by

25 Tumbuhan yang “Meminjam” Nama Hewan

Pinjam-meminjam tidak hanya terjadi di dunia manusia. Masa, sih? Bener, loh! Pinjam-meminjam juga terjadi di dunia tumbuhan. Mereka “meminjam” nama hewan. Kok bisa begitu, ya? Pasti ada alasannya. Pada umumnya, nama hewan “dipinjamkan” kepada tumbuhan dikarenakan tumbuhan tersebut terlihat mirip dengan hewan yang dimaksud. Atau, mirip dengan bagian tubuh hewan tertentu. Seperti paruh atau cakar.

Di sini ada 25 contoh tumbuhan yang meminjam nama hewan. Hmm… kira-kira nama tersebut beneran cocok nggak ya bagi si tumbuhan? yuk simak ulasan berikut ini.

1. Cocor Bebek (Kalanchoe pinnata)

foto closeup bryophyllum daigremontianum (cocor bebek) - cocor bebek potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Tumbuhan ini dinamakan cocor bebek karena daunnya terlihat mirip cocor atau paruh hewan bebek. Cocor bebek adalah jenis tanaman hias yang mudah dikembangbiakkan. Ciri khas lainnya adalah daunnya yang tebal berdaging. Mengandung banyak air. Batangnya lunak dan memiliki ruas. Sepintas, mirip dengan kaktus.

Bagaimana cara berkembang biaknya? Tumbuhan ini berkembang biak dengan tunas daun. Tunas daun ini terdapat di bagian tepi daun. Tumbuhan ini mudah tumbuh di beragam tempat. Jangankan di tanah subur, di parit dan di tanah berbatu pun tanamanini dapat hidup.

2. Bunga Tahi Ayam (Lantana camara)

bunga lantana meksiko - lantana camara potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Bunga tahi ayam berbentuk payung dan memiliki aneka warna. Mulai dari warna kuning, merah muda, ungu, hingga kuning kemerahan. Kamu pasti dapat menerka mengapa bunga cantik ini dinamakan bunga tahi ayam. Ya, alasan pemberian nama tersebut dikarenakan bau bunganya yang tidak menyenangkan.

Bunga tahi ayam merupakan tumbuhan liar yang dapat tumbuh subur di daerah beriklim tropis dan sub-tropis, serta mudah ditemukan di pekarangan. Khasiat obat tumbuhan ini cukup banyak. Misalnya, untuk mengobati bisul, infeksi kulit, demam dan sakit perut. 

3. Bunga Kupu-Kupu (Oxalis Triangularis)

kamar menanam oxalis dengan bunga merah muda kecil yang halus. - oxalis triangularis potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Bunga kupu-kupu termasuk tanaman rambat yang berkembang lambat. Disebut juga purple shamrocks atau tanaman cinta. Nama bunga ini diperoleh karena bentuk segitiga pada daunnya yang menyerupai kupu-kupu.

Ada satu lagi nih keunikannya. Daun tumbuhan ini bersifat fotofilik, yaitu dapat membuka dan menutup sendiri akibat respon cahaya. Sifat ini juga dimiliki oleh tumbuhan calathea. 

4. Bunga Kakatua (Impatiens psittacina)

tidak sabar psittacina - impatiens psittacina potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Bunga kakatua dikenal juga dengan nama parrot flowers. Jika dilihat dari samping, bentuk bunganya memang menyerupai burung kakatua berwarna ungu. Susunan kelopak bunganya yang sedikit dan mengembang tampak seperti sayap dan ekor burung yang sedang terbang.

Bunga khas Asia Tenggara ini dapat ditemukan di hutan hujan tropis Thailand, India, atau Myanmar. Bunga kakatua merupakan jenis tumbuhan yang dilindungi. Pada awal foto-foto tumbuhan ini beredar di Internet, banyak orang yang menganggapnya sebagai foto yang sudah diedit. Kemiripannya dengan burung asli memang luar biasa. 

5. Bunga Cenderawasih (Stelitzia reginae)

burung bunga surga - bunga cendrawasih potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Bunga cenderawasih dikenal juga dengan nama bunga burung surga. Dari namanya, dapat dibayangkan keindahan bunganya. Keindahannya diibaratkan seperti burung cenderawasih yang dikenal sebagai salah satu burung berbulu indah.

Bunga yang berasal dari Afrika Selatan ini dapat tumbuh sekitar 1 sampai 1,5 meter. Walaupun bunga ini memerlukan cukup cahaya matahari, tetapi dia juga dapat ditanam di tempat teduh asalkan bersuhu hangat. 

6. Bunga Kelelawar Hitam (Tacca chantrieri)

bunga kelelawar hitam kecoklatan - tacca chantrieri potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Biasanya bunga berwarna cerah, bukan? Nah, berbeda dengan bunga yang satu ini. Warnanya nyaris hitam sempurna dan sedikit seram. Mirip warna kelelawar. Jika kamu perhatikan, tumbuhan ini memiliki “kumis” yang cukup panjang. Panjangnya bisa mencapai 70 sentimeter.

Baca Juga  5 Fakta Tanaman Bonsai Beserta 3 Rekomendasi Tanaman Bonsai Terbaik

Habitat asli tanaman ini adalah hutan tropis. Di habitatnya, tumbuhan yang termasuk langka ini bisa tumbuh hampir setinggi 1 meter. Sejak dulu, masyarakat Tiongkok dan Thailand sudah memanfaatkannya sebagai obat tradisional. 

7. Buah Naga (Selenicereus dan Hylocereus)

buah naga atau hylocereus pada tanaman, buah naga segar tumbuh di kebun di thailand. adalah buah dari beberapa spesies kaktus yang berasal dari amerika. - tanaman buah naga potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Di Indonesia, buah naga mulai populer sejak pertengahan tahun 2000. Apakah kamu tahu kalau buah naga termasuk kelompok tumbuhan kaktus? Ya, buah naga termasuk kelompok kaktus, tepatnya berasal dari genus Selenicereus dan Hylocereus.

Nama buah naga diterjemahkan langsung dari namanya dalam bahasa Inggris, yaitu dragon fruit. Dinamakan begitu karena tekstur kulit buahnya bersisik seperti kulit naga dalam dongeng. 

8. Lidah Buaya (Aloe vera)

tanaman lidah buaya - lidah buaya potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Tumbuhan lidah buaya diduga berasal dari kepulauan Canary yang terletak di sebelah barat Afrika. Sejak ribuan tahun yang lalu, tumbuhan lidah buaya telah dikenal sebagai bahan obat dan kosmetik. Dalam berbagai sumber disebutkan bahwa pada Ratu Cleopatra memanfaat lidah buaya sebagai bahan pelembab kulit.

Tanaman lidah buaya dapat menutup stomata daun sampai rapat pada musim kemarau. Tujuannya adalah untuk menghindari kehilangan air dari daunnya. Lidah buaya termasuk tanaman yang tahan kekeringan. Selain dapat tumbuh di daerah kering, lidah buaya juga dapat tumbuh di daerah yang dingin. 

9. Daun Kaki Kuda (Centella asiatica)

hijau centella asiatica daun di taman alam - centella asiatica potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Kamu mungkin tidak asing dengan tumbuhan merambat yang satu ini. Daun kaki kuda seringkali tumbuh liar di halaman rumah. Dia menyukai tempat yang agak lembap, terbuka, dan teduh. Daun kaki kuda dikenal juga dengan nama daun pegagan atau antanan.

Pada umumnya, daun pegagan dikonsumsi sebagai lalapan. Namun, ada juga yang mengolahnya menjadi krem, salep atau obat jerawat. 

10. Jambu Monyet (Anacardium occidentale)

buah kacang mete - anacardium occidentale potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Buah yang termasuk langka ini tumbuh tersebar di seluruh Indonesia dengan nama yang berbeda-beda. Di Sumatra Barat disebut jambu monye, di Lampung disebut gayu, di Jawa Barat disebut jambu mede, di Bali disebut jambu jipang, dan di Sulawesi Utara disebut buah yaki.

Buah jambu monyet berdaging lunak, berair, bewarna kuning hingga kemerahan. Di bagian bawahnya terdapat biji keras berbentuk seperti ginjal, berwarna cokelat kehitaman. Menurutmu, mengapa tumbuhan ini “meminjam” nama monyet? Apakah karena buahnya terlihat seperti monyet yang sedang bergelantungan? 

11. Anggrek Monyet (Dracula simia)

anggrek dengan wajah seperti monyet - anggrek monyet potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Terlihat jelas gurat mata, hidung, dan bibir monyet pada bunga anggrek yang termasuk langka ini. Anggrek monyet termasuk ke dalam genus Dracula. Tumbuhan yang termasuk dalam genus ini memiliki ciri dua kelopak daun yang runcing layaknya taring drakula.

Anggrek monyet memerlukan waktu sekiranya 3 hingga 8 tahun untuk mekar. Oh iya, anggrek ini memiliki aroma yang tidak kalah unik dengan bentuknya, loh. Aromanya menyerupai buah jeruk yang sudah matang. Wah, apakah kira-kira namanya perlu ditambah kata “jeruk” selain kata “monyet”? 

12. Pakis Monyet (Cibotium barometz)

cibotium barometz, dicksoniaceae - cibotium barometz potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Ternyata tidak hanya jambu dan anggrek saja yang “meminjam” nama monyet. Pakis yang berbulu layaknya seekor monyet ini pun turut serta “meminjam” nama monyet. Bulu-bulu pada pakis tersebut tidak boleh sering dipegang. Alasannya adalah karena dapat mempengaruhi pertumbuhannya.

Pakis monyet juga dikenal sebagai pakis emas atau pakis Sun Go Kong. Sun Go Kong adalah nama tokoh kera sakti dalam sebuah legenda Tiongkok. Habitat asli pakis monyet adalah di dataran tinggi yang jarang terkena sinar matahari. Jadi, jika kamu menjadikannya sebagai tanaman hias di rumahmu, sebaiknya letakkan dia di teras atau di dalam rumah. 

13. Ekor Tupai (Asparagus densiflorus)

asparagus foxtail fern (asparagus densiflorus meyeri) - asparagus densiflorus potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Dari bentuknya, terlihat kalau tumbuhan ekor tupai merupakan tanaman yang unik. Bentuknya menyerupai ekor tupai yang berbulu tebal. Tumbuhan hias jenis kaktus ini mudah tumbuh. Dapat ditanam secara berkelompok dan ditempatkan di dalam pot. Untuk hasil yang cantik dan terlihat rimbun, kamu bisa menanamnya minimal lima tanaman pada satu lubang tanam. 

14. Kumis Kucing (Orthosiphon aristatus)

orthosiphon aristatus adalah tanaman. - orthosiphon aristatus potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Tumbuhan ini dapat dikenali dari bunganya yang berwarna putih atau ungu, dengan benang sari panjang yang terlihat mirip kumis kucing. Dari ciri itulah nama tumbuhan ini diperoleh.

Baca Juga  Tragis, Ini 6 Penyebab Tawuran antar Remaja

Kumis kucing merupakan tanaman obat yang di Indonesia dikenal dengan berbagai nama. Di Sumatra disebut giri-giri marah, di Jawa Tengah dan Jawa Timur disebut remujung, dan di Madura disebut songot koneng. Kumis kucing pada umumnya digunakan untuk melawan infeksi bakteri, seperti pada luka di kulit atau gusi. 

15. Kuping Gajah (Anthurium Clarinervium)

daun berbentuk hati, tanaman anthurium clarinervium dengan sinar matahari pagi di taman tropis. - anthurium clarinervium) potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Kuping gajah adalah salah satu jenis tanaman hias yang banyak penggemarnya. Bentuk dan ukurannya memang menyerupai kuping gajah. Kuping gajah hidup di daerah tropis. Oleh karena itu, jika kamu ingin memeliharanya, letakkan dia di tempat yang sejuk dan tidak terpapar langsung oleh sinar matahari. Daun kuping gajah akan menjadi kuning dan kering jika terlalu banyak terpapar sinar matahari. 

16. Rumput Gajah (Pennisetum purpureum)

serier rumput selama cahaya pagi pada daun. hal ini juga dikenal sebagai rumput gajah atau rumput uganda. ini digunakan sebagai pakan ternak, untuk memeriksa erosi tanah dan meningkatkan kesuburan tanah. menggunakan fokus selektif. - pennisetum purpureum potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Rumput gajah memiliki ukuran besar. Tingginya pun dapat mencapai 7 meter. Rumput gajah termasuk tahan terhadap cuaca panas dan dapat tumbuh dengan cepat. Kandungan nutrisinya cukup tinggi sehingga biasa dimanfaatkan sebagai pakan ternak, seperti sapi dan kambing. Dalam bahasa Inggris, rumput gajah dikenal dengan sebutan elephant grassnaper grass, atau Uganda grass. 

17. Rumput Lidah Ular (Hedyotis diffusa Wild)

hedyotis - hedyotis diffusa wild potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Rumput lidah ular dikenal juga dengan nama rumput mutiara. Tumbuhan ini hidup dengan baik di alam terbuka. Dia dapat dengan mudah ditemukan di tempat yang lembab seperti ladang, selokan, halaman rumah, atau di pinggir-pinggir jalan yang cukup paparan sinar matahari.

Tumbuhan ini memiliki khasiat obat. Di Tiongkok, India, dan wilayah Asia Tenggara, rumput lidah ular sering dipergunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit. 

18. Lili Kobra (pitcher California)

darlingtonia californica, juga disebut pabrik pitcher california - darlingtonia californica potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Nama tumbuhan yang berasal dari California ini terdengar sedikit seram, ya. Setelah melihat bentuknya, perasaan seram itu sepertinya akan semakin bertambah. Bentuknya memang terlihat seperti ular kobra dalam posisi mengancam.

Tumbuhan langka ini merupakan pemakan serangga. Namun, tidak seperti kebanyakan tanaman karnivora lainnya, lili kobra tidak menghasilkan enzim pencernaannya sendiri. Jadi, dia bergantung pada bakteri untuk memecah serangga yang berhasil dimangsanya. 

19. Tanaman Laba-Laba (Chlorophytum comosum)

tanaman laba-laba chlorophytum comosum - chlorophytum comosum potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Tanaman laba-laba berasal dari Afrika. Dedaunannya berbentuk panjang, terkulai dan lebat. Sekilas terlihat seperti kaki-kaki laba-laba. Dedaunannya terus tumbuh menjalar. Sehingga banyak orang yang menjadikannya sebagai tanaman gantung.

Keunikan lain dari tanaman laba-laba adalah kemampuannya memurnikan udara. Menurut NASA’s Clean Air Study, tanaman laba-laba dapat menghilangkan bahan kimia beracun, seperti formaldehida dan xilena. Selain itu, tanaman laba-laba dapat mengurangi stres dan meningkatkan produktivitas. Jadi, kamu boleh banget menjadikan tanaman laba-laba sebagai tanaman hias di rumahmu.

Baca Juga  Manfaat dan Keuntungan Dari Budidaya Tanaman Hidroponik
20. Pakis Tanduk Rusa (Platycerium corronarium)

staghorn besar tergantung di pohon ek hidup - platycerium corronarium potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Pakis tanduk rusa dikenal juga dengan sebutan paku tanduk rusa atau simbar menjangan. Selain bentuk daunnya unik karena mirip dengan tanduk rusa, ukurannya pun bisa melebihi manusia dewasa.

Pakis tanduk rusa pada umumnya tumbuh di cabang-cabang pohon besar, dengan kondisi ternaungi hingga 60% dari cahaya matahari penuh. Jenisnya banyak ditemukan di hutan hujan tropik dengan kelembaban udara relatif tinggi. 

21. Kaktus Kelinci (Opuntia microdasys)

kaktus kecil di rumah saya - opuntia microdasys potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Kaktus kelinci merupakan jenis flora asal Meksiko yang cukup populer di kalangan penggemar tanaman hias. Bentuknya yang menyerupai kelinci bertelinga panjang ini memang tampak menggemaskan. Tapi, jangan remas kaktus kelinci ini, ya. Tanganmu bisa terluka terkena duri-durinya. Kaktus kelinci dikenal juga dengan nama lain yang tidak kalah imut, yaitu kaktus sayap malaikat dan kaktus polkadot.

Kaktus ini mudah dirawat. Namun, pastikan kaktus mendapatkan cukup sinar matahari dan tidak terlalu banyak air.

22. Anggrek Ngengat (Phalaenopsis amabilis)

warna putih indah anggrek bulan atau phalaenopsis amabilis. - phalaenopsis amabilis potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Sepintas bunga anggrek yang dilindungi ini terlihat seperti ngengat yang sedang membentangkan sayapnya. Nama lainnya adalah anggrek bulan atau moon orchid. Anggrek ini tersebar luas di wilayah Indonesia, Malaysia, Filipina, Papua, hingga Australia.

Anggrek ini pertama kali ditemukan pada tahun 1653 di sebuah pulau kecil di lepas pantai timur New Guinea. Penemunya adalah seorang ahli botani lokal, Georgius Rumphius Everhardus. Kemudian, pada tahun 1825, Karl Ludwig Blume memberinya nama seperti yang dikenal sekarang. 

23. Anggrek Bebek Terbang (Caleana major)

bunga yang tidak biasa dari anggrek bebek besar asli australia, caleana mayor, keluarga orchidaceae. dikenal sebagai flying duck orchid karena mereka menyerupai bebek dalam penerbangan. ditemukan di hutan eucalyptus di sydney, nsw - caleana major potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Anggrek bebek terbang atau the hlying duck orchid merupakan bunga khas Australia. Bentuknya ikonik, terlihat sangat mirip seperti bebek yang sedang terbang. Populasi tanaman anggrek ini hanya terdapat di kawasan pedalaman Australia. Konon, lokasi tumbuhnya anggrek ini sengaja dirahasiakan untuk menjaga keberlangsungan hidupnya.

Anggrek ini dapat tumbuh di tempat asalnya karena ada jamur yang membantunya tumbuh dan tetap hidup. Jika akar anggrek dipisahkan dengan tanah asalnya dan dipindahkan ke pot, maka kemungkinan besar anggrek akan mati. 

24. Anggrek Kuntul Putih (Pecteilis radiata)

bunga egret putih / pecteilis radiata - pecteilis radiata potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Pasti banyak yang mengakui kalau bentuk bunga anggrek ini sangat istimewa. Mirip sekali dengan burung kuntul atau bangau yang sedang terbang. Jenis anggrek ini ditemukan di Jepang, Tiongkok, Korea, dan Rusia. Di Jepang, bunga ini dikenal dengan nama sagiso atau anggrek berjumbai, dan menjadi bunga resmi di distrik Setagaya, Tokyo. 

25. Bunga Cakar Kanguru (kangaroo paws)

hijau, merah dan kuning berbunga kanguru paw - kangaroo paws potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Tumbuhan ini diberi nama cakar kanguru atau kangaroo paws bukan karena berkerabat dengan kanguru. Melainkan karena di bagian puncaknya terdapat bagian yang berbentuk seperti cakar kanguru. Bisa tebak apa kesamaan tumbuhan ini dengan kanguru?

Kesamaan bunga cakar kanguru dan kanguru adalah keduanya sama-sama menjadi identitas asli Australia. Bunga cakar kanguru dijadikan sebagai lambang Negara Australia Barat sejak tanggal 9 Oktober 1960. 

Wah, ternyata banyak ya tumbuhan yang “meminjam” nama hewan. Kalau diperhatikan, tumbuhan-tumbuhan tersebut sekilas memang mirip dengan nama hewan yang dimaksud. Eh, bagaimana kalau dibalik? Maksudnya, ada tidak hewan yang namanya meminjam nama tumbuhan, seperti “katak mawar” atau “jerapah kaktus”? HAHHA. Tapi, barangkali kalian tahu contoh yang sebenarnya. Selamat mencari.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Publikasi Terkait Lainnya