by

Ini dia 6 Persiapan Menuju Sholat Khusyu’

Sholat merupakan ibadah yang diwajibkan untuk seluruh umat Islam. Nah, jika ingin mendapatkan pahala dari Allah, tentunya, sholat yang dimaksud adalah sholat khusyu’ atau sholat yang dilaksanakan dengan tenang, nyaman dan tidak terburu-buru.

Untuk itu, seluruh umat muslim harus mengetahui persiapan menuju sholat khusyu’ bahkan jauh-jauh waktu sebelum mengerjakan sholat.

Ada banyak hal yang menjadi persiapan menuju sholat khusyu’. Perihal inilah yang akan dijelaskan secara panjang lebar di bawah ini. Jadi, silakan disimak saja sampai selesai lalu terapkan semampunya. Ini persiapan yang dimaksud:

1. Berwudhu’ dengan Bersungguh-Sungguh

Sebelum mendirikan sholat, umat Islam diwajibkan berwudhu’ terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk membuang kotoran-kotoran dari tubuh. Nah, karena berwudu’ termasuk rangkaian atau tahapan menuju ibadah sholat, tentunya umat Islam tidak boleh mengerjakannya dengan sembarangan.

Untuk sholat yang khusu’ bisa diawali dari aktivitas berwudu’ yang serius atau bersungguh-sungguh. Salah satu caranya ialah, memaknai setiap gerakan membasuh anggota badan, selayaknya sedang membersihkan dosa dari anggota badan tersebut dan dosanya luruh seperti air yang mengalir. Jika hati dan pikiran fokus pada hal seperti ini, tentu pikiran di luar ibadah tidak akan muncul.

Yang dimaksud berwudhu’ dengan bersungguh-sungguh selanjutnya ialah, melakukan wudhu’ dengan tahapan-tahapan yang disunahkan. Artinya, organ yang dibasuh harus runtut dari awal sampai akhir. Bukan justru asal-asalan yang menandakan kalau wudhu’nya kurang fokus.

2. Tidak Berkata-Kata Selain Zikir

Jika hati sudah mantap untuk mendirikan sholat, maka usahakan jangan berkata-kata apapun selain berdzikir kepada Allah. Kalaupun ada orang yang mengajak berbicara tentang duniawi, jangan ditanggapi tetapi tetaplah berdzikir dengan khusyu’ dan tenang. Sebab, sekali membuka mulut untuk berbicara, kadang perkataan itu akan muncul di dalam sholat.

Baca Juga  Tips Merawat Baterai Laptop agar Awet dan Tahan Lama

Ironinya, pada saat menghamparkan sajadah untuk sholat pun, masih saja bercakap-cakap tentang keduniaan. Bahkan ada yang sambil berteriak agar televisi dimatikan, mengajak anak untuk sholat berjamaah, dan perkataan yang lainnya. Kata-kata seperti ini harusnya disampaikan ketika belum berwudhu’ bukan justru setelahnya.

Jika sudah berwudhu’ apalagi sudah menghamparkan sajadah, maka tidak ada perkataan apapun kecuali zikir kepada Allah. Nah, kalau kiat ini dijalankan dengan bersungguh-sungguh akan bisa membawa diri ke dalam sholat yang khusu’. Sholat yang akan menambah pahala dan menghapus dosa-dosa.

3. Memakai Busana Terbaik

Persiapan menuju sholat khusyu’ yang berikutnya adalah memakai busana terbaik. Analogisnya ialah, jika kita akan menemui presiden, kira-kira baju seperti apa yang akan kita gunakan. Apakah baju yang membuat beliau senang dan bangga, atau justru pakaian yang akan membuat beliau murka dan mengusir kita?

Nah, sedangkan di dalam sholat, kita sejatinya menghadap kepada Allah. Tidakkah busana yang kita pakai harus yang benar-benar terbaik. Terbaik di sini tidak harus mahal. Tetapi paling tidak, busana yang digunakan bersih dari najis serta kita secara sadar sangat suka untuk memakai pakaian tersebut.

Busana yang dimaksud juga termasuk sajadah atau tikar yang dijadikan alas untuk sholat. Jika tidak menemukan sajadah atau tikar yang bersih lebih baik tidak menggunakan alas, cukup lantai atau keramik saja asalkan disapu bersih dan terbebas dari najis dan kotoran. Ini tidak hanya untuk meningkatkan kekhusyu’an tetapi juga sebentuk penghormatan kepada Allah.

4. Memakai Wewangian

Kalau ingin sholat dengan khusyu’ coba pakai wewangian yang segar dan menenangkan. Silakan pilih parfum yang bagus dan harus dipastikan bahan baku yang digunakan berasal dari bahan-bahan yang halal. Ini berlaku untuk seluruh jenis parfum baik parfum untuk pakaian maupun untuk tubuh.

Baca Juga  Tips Sholat Khusyu Demi Meraih Pahala Ibadah yang Besar

Wewangian adalah aroma yang bisa menghadirkan relaksasi pada pikiran dan tubuh. Sebaliknya, bau busuk akan menimbulkan gangguan konsentrasi pada pikiran dan membuat tubuh mudah lelah. Maka dari itu, jika ingin sholat dengan nyaman dan tenang, hindari bau-bau tajam dan menyengat yang akan membuat Anda kurang fokus dalam beribadah.

Parfum yang boleh digunakan saat sholat tidak harus mahal dan bermerek terkenal. Sebab, yang diprioritaskan adalah aroma yang dihadirkan serta komposisi yang digunakan. Jika aromanya nyaman dan bahannya halal, maka tidak mengapa parfum tersebut dipakai sekalipun harganya murah.

5. Berdiri untuk Iqomah

Jika ada yang beranggapan kalau iqomah khusus untuk sholat berjamaah di masjid saja, maka itu adalah anggapan yang keliru. Sebab, iqomah disunahkan dilakukan sebelum sholat dan boleh dilakukan di mana saja termasuk di rumah. Nah, iqomah sendiri termasuk tahapan untuk menuju sholat khusyu’.

Dengan berdirinya Anda saat melantunkan iqomah berarti Anda telah siap untuk sholat dengan sungguh-sungguh. Maka dari itu, lantunkan iqomah dengan irama yang benar-benar merdu dan menenangkan. Seakan iqomah adalah pintu gerbang Anda untuk berjumlah dengan sang Khalik.

6. Membaca Surat An-Nas

Persiapan yang terakhir ialah membaca surat An-Nas. Ini merupakan surat yang berisi permohonan kepada Allah agar dilindungi dari godaan setan. Nah, jika Anda membaca surat ini sebelum membaca niat sholat, maka diharapkan Allah akan melindungi hati dan pikiran dari gangguan setan di dalam sholat yang akan dikerjakan.

Silakan baca surat An-Nas sekaligus pahami maknanya. Karena jika hanya membaca tanpa memahami makna dari bacaan, konsentrasi di dalam hati dan pikiran tidak terlalu maksimal. Apalagi kalau membacanya tidak tartil atau asal membaca saja.

Baca Juga  Perhatikan Hal yang Wajib Diperiksa Sebelum Berkendara Demi Keselamatanmu

Itulah persiapan menuju sholat khusyu’ yang harus diketahui oleh seluruh umat Islam. Persiapan inilah yang akan menjadikan sholat kita lebih bermakna sekaligus bisa menjaring pahala yang besar dari Allah. Oleh sebab itu, silakan lakukan persiapan-persiapan ini secara berurutan dan istikamah.

Penulis : Agus Heriyanto

Gravatar Image
Saya adalah seorang penulis artikel online yang telah menekuni profesi selama 8 tahun lebih. Ini Saya lakukan semata untuk memberikan informasi yang berharga kepada seluruh pembaca online di seluruh Indonesia.

Comment

Artikel Terkait