by

7 Peristiwa Penting yang Terjadi di Bulan Muharram, Kamu Wajib Tahu Nih!

Kalian pernah mengenal kalender hijriyyah dalam keseharian? Di zaman kenabian Rasulullah memang belum diketahui secara pasti bagaimana kalender yang digunakan saat itu. Namun saat memasuki masa khalifah Umar bin Khattab, beliau menggagas kalender untuk umat islam pertama kalinya.

Ialah kalender hijriyyah, dimana tanggalan hijriyyah tersebut sesuai dengan tahunan bulan yakni selama 354 hari. Selain itu terdapat sebuah alasan mengapa kalender tersebut bisa terbentuk, yakni peristiwa hijrahnya Rasulullah ke Madinah. Salah satu bulan di dalam kalender hijriyyah, memiliki beberapa peristiwa penting yang terjadi kala itu, salah satunya bulan Muharram.

Mau tahu apa saja peristiwa di bulan Muharram tersebut? Berikut ulasannya!

Bulan Muharram

Dalam sebuah kalender penanggalan islam, terdapat 12 bulan yang juga menyerupai kalender samsiyah. Adapun kedua belas bulannya ialah muharram, safar, rabiul awwal, rabiul akhir, jumadil awal, jumadil akhir, rajab, syaban, romadhon, syawal, dzulqaedah, zulhijjah.

Dari kedua belas bulan tersebut masing-masing bulan memiliki berbagai peristiwa pentng di dalamnya, tak terkecuali bulan Muharram. Bulan yang memiliki nomor urut 1 di dalam kalender hijriyyah ini, memiliki rahasia sejarah tersendiri yang berbeda dengan bulan yang lain. Oleh karena itu wajar jika bulan Muharram diadakan beberapa selametan maupun kenduri.

Bulan Muharram memiliki asal usul dari kata harama yang berarti haram. Dalam artian bulan tersebut, memang sangat haram untuk membunuh dan melakukan peperangan sejak era Rasulullah dahulu. Sebab itu dalam bulan Muharram di kalender islam merupakan sebuah bulan suci tanpa setetes darah satupun.

Melihat keadaan miris dari bangsa arab yang tidak mengenal sistem tahun dalam kehidupan mereka, akhirnya Umar bin Khattab memutuskan untuk mencanangkan program pembentukan kalender hijriyyah, yang dicetuskan di pemerintahannya (634-644M).

Baca Juga  Bingung Cara Daftar PPDB Online? Lakukan Ini Dulu Sebelum Daftar

Umar sendiri menyatakan bahwa bulan Muharram ia ambil sebagai bulan pertama, karena begitulah menurut penanggalan masyarakat arab sebelumnya.

 Peristiwa di bulan Muharram

Pencetusan Muharram sebagai bulan pertama dalam kalender hijriyya, tak terlepas dari kebiasaan bangsa arab dan juga peristiwa penting yang terdapat di dalamnya. Berikut peristiwa di bulan Muharram yang harus kalian ketahui setidaknya satu kali saja:

1. Peristiwa tobatnya nabi Adam AS

Untuk yang pertama ada sebuah sejarah yang sangat penting bagi keturunan manusia, yakni peristiwa tobatnya nabi Adam di hadapan Allah saat lupa memakan buah khuldi. Waktu itu nabi adam dan istrinya Hawa merasa khilaf dan memohon ampun kepada Allah. Namun larangan tetaplah larangan, keduanya akhirnya diusir dari surga dan diturunkan ke bumi.

Andaikala nabi Adam tidak turun ke bumi dan menjadi khalifah, maka kita semua tidak akan pernah ada di dunia ini. Sebab itu mengingat peristiwa ini sangat bersejarah, keturunan arab menjadikan bulan Muharram sebagai bulan utama dan pertama dalam tanggalan mereka. Maka dari itu tak heran apabila diadakan peringatan 10 muharram.

2. Berlabuhnya Kapal Nabi Nuh di Bukit Judi

Setelah kurang lebih selama 20 abad yang sudah dilalui oleh umat manusia, akan kehidupannya sebagai makhluk Allah, pada tahun 3900 sebelum masehi Allah akhirnya memberi azab terhadap orang-orang terdahulu yang menentang kenabian, salah satunya nabi Nuh. Nah di sinilah awal mula cerita bisa terjadi.

Waktu itu banyak kaum musyrik yang berpaling dari Allah serta menolak ajaran nabi Nuh. Ketika itu Allah marah dan menurunkan azab kepada kaum Nuh dengan mendatangkan banjir besar. Selama 40 hari akhirnya banjir tersebut baru reda. Pada bulan Muharram lah, nabi Nuh berhasil mendarat di bukit judi dan melanjutkan keturunan umat manusia.

Baca Juga  Nilai Moralitas Dalam Film Siapa Meniduri Ranjangku?
3. Selamatnya Nabi Ibrahim dari Namrud

Peristiwa di bulan Muharram yang ketiga ialah keselamatan nabi ibrahim akan siksaan yang ditimpakan oleh namrud. Kala itu nabi ibrahim dituduh memenggal kepada berhala dan dijatuhi hukuman bakar api. Atas izin Allah akhirnya api tersebut menjadi dingin dan menyelamatkan nabi ibrahim. Dengan demikian namrud tidak berhasil untuk membunuh nabi ibrahim.

4. Nabi Yusuf Bebas dari Penjara Mesir

Untuk peristiwa yang keempat ialah terselamatnya nabi yusuf dari penjara yang ditimpakan dari raja mesir. Kala itu nabi yusuf dipenjara karena ulah zulaikha yang tidak ingin direndahkan martabatnya. Akhirnya pada bulan Muharram nabi yusuf terbebas keluar dari penjara, setelah bantuan dari kedua sahabatnya dalam usahanya untuk menafsirkan mimpi raja.

5. Keselamatan Nabi Yunus dari Perut Ikan

Pada  tahun ke 500 sebelum masehi, rakyat nineveh didatangi oleh nabi yang bernama yunus. Seorang nabi yunus sangat kalem dan sabar dalam menghadapi umatnya, namun suatu ketika ia sudah menyerah dan akhirnya diberi cobaan oleh Allah, dengan menelannya dalam ikan paus. Setelah itu nabi yunus akhirnya bertaubat dan berhasil keluar dengan selamat.

6. Sembuhnya Penyakit Nabi Ayyub

Peristiwa di bulan Muharram selanjutnya ialah sembuhnya penyakit nabi Ayyub. Hal ini bermula saat nabi Ayyub diganggu oleh setan, dengan membinasakan semua hartanya dan juga anaknya serta memberinya penyakit gatal. Dengan ketabahan dan pertolongan dari Allah, akhirnya nabi ayyub dapat sembuh.

7. Selamatnya Nabi Musa dari Firaun

Untuk poin yang terakhir ialah tenggelamnya firaun di laut merah dan selamatnya laskar nabi musa. Hal ini terjadi pada tahun 1400 sebelum masehi. Atas izin Allah dan mukjizat nabi musa, akhirnya firaun dapat dibinasakan dengan menenggelamkannya di dasar samudra.

Baca Juga  Stres Sistem Kebut Semalam? Ini Tips Cepat Selesaikan Skripsi

Nah, itulah tadi peristiwa di bulan Muharram yang merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui minimal satu kali saja. Dengan begini kamu sudah tahu mengapa sih Muharram disebut bulan yang suci.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya