by

Aktivitas Ibadah Menyambut Malam Lailatul Qodar bagi Umat Islam

Malam Lailatul Qadar merupakan satu malam yang dianggap lebih baik dari 1000 bulan. Kalau berhasil mendapatkan malam ini, maka dosa-dosa yang dilakukan selama 80 tahun akan diampuni oleh Allah.

Sayangnya, Allah SWT merahasiakan malam yang penuh berkah ini semata untuk menyemangati umat agar senantiasa lebih giat beribadah terutama di 10 hari terakhir bulan ramadan.

Untuk itu, umat harus terus mencarinya dengan senantiasa meningkatkan ibadah. Termasuk mengetahui ibadah apa saja yang bagus dilakukan untuk menyambut Lailatul Qadar. Kalau ingin mengetahui ibadah yang dimaksud, ini ulasan yang bisa kita simak:

1. I’tikaf

Mimarisiyle dikkat çeken camide ibadet eden adam in mosque stock pictures, royalty-free photos & images

I’tikaf merupakan aktivitas ibadah yang biasanya dilakukan 10 hari terakhir di bulan ramadan. Biasanya, aktivitas ini dikhususkan untuk menyambut Lailatul qadar. Kalau ingin melakukan I’tikaf, umat harus berada di dalam masjid untuk beribadah semalam suntuk seperti melakukan sholat tahajud dan membaca Al Quran.

Sebagian besar umat yang melakukan I’tikaf adalah umat Islam dari kalangan pria. Semua masjid pun membuka untuk aktivitas ini bahkan ada yang menyediakan menu untuk sahur. Makanya, jangan heran, ketika sudah tiba 10 hari terakhir ramadan, masjid-masjid selalu ramai dengan orang yang I’tikaf.

2. Sholat Tahajud

Muslim couple man and his wife are praying together on the night of Ramadan Kareem. Muslim people perform Taraweeh prayer in congregation during Ramadan. Flat style vector illustration Muslim couple man and his wife are praying together on the night of Ramadan Kareem. Muslim people perform Taraweeh prayer in congregation during Ramadan. Flat style vector illustration night shalat stock illustrations

Ibadah untuk menyambut malam Lailatul Qadar yang berikutnya adalah sholat tahajud. Umat tidak harus menjalankan ibadah ini masjid, tetapi di rumahnya juga bisa serta bisa mengajak seluruh keluarga. Sedangkan waktu yang mustajab adalah sepertiga malam, atau beberapa saat sebelum waktu sahur sampai menjelang waktu sholat subuh.

Sholat tahajud bisa menjadi sarana umat untuk mendekatkan diri kepada Allah. Bahkan, umat harus berdoa kepada Allah dengan khusu’ bahkan meneteskan air mata agar segala keinginan segera terkabul. Untuk itu, jangan pernah meninggalkan sholat tahajud terutama di malam-malam terakhir bulan ramadan.

Baca Juga  Aktivitas Muslim Saat Lebaran yang Tidak Akan Terlupakan
3. Bersedekah

rich man hand give a sack of rupiah Money to poor sedekah stock illustrations

Kalau ingin menjadi insan yang terpilih di malam Lailatul Qadar, jangan lupa untuk memperbanyak sedekah. Silakan berikan sebagian harta dan makanan kepada orang yang membutuhkan di malam tersebut, dengan niat semata untuk mencari ridho Allah. Pasalnya, sekarang banyak orang bersedekah tetapi sering terjerumus pada riya’.

Dengan bersedekah, sejatinya umat telah ikut membantu umat lain agar tetap berpuasa dengan nyaman. Termasuk bisa ikut merayakan Idul Fitri sama dengan tetangga yang kebetulan lebih beruntung dari mereka. Pahala sedekah juga besar bahkan sedekah akan dilipatgandakan oleh Allah sehingga riski akan semakin bertambah.

4. Membaca Al Quran

Muslims prayer at home in mosque stock pictures, royalty-free photos & images

Kalau ingin mendapatkan anugerah Lailatul Qadar, cobalah untuk  meningkatkan aktivitas mengaji di 10 hari terakhir bulan ramadan. Kalau awalnya hanya membaca 1 jus Al Quran coba tingkatkan menjadi 2 jus dan seterusnya. Umat juga harus membaca Al Quran dengan tartil supaya ayat-ayat yang dibaca benar-benar menimbulkan keindahan di telinga.

Jangan lupa, untuk terus belajar mengetahui makna dari ayat yang dibaca. Semakin tahu makna ayat, getaran di dalam hati akan semakin besar. Alhasil, umat pun enggan untuk berhenti membaca karena sudah mendapatkan keindahan dari kalamullah yang sangat luar biasa dan menenangkan.

5. Menghadiri Majelis Ilmu

Ustadz on the pulpit islam people ustadz stock illustrations

Jika ada pengajian atau ceramah agama di malam ramadan, alangkah baiknya kita menghadiri kajian tersebut. Selain untuk menambah pengetahuan, juga untuk mengisi malam dengan hal yang positif. Bukan hal yang mustahil, kalau kajian tersebut bersamaan dengan malam yang ditunggu-tunggu yaitu Lailatul Qadar.

Tentunya ini lebih bagus, daripada kita begadang tanpa kejelasan. Apalagi sampai mengganggu orang seperti bermain gitar, bernyanyi, main gaple atau bahkan melakukan perbuatan maksiat. Untuk itu, hindari kegiatan merusak semacam ini, lebih baik hadiri majelis ta’lim yang bisa mendatangkan pahala.

Baca Juga  Aktivitas Unik saat Ramadan Penjemput Berkah dan Kebahagiaan
6. Sholat Tarawih

Muslim people perform taraweeh prayer night during Ramadan tarawih stock illustrations

Sholat Tarawih adalah sholat sunah yang adanya hanya di bulan Ramadan saja. Sedangkan waktunya dilakukan setelah sholat isya’ berjamaah. Nah, bagi orang Islam, silakan menjalankan sholat tarawih dengan rutin sekalipun hanya sholat sunah karena siapa tahu, sholat ini bersamaan dengan datangnya Lailatul Qadar.

Ada paradoks di Indonesia terkait 10 malam terakhir di bulan ramadan. Paradoks-nya ialah, kalau malam pertama biasanya masjid penuh dengan orang yang sholat tarawih. Namun ketika mencapai 10 malam terakhir, masjid malah sepi sedangkan yang ramai adalah toko baju dan toko kue. Padahal, malam itulah esensi yang paling tepat untuk semakin giat beribadah.

7. Berdzikir kepada Allah

Muslim women using misbaha to keep track of counting in tasbih zikir stock pictures, royalty-free photos & images

Kegiatan ibadah untuk menyambut Lailatul Qadar yang juga patut dilakukan adalah berdzikir kepada Allah. Anda bisa melakukan secara berjamaah maupun perseorangan dengan jenis dzikir yang dikeraskan maupun zikir di dalam hati. Kegiatan ini tidak hanya dilakukan di masjid, tetapi juga boleh dilakukan di rumah.

Usahakan membaca dzikir yang memang lumrah seperti istigfar, tahmid, tahlil dan takbir. Bacaan dzikir semacam ini tidak hanya untuk mendapatkan pahala, tetapi juga melembutkan lisan dan hati. Makanya, orang yang senantiasa membasahi lisannya dengan dzikir, niscaya dia tidak akan mudah mencaci dan menghina orang lain.

8. Menyantuni Anak Yatim

Muslim man giving money papers to the orphans orphans get money stock illustrations

Ketika menjelang 10 malam terakhir di bulan ramadan, jangan lupa untuk sering-sering menyantuni anak yatim. Tujuannya tidak hanya untuk memberi bekal mereka ketika berlebaran, tetapi juga bakal mendapatkan pahala dari Allah. Termasuk bisa mendapatkan anugerah malam Lailatul Qadar yang memang dinanti oleh umat Islam.

Kegiatan ini juga marak dilakukan oleh umat Islam. Bahkan, menjelang 10 malam terakhir ramadan, mereka sudah mencari data anak yatim di daerahnya. Setelah itu, baru dilakukan penyantunan. Biasanya, kegiatan santunan anak yatim dilakukan bersamaan dengan acara Nuzulul Quran.

Baca Juga  Begini Cara Mengatasi Nusyuz di Dalam Islam

Malam Lailatul Qadar adalah satu malam yang paling dinanti oleh umat Islam. Namun, Allah merahasiakan waktunya. Jadi, silakan tingkatkan ibadah minimal 10 malam terakhir di bulan ramadan. Jangan lupa, niatkan hati demi untuk mendapatkan karunia dan ridho dari Allah.

Comment