by

7 Keutamaan Sholat Dhuha yang Mungkin Tidak Kamu Ketahui!

Sholat dhuha merupakan sebuah ibadah yang dilakukan dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Ibadah ini merupakan sebuah ibadah sunnah yang boleh dilakukan dan boleh ditinggalkan, tetapi jika dikerjakan akan mendapatkan pahala dan tidak memperoleh dosa ketika meninggalkannya.

Sebagai umat manusia, tentu keseharian kita sudah cukup padat untuk sekedar menunaikan sholat dhuha di pagi hari. Tetapi tahukah kamu? Apa yang terjadi ketika kamu melaksanakan sholat dhuha setiap pagi? Tak hanya sholat biasa saja, inlah 7 keutamaan sholat dhuha di pagi hari!

Sekilas Tentang Sholat Dhuha

Sebelum masuk ke topik utama pembahasan, tentu saja akan lebih baik jika terdapat penjelasan mengenai apa sih sholat dhuha itu dan bedanya terhadap sholat 5 waktu. Jadi sholat dhuha merupakan sholat yang bersifat sunnah, yang dilakukan hanya ketika pagi setelah matahari mulai terbit dan berakhir ketika jam 10 atau 11 siang.

Sholat dhuha berbeda dengan sholat subuh yang mana perbedaannya terletak pada matahari. Jika sholat subuh dilakukan sebelum matahari terbit, maka sholat dhuha dilakukan setelah matahari terbit kira-kira 10-20 menit setelah sang surya muncul. Sholat ini berakhir ketika matahari sudah setinggi 2 galah atau pukul 10-11 siang.

Sholat dhuha memiliki rakaat yang beragam sesuai pelakunya. Ada yang 2 rakaat, 4 rakaat, 6 rakaat, 8 rakaat dan paling banyak 12 rakaat. Semakin banyak maka semakin baik dan semakin besar pahalanya.

Keutamaan Sholat Dhuha

Dalam menunaikan ibadah kepada Allah SWT, tidak ada satupun ibadah yang memiiki mudharat melainkan malah membawa manfaat. Salah satunya ialah ibadah sholat dhuha. Lalu apa saja keutamaan dan manfaat dari sholat dhuha? Berikut daftarnya!

1. Sedekah Paling Manjur

Mengapa sholat dhuha dikenal sebagai sedekah paling manjur? Yaitu karena di dalamnya terdapat beberapa bacaan thoyyibah yang sudah cukup dihitung sebagai sedekah menurut Allah SWT. Selain itu menilik dengan hadis Rasulullah yang berbunyi:

Baca Juga  Hal-Hal Unik Lebaran di Indonesia, Mungkin Tidak Bisa Kamu Temui di Negara Lain

Setiap pagi, setiap ruas anggota badan kalian wajib dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, dan melarang berbuat munkar adalah sedekah. Semua itu dapat diganti dengan shalat Dhuha dua rakaat.” (HR Muslim).

Dapat kita petik pesan bahwa semua amal dapat menjadi sedekah termasuk bacaan thoyyibah yang dilantunkansetelah sholat dhuha. Hal inilah yang menjadikan sholat dhuha terkenal dengan sedekahnya yang manjur.

2. Melancarkan Rezeki

Melakukan amalan sholat dhuha juga mendatangkan berbagai rezeki yang mengalir dengan banyak. Hal ini dikarenakan keikhlasan seorang hamba untuk mendekatkan diri kepada penciptanya. Akhirnya Allah membalas perbuatan tersebut dengan cara menambahkan rezeki kepadanya.

Maka jangan heran kalau banyak orang yang melakukan rutinitas ini di pagi hari, akan selalu dilancarkan segala urusannya oleh Allah dan dilapangkan rezekinya. Insyaallah rezeki tersebut barokah dan bermanfaat bagi pelaku sholat dhuha tersebut.

3. Tempat Berserah Diri

Salah satu keutamaan sholat dhuha yang lain ialah sebagai tempat bersandar dan berserah diri kepada Allah, karena waktu pagi merupakan waktu paling tepat untuk berzikir dan selalu mengingat Allah. Dengan begitu, kamu akan memperoleh keyakinan kuat untuk meminta maaf akan kesalahan-kesalahan kamu terhadap Allah.

Berserah diri juga merupakan hal yang baik, dengan begitu kamu akan lebih merasa tenang karena segalanya Allah lah yang mengatur. Dengan bersikap tawakkal pada Allah maka tidak usah khawatir akan kehidupanmu, niscaya Allah akan selalu ada untukmu.

4. Mendapatkan Pahala Seperti Haji

Wah, siapa sangka ibadah sholat dhuha akan mendatangkan pahala ibarat sedang melaksanakan ibadah haji. Hal ini secara fakta terbukti benar mengingat hadis yang pernah Rasulullah sampaikan kepada umatnya. Hadis tersebut berbunyi:

Baca Juga  Semuanya Tetap Akan Berakir, Jika Diberikan Kesempatan, Berjumpa Lagi Tahun Depan

Barangsiapa yang mengerjakan shalat fajar (shubuh) berjamaah, kemudian ia (setelah usai) duduk mengingat Allah hingga terbit matahari, lalu ia shalat dua rakaat (Dhuha), ia mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah; sempurna, sempurna, sempurna.” (HR. Tirmidzi, No 586).

5. Memperoleh Keuntungan Besar

Ibadah sholat dhuha juga memiliki keuntungan yang lain, selain mendatangkan lancarnya rezeki dan juga pahala ibarat orang berhaji. Salah satu keuntungan yang terdapat di dalamnya ialah mendapatkan keuntungan lebih banyak, dibanding orang yang ikut peperangan dan membela di jalan Allah.

Rasulullah pernah berkata bahwa pahala orang yang berjihad di jalan Allah hampir setara bahkan kurang dari pahala orang yang melakukan sholat dhuha. Beliau pernah berkata bahwa jika ingin mendapatkan pahala yang besar maka berwudhulah dan dirikanlah sholat dhuha berjamaah.

6. Waktu Tepat untuk Meminta

Dalam agama islam terdapat beberapa waktu yang paling mujarab untuk memanjatkan doa, salah satunya ialah ketika sholat dhuha didirikan. Para pelaku sholat dhuha akan memiliki waktu terbaik yang dimana semua doa akan dikabulkan pada waktu tersebut. Inilah keutamaan sholat dhuha yang paling uatam dibanding yang lain.

7. Terjaga Dari Kemudharatan

Mengapa begitu? Karena dalam setiap sholat dhuha seorang hamba akan terus bertambah dan selalu bertambah keimanan yang terdapat dalam hatinya sehingga tidak akan mungkin untuk berbuat kemudharatan dan keji. Selain itu Rasulullah pernah bersabda dalam sebuah hadis berbunyi:

“Barangsiapa yang sholat dhuha dua rakaat, maka dia tidak ditulis sebagai orang yang lalai. Barangsiapa yang mengerjakannya sebanyak empat rakaat, maka ditulis sebagai orang yang ahli ibadah. Barangsiapa yang mengerjakannya enam rakaat, maka diselamatkan di hari itu. Barangsiapa mengerjakannya delapan rakaat, maka Allah tulis sebagai orang yang taat. Dan barangsiapa yang mengerjakannya dua belas rakaat, maka Allah akan membangun sebuah rumah di surga untuknya.” (HR. At-Thabrani).

Nah, itulah beberapa di antara keutamaan sholat dhuha untuk umat muslim. Sangat banyak keutamaan yang dimilikinya bukan? Maka dari itu jangan lupakan sholat dhuha ya!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya