk yang kaya akan mineral, yang merupakan amandemen taman atau lansekap yang ideal.

Faktanya, itu adalah amandemen alam yang sempurna dan dapat ditambahkan ke tanah kapan saja, sepanjang tahun tanpa takut membakar tanaman atau mencemari air.

Cara membuat kompos sangatlah mudah, yaitu dengan memanfaatkan bahan-bahan sisa buah-buahan dan sayuran. Kemudian ditambahkan suatu zat agar sampah cepat terurai, dan diletakkan dalam wadah besar yang kedap air maka kamu telah selesai membuat kompos.

5. Tanami Pohon Di sekitar Rumah

Dengan menanam pohon maka kamu telah berjuang untuk menambah suplai oksigen di bumi ini. Selain itu, pepohonan di sekitar rumah juga dapat memberikan nilai keindahan dan kenyamanan ketika melihatnya.

Kamu juga dapat menanam pohon yang berbuah, sehingga ketika pohon sedang musim berbuah kamu dapat menikmatinya bersama keluarga.

Melindungi bumi adalah kewajiban bagi setiap manusia sebagai salah satu makhluk yang hidup di bumi, maka juga harus ikut melindunginya. Selalu bahwa hal besar dan menakjubkan selalu dimulai dari hal kecil yang dianggap bukan apa-apa.

Comment

Artikel Terkait