by

8 Manfaat Sedekah di Bulan Ramadan yang Jarang Diketahui Orang

Orang Islam harus senantiasa bersedekah kepada orang yang membutuhkan. Bahkan, ada beberapa manfaat sedekah di bulan ramadan untuk orang yang melakukannya. Bukan tidak mungkin, sedekah inilah yang akan mengantarkan umat ke surga-nya Allah yang sangat indah.

Orang yang berbuat baik di bulan ramadan, maka Allah akan membalasnya dengan ganjaran yang berlipatganda. Begitu juga dengan bersedekah yang termasuk ibadah sosial yang sangat disukai-Nya. Nah, kalau ingin mengetahui manfaat-manfaat sedekah, silakan baca ulasan berikut:

1. Mendapatkan Pahala yang Berlipat Ganda

Orang yang bersedekah di bulan ramadan akan mendapatkan pahala berlipat ganda dari Allah. Namun syaratnya, sedekah harus ikhlas. Niatnya murni hanya untuk mendapatkan karunia dan ridho Allah semata. Tidak berniat untuk mendapatkan pujian dari seorang pun manusia.

Selain itu, Allah akan menambah rezeki bagi orang yang suka bersedekah. Rezeki yang dimaksud tidak harus berupa finansial atau uang. Bisa jadi, Allah menurunkan rezeki dalam bentuk kelahiran si buah hati, kesehatan, kesuksesan pekerjaan dan selainnya. Untuk itu, rajin-rajinlah bersedekah kepada orang yang membutuhkan.

2. Hubungan Sosial semakin Indah

Filosofi sosial ialah, manusia tidak mungkin bisa hidup tanpa adanya manusia yang lain. Artinya, manusia tidak boleh egois dan senantiasa harus memperhatikan masyarakat di sekitarnya. Termasuk membantu masyarakat yang kurang mampu dengan bersedekah harta dan makanan yang terbaik.

Dampak sedekah bagi hubungan sosial juga sangat besar. Seperti mencegah kelaparan, ekonomi semakin merata, keamanan meningkat dan lain sebagainya. Bahkan, orang yang rajin bersedekah akan mendapatkan penjagaan dari orang yang disedekahi. Ini merupakan hukum kausalitas yang tidak bisa dibantah lagi.

3. Bisa Menambah Rezeki

Tentunya, manusia berharap untuk terus mendapatkan rezeki yang berlimpah. Nah, dengan bersedekah, Allah akan menambah rezeki tersebut. Jadi, tidak ada istilahnya, orang yang rajin bersedekah, hidupnya justru semakin melarat dan miskin. Maka dari itu, bersedekahlah sebagian harta bagi masyarakat yang membutuhkan.

Baca Juga  Aktivitas Muslim Saat Lebaran yang Tidak Akan Terlupakan

Nah, pandangan Islam terhadap rezeki tidak hanya terpaut dengan finansial tetapi juga kesehatan, kesuksesan hidup, keamanan dan lain sebagainya. Jika memang tidak mendapatkan harta akibat sedekah, mungkin Allah memberi dalam bentuk lain seperti tubuh yang sehat atau kelahiran si buah hati yang amat dinantikan.

4. Lebaran akan Semakin Indah

Manfaat sedekah di bulan Ramadan yang berikutnya ialah lebaran akan semakin indah. Karena pada saat itu, seluruh masyarakat ikut merayakan dengan porsi yang sama. Bahkan, dengan sedekah orang berkekurangan masih bisa makan enak atau menyediakan kue lebaran kepada para tamu.

Alhasil, lebaran tidak menjadi potret kesenjangan sosial, Tetapi justru sebagai hari dimana sekat sosial telah hilang. Tidak ada lagi orang kaya dan miskin dan tidak ada yang kenyang dan yang kelaparan. Lebaran semacam ini yang akan menyatukan umat bukan justru sebagai pemisah realitas sosial.

5. Timbul Keakraban Jiwa

Psikologi orang yang mendapatkan sedekah adalah senang, gembira dan bahagia. Mereka pun akan menganggap orang yang bersedekah sebagai orang yang baik dan dermawan. Alhasil, timbullah keakraban jiwa antara keduanya. Hubungan sosial pun semakin harmonis dan menyenangkan.

Bahkan, orang yang disedekahi, tanpa diminta pun akan mendoakan kebaikan kepada orang yang bersedekah. Nah, bukan tidak mungkin, doa-doa dari mereka yang akan dikabulkan oleh Allah. Apalagi mereka yang memang sangat membutuhkan sedekah akibat keterbatasan finansial yang dialaminya.

6. Doa-Doa akan Terkabul

Setiap kegiatan ibadah merupakan doa umat kepada Allah. Termasuk ibadah sedekah yang doanya tidak hanya melibatkan orang yang bersedekah tetapi juga doa orang yang disedekahi. Kalau sedekah dilakukan dengan ikhlas, tentu bukan mustahil Allah akan mengabulkan doa-doa yang dipanjatkan.

Baca Juga  Aneka Hadiah Lebaran Selain Uang yang Bagus dan Penuh Manfaat

Tidak sedikit orang kaya bersedekah hanya untuk mendapatkan doa dari orang yang berada dalam keterbatasan. Katanya, doa-doa orang ini lebih cepat dikabulkan oleh Allah. Makanya, orang kaya yang dermawan tidak akan ragu untuk menyedekahkan sebagian hartanya kepada orang-orang yang hidup dalam kekurangan.

7. Menimbulkan Perasaan Empati dan Simpati

Orang yang rajin bersedekah, akan timbul perasaan empati di jiwanya. Semakin sering bersedekah, perasaan tersebut akan semakin terasa. Sehingga muncul perasaan di dalam jiwa, bagaimana seandainya dia berada di pihak orang yang menerima sedekah.. Tidak sedikit, orang yang bersedekah sampai mengucurkan air mata ketika merenungkan  fenomena ini.

Jika perasaan telah didominasi empati dan simpati, tentu orang tidak akan mudah menghina orang lain. Yang ada, mereka justru membantu serta bergaul dengan orang yang sedang dalam keterbatasan secara makruf. Efeknya adalah bumi menjadi aman, dan terhindar dari pertengkaran akibat hinaan dan olokan.

8. Bisa Mendapatkan Malam Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar adalah satu malam yang lebih utama dari 1000 bulan. Kalau ada orang yang ibadahnya diterima di malam tersebut, maka pahalanya sangat luar biasa. Termasuk melakukan ibadah bersedekah kepada masyarakat yang membutuhkan.

Bersedekah adalah ibadah sosial yang sangat disukai oleh Allah. Bahkan dianjurkan bagi orang yang beriman untuk bersedekah kepada orang yang berada dalam keterbatasan. Nah, karena sedekah juga ibadah, berarti potensi mendapatkan malam Lailatul Qadar juga sangat besar. Untuk itu, disarankan untuk kita bersedekah terutama di 10 malam terakhir dari bulan Ramadan.

Manfaat sedekah di bulan Ramadan di atas hendaknya menjadi motivasi bagi Anda. Sehingga, Anda lebih tergerak untuk ikut menjalankannya. Untuk itu, jangan tunggu kaya untuk bersedekah. Bukan tidak mungkin, Anda justru menjadi kaya akibat dari rajin bersedekah.

Comment