by

Daftar 5 Manfaat Mempelajari Ilmu Fikih Dalam Islam!

Islam merupakan salah satu agama yang dianut oleh sebagian besar masyarakat di muka bumi ini. Dalam perkembangannya sendiri, islam semakin hari semakin menancapkan tonggak keberhasilan. Hal ini dapat dibuktikan dengan munculnya berbagai ilmu terkait keislaman yang ada di dunia, salah satunya ilmu fikih yang berguna sebagai pedoman beribadah.

Dalam ilmu fikih sendiri terdapat beberapa cabang yang mendasari bagaimana seseorang harus bertindak dan berpikir secara benar. Maka dari itu, terdapat beberapa manfaat bagi seseorang yang sudah mempelajari secara mendalam ilmu fikih. Mau tahu apa saja manfaat ilmu fikih dalam perannya sebagai sebuah dasar keilmuan agama islam? Berikut informasi lengkapnya!

Sekilas Mengenai Ilmu Fikih

Ilmu fikih merupakan salah satu ilmu yang bersifat menyeluruh bagi semua penganut ajaran agama islam di dunia ini. Mengapa bisa begitu? Hal ini karena dalam ilmu fikih terdapat beberapa aturan, yang mengikat seeorang untuk tetap lurus di jalan agama yang benar dan sesuai dengan kaidah yang sudah diberikan Allah SWT sebagai syariat-Nya. Jika seseorang melakukan ibadah tanpa mengetahui dasar fikih maka orang tersebut belum dirasa benar.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Hal ini karena manfaat ilmu fikih sendiri sebagai tingkatan awal bagi seorang mukallaf untuk mendekatkan diri kepada Allah, yakni dengan cara menjalankan syariat-Nya.

Dalam arti lain ilmu fikih menjadi tonggak awal bagi mukallaf untuk paham dasar agama, jika ternyata seseorang tersebut tidak mengetahui dasarnya dan langsung mempraktekkan ibadah, maka secara langsung ibadah tersebut tidak sah.

Berbeda dengan seseorang yang telah paham secara merinci mengenai pembelajaran dan dasar ilmu fikih, maka ia diperbolehkan untuk melakukan tahap selanjutnya yakni tarekat. Namun hal ini bukan berarti mereka tidak lagi melaksanakan syariat melainkan harus lebih sungguh-sungguh. Terlepas dari itu semua, Ilmu fikih yang menjadi syariat ini lebih menekankan pemahaman mengenai dasar-dasar dan aturan beribadah.

Baca Juga  Ingin Sekolah Gratis? Berikut Tips Mencari Beasiswa dan Lolos Seleksinya
Manfaat Mempelajari Ilmu Fikih

Nah, setelah kamu mengetahui secara lebih jelas mengenai apa yang dinamakan ilmu fikih, tentu saja akan lebih baik jika kamu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Tak hanya bersifat dasar ternyata terdapat beragam manfaat ilmu fikih, yang jika ditekuni mampu menumbuhkan kemaslahatan. Apa saja manfaat tersebut? Berikut daftarnya!

1. Sebagai Sarana Penguat Keimanan

Kenapa fikih selalu dikaitkan dengan hal bersifat ibadah? Hal tersebut cukup mengundang beberapa pertanyaan terkait ilmu tersebut. Jawabannya ialah karena ilmu fikih merupakan dasar bagi seorang mukallaf untuk mendekatkan diri kepada Allah, sekaligus memahami tingkatan dalam ilmu kerohanian jiwa atau biasa disebut ilmu tasawuf.

Dalam ilmu tasawuf sendiri terdapat beberapa hal yang menjadi dasar pemahaman salah satunya ialah ilmu fikih. Tentu saja hakikat yang akan didapatkan seseorang untuk mengenal Allah secara lebih dekat dimulai dari pemahaman keimanan. Jika iman kita sudah kuat dan sering mengamalkan ibadah, maka tak pelak kita akan mengetahui kebenaran akan hakikat zat Allah SWT.

2. Memecahkan Masalah Agama

Dalam kehidupan sehari-hari pasti ada saja sebuah tindakan yang memerlukan sebuah fatwa untuk diselesaikan. Contohnya saja tindakan kriminal dan juga pembunuhan atau bisa juga tentang hal bersifat keduniawian lain. Lantas apa yang akan digunakan sebagai dasar fatwanya? Inilah yang menjadi tugas ilmu fikih dalam kajian solusi masalah.

Dalam ilmu fikih sendiri terdapat beberapa ajaran yang memuat tentang jinayah, qasas, waris, zakat dan juga qatl. Nah inilah yang kemudian, akan membantu para hakim dalam memutuskan sebuah hukuman bagi pelaku masalah kriminal.

3. Mengetahui Apa yang Diperintahkan Allah

Dalam Al Qur’an Al Karim, Allah sudah berfirman secara menyeluruh mengenai dasar-dasar agama Islam baik itu mengenai shalat, zakat, puasa bahkan haji. Namun apakah semua itu tidak perlu dikaji lagi? Jawabannya ialah perlu. Lalu dengan apa kita mengkajinya? Tentu saja dengan ilmu fikih.

Baca Juga  Mana Saja Kampus di Yogyakarta yang Paling Populer?

Secara umum penguasaan seseorang akan ilmu fikih yang mendalam, lebih memudahkan mereka untuk mengetahui apa saja rincian dari dasar perintah Allah tersebut. Hal ini karena perintah Allah yang berada dalam Al Qur’an masih bersifat mujmal dan perlu dikaji secara jelas.

4. Mencegah Paham yang Menyimpang

Manfaat ilmu fikih dalam kehidupan yang selanjutnya, ialah mampu membentengi diri kita untuk tetap selalu berpegang teguh mengamalkan syariat Allah. Mengapa? Karena sekarang ini banyak sekali ajaran-ajaran sesat di luar sana, yang mengatasnamakan Islam dan meniru kebiasaan Islam walaupun sedikit-sedikit dirubahnya.

Dengan pemahaman fikih secara mendalam, kita tidak perlu khawatir lagi akan terjerumus ke dalam lembah kesyirikan. Karena kita sudah mengetahui dasar syariat dan mengamalkannya setiap hari. Berbeda lagi jika kita tidak tahu menahu akan hukum yang ada, pastinya negara kita akan terpecah belah oleh ajaran yang tidak sesuai dengan Al Qur’an yang Hadis.

5. Paham akan Syariat Allah secara Universal

Manfaat terakhir yang bisa kita dapatkan dari mempelajari ilmu fikih, ialah mampu memahami secara menyeluruh akan syariat Allah. Hal ini terjadi karena dalam ilmu fikih telah meliputi semua aspek dasar syariat dari mulai dasar ibadah, muamalah, jinayah, dan segala hubungan manusia dengan sesama maupun dengan Allah. Seseorang yang faham akan ilmu ini biasa dijuluki fuqaha dan tak jarang mampu meraih tingkat selanjutnya yakni tarekat.

Nah, itulah tadi manfaat ilmu fikih bagi kehidupan kita sehari-hari. Sebuah ilmu yang penuh dengan dasar ibadah maupun agama ini sangatlah penting untuk dipelajari. Alangkah baik lagi jika kita mengamalkannya, semoga Allah memberkahi hidup kita, Aamiin.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya