by

8 Manfaat Tadarus di Bulan Ramadan bagi Umat Islam yang Berpuasa

Setiap aktivitas ibadah pasti ada manfaat di dalamnya, termasuk manfaat tadarus di bulan ramadan yang sangat banyak. Oleh karena manfaat inilah, setiap umat Islam dianjurkan untuk melakukannya selepas sholat tarawih.

Tadarus Al Quran merupakan ibadah yang sangat mulia. Untuk itu, ramaikan suasana malam ramadan dengan lantunan ayat suci tersebut. Nah, kalau ingin mengetahui faedah atau manfaatnya, silakan baca di sini:

1. Mendapatkan Pahala yang Besar

Manfaat tadarus di bulan ramadan yang pertama ialah bisa mendapatkan pahala yang besar dari Allah. Bahkan, jangankan yang sudah lancar membaca yang masih belajar pun akan tetap mendapatkan pahala. Namun, untuk yang kedua ini, pendengar harus teliti dan memperbaiki kalau ada kesalahan bacaan.

Sekalipun hanya ibadah sunah, tetapi pahala yang dipersiapkan oleh Allah sangat luar biasa. Bahkan hitungannya bukan per-ayat melainkan per-huruf yang dibaca. Kalau membaca satu juz setiap malam, tentu pahala dari Allah tidak terhitung banyaknya.

2. Bisa Melancarkan Bacaan

Kefasihan ketika membaca ayat suci Al Quran, tidak membutuhkan teori khusus. Pasalnya, dengan banyak membaca saja, itu sudah cukup untuk melancarkan bacaan. Kegagapan dalam mengaji, memang terkadang disebabkan oleh kurangnya kebiasaan alhasil lisan pun agak tersendat ketika membaca.

Nah, kebiasaan bertadarus di bulan ramadan sejatinya jalan untuk berlatih melancarkan bacaan. Apalagi kalau sudah tiba di rumah, bacaan di ulang-ulang kembali. Tentunya, bukan tidak mungkin dalam waktu satu bulan tersebut, bacaan ayat suci menjadi lebih fasih dan lancar.

3. Berkumpul Bersama Para Pencinta Al Quran

Tadarus bersama-sama selepas sholat tarawih adalah kesempatan untuk berkumpul bersama para pencinta Al Quran. Ini merupakan hal yang unik karena tidak terjadi setiap hari. Paling banter perjumpaan terjadi tiap satu bulan sekali di kegiatan Khotmil Quran.

Baca Juga  Maksiat Itu Muncul Pengaruh Jiwa Yang Buruk dan Jahat Bukan Peran Setan Semata

Untuk itu, tadarus di bulan ramadhan harus dimanfaatkan dengan senang hati. Sekalipun hanya 2-3 orang saja yang tadarus, tetapi itu sudah cukup bagi Allah untuk memayungi suasana tersebut dengan keberkahan. Yang terpenting niatnya untuk mendapatkan ridho Allah bukan niat yang lain.

4. Bisa Belajar Tajwid Al Quran

Sekalipun banyak masyarakat yang sudah fasih membaca Al Quran, tetapi kadang menurut ilmu tajwid, bacaannya masih kurang pas. Bahkan sampai ada yang mengeluarkan bacaan dari makna yang sebenarnya. Yang mendominasi masalah ini bukan hanya anak-anak tetapi orang dewasa juga ada.

Nah, untuk manfaat tadarus di bulan ramadan yang berikutnya adalah bisa belajar ilmu tajwid kepada ulama dan ustadz yang juga ikut tadarusan. Jadi, Anda tinggal membaca saja, dan kalau ada kesalahan bacaan maka yang mendengarkan akan menegur dan membetulkannya. Ingat-ingatlah hal tersebut karena termasuk ilmu agama yang berharga.

5. Kesempatan Masyarakat untuk Bersedekah Takjil

Ketika ada pelaksanaan tadarus di masjid, biasanya masyarakat sekitar masjid memanfaatkannya untuk bersedekah takjil. Umumnya, makanan yang diberikan sejenis camilan seperti kue basah, kue kering dan gorengan yang lengkap dengan minuman manis. Namun banyak juga warga yang memberikan makanan berat.

Tentunya ini barokah dari Allah atas terlaksananya tadarus bulan ramadan. Namun bagi orang yang bertadarus, niatnya harus ikhlas karena Allah. Jangan sekali-kali niatnya hanya untuk mendapatkan makanan apalagi hadiah sarung saat menjelang hari raya Idul Fitri.

6. Bisa Mengajar Si Kecil Cinta Masjid

Orang tua yang memiliki anak kecil sudah balig tetapi malas ke masjid, coba ajak tadarus di masjid selepas sholat tarawih. Ini bisa menjadi latihan bagi mereka untuk lebih cinta lagi pada Al Quran dan suka datang ke masjid. Orang tua pun tidak perlu marah-marah ketika mengajaknya karena ortu telah menunjukkan tauladan diri.

Baca Juga  Begini Cara Bertobat atas Sholat yang Ditinggalkan Bertahun-tahun

Yang terpenting, ketika si kecil salah baca ketika bertadarus, jangan dimarahi tetapi dibetulkan dengan santun. Kalau kemarahan yang dikedepankan, tentu keesokan malamnya, si kecil tidak akan mau lagi diajak untuk tadarus. Nah, kalau anak yang masih berusia di bawah umur, maka hendaknya tetap berada di rumah agar tadarus tidak terganggu.

7. Melembutkan Hati

Di dalam Al Quran, terdapat manfaat mendengarkan ayat suci yaitu melembutkan hati. Bahkan semakin sering mendengar nama Allah disebutkan, hati manusia akan bergetar hingga terkadang mengucurkan air mata. Inilah keindahan Al Quran yang telah diturunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad untuk diajarkan kepada seluruh umat.

Kalau hati sudah lembut dan penuh dengan cahaya iman, tentu ibadah puasa akan berjalan maksimal. Tidak hanya diri memiliki kekuatan untuk tidak makan dan minum, tetapi nafsu juga terjaga. Lisan pun tidak akan berani untuk berbicara kotor, menggibah, memfitnah dan ucapan buruk yang lainnya.

8. Memunculkan Rasa Mahabbah pada Kalam Ilahi

Semakin sering tadarus baik ketika di bulan suci ramadan maupun di hari-hari lain, akan semakin terpupuk pula rasa mahabbah pada kalam ilahi. Bahkan rasa cinta inilah yang akan membawa umat ke surga Allah yang kekal. Apalagi jika di sela tadarus juga melakukan tadabur atas makna-makna ayat yang dibaca.

Kalam ilahi adalah kalam yang suci. Setiap umat Islam yang membacanya dengan tartil dan indah, berarti telah memberi penghargaan besar terhadap Al Quran. Apalagi Al Quran sendiri merupakan petunjuk untuk umat Islam yang akan membawanya ke ranah keselamatan di dunia maupun di akhirat.

Mari rasakan manfaat tadarus di bulan ramadan yang penuh keberkahan. Ajaklah seluruh keluarga yang laki-laki untuk melakukannya selepas sholat tarawih. Sedangkan kaum ibu dan kalangan perempuan silakan bertadarus di rumah masing-masing untuk mencegah timbulnya fitnah di masyarakat.

Comment