by

5 Alasan Pentingnya Membersikan Lingkungan Sekitar

Dalam agama Islam sangat dianjurkan bagi umatnya untuk senantiasa menjaga kebersihan. Ada salah satu hadits yang berbunyi demikian, bahwa “kebersihan adalah sebagian dari Iman”. Hadis ini merupakan sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan Abi Malik al-Asy’ari.

Maka dari itu, sebagai manusia beriman sudah seharusnya untuk selalu memelihara kebersihan, khususnya lingkungan sekitar.

Pentingnya membersihkan lingkungan mempunyai banyak manfaat, selain timbulnya rasa nyaman juga mempunyai peranan penting, dalam segi kesehatan serta masih banyak hal-hal positif lainnya. Berikut adalah penjelasan mengenai betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

1. Keadaan Lingkungan yang Bersih Dapat Membuat Nyaman Ketika Menjalankan Aktifitas Sehari-hari
Young woman picks up trash in park Beautiful young Asian woman bends down to pick up trash in the park. Male volunteers pick of trash behind her. They are wearing gray volunteer t-shirts. clean environment stock pictures, royalty-free photos & images
Membersihkan Lingkungan (Foto: istockphoto.com)

Siapa sih yang tidak ingin lingkungannya menjadi bersih? Tentu semua orang mendambakan hal tersebut. Dengan demikian, maka aktivitas sehari-hari yang biasa Anda lakukan menjadi lebih tenang dan nyaman, lantaran keadaan sekitar sudah terbebas dari kotoran.

Banyangkan saja dengan kondisi lingkungan yang kotor tentu akan menimbulkan kesan tidak nyaman, jangankan melakukan aktivitas, keluar rumah saja mungkin ogah-ogahan. Jadi menciptakan kondisi lingkungan yang bersih harus wajib dilakukan, karena berperan pada kelangsungan hidup Anda.

2. Jauh Dari Penyakit yang Akan Mempengaruhi Kesehatan Anda
Woman cleaning desk Mature woman cleaning and disinfects table in home office with a disinfectant and a rag. On the table is a model of a corona virus. clean environment stock pictures, royalty-free photos & images
Mengusir Kuman dan Virus (Foto: istockphoto.com)

Selain mebuat daerah sekitar Anda menjadi bersih jauh dari kotoran, dengan menjaga kebersihan lingkungan secara rutin dan teratur, setiap harinya akan membawa efek positif bagi kesehatan, misalnya bisa terhindar dari penyakit menular yang disebabkan oleh kurang bersihnya kondisi sekitar.

Dengan melakukan kegiatan rutin, seperti membersihkan selokan sekitar rumah, membuang sampah pada tempatnya akan dapat mencegah terjadinya hal yang tidak menguntungkan tersebut. Jadi mulai sekarang, biasakanlah untuk selalu menjaga dan memelihara lingkungan agar terhindar dari penyakit.

3. Menjadikan Lingkungan Lebih Tertata Rapi, Sehingga Nyaman Untuk Ditinggali
Group of kids school volunteer charity environment Group of kids school volunteer charity environment clean environment stock pictures, royalty-free photos & images
Lingkungan yang bersih (Foto: istockphoto.com)

Alasan berikutnya mengapa perlu menjaga kebersihan adalah lingkungan menjadi terlihat rapi, jadi siapa pun yang akan tinggal disitu merasa nyaman dan tentram. Jika sebaliknya daerah yang dihuni berada pada kawasan yang kotor, maka rasa nyaman yang timbul bukan lagi kenyamanan.

Baca Juga  Ketahui 5 Fakta Tentang Jeruk Nipis yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Selain itu, dengan lingkungan yang tertata rapi dan bersih, tentu akan membuat orang sekitar Anda menjadi tenang. Jadi penilaian orang terhadap Anda pun menjadi baik, sehingga ketika ada seorang tamu yang berkunjung kerumah Anda, akan merasa tidak risih, malah membuat tamu tersebut betah.

4. Terbebas Dari Polusi Udara Karena Lingkungan yang Sejuk
Modern living room with large open door to nature 3d render Modern living room 3d render.The Rooms have wooden floors ,decorate with white fabric sofa,There are large open sliding doors, Overlooks wooden terrace and big garden. clean environment stock pictures, royalty-free photos & images
Lingkungan bersih udara segar (Foto: istockphoto.com)

Dengan menerapkan sebuah agenda atau jadwal rutin bersih-bersih setiap hari, tentu akan merubah suasana rumah Anda menjadi segar dan lebih terkesan sejuk. Jadi itu akan mencegah terjadinya polusi udara, yang dapat mengganggu kesehatan Anda.

Biasakannlah menyapu halaman, semua ruangan dalam rumah, kamar, atau ruangan lainnya pada rumah Anda. Tujuannya agar untuk menghilangkan debu-debu atau kotoran kecil, penyebab polusi dalam lingkungan sekitar rumah Anda.

5. Kebersihan Air Lebih Terjaga
closeup water flow to hand of women for nature concept on the garden background. closeup water flow to hand of women for nature concept on the garden background. clean environment stock pictures, royalty-free photos & images
Air bersih (Foto: istockphoto.com)

Tentu saja dengan terciptanya kondisi bersih pada linkungan sekitar Anda akan berdampak juga pada kebersihan air. Tercemarnya air karena keadaan kawasan yang kumuh atau kotor, menjadi masalah bagi kebanyakan orang, selain menurunnya kualitas air juga dapat mempengaruhi kesehatan.

Untuk mencegah hal tersebut, Anda bisa mulai dari membersihkan selokan sekitar rumah, saluran pembuangan pada dapur, kamar mandi, ataupun yang lainnya. Semakin sering anda melakukan cek kebersihan, maka kemungkinan air pada rumah Anda tercemar akan berkurang.

Demikian penjelasan mengenai pentingnya membersihkan lingkungan sekitar atau dalam rumah Anda. Sebenarnya masih banyak manfaat yang didapat dari hal tersebut, jadi mulai saat ini biasakanlah untuk selalu mengecek kondisi rumah agar selalu dalam keadaan bersih.

Comment

Artikel Terkait