by

5 Keutamaan Berkurban Pada Hari Raya Idul Adha Bagi Umat Muslim

Islam merupakan agama yang penuh barokah dan juga hikmah, di dalamnya kita banyak menemukan perintah-perintah dari Allah SWT yang mempunyai beragam manfaat untuk kita sendiri. Salah satunya ialah perintah untuk berkurban. Perintah ini diturunkan kepada Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail melalui malaikat Jibril.

Allah SWT, menganjurkan kepada umat muslim yang memiliki kelebihan harta untuk berkurban di jalan Allah, dengan menyembelih hewan pada saat Hari Raya Idul Adha. Kurban sendiri memiliki beberapa keutamaan di dalamnya. Apa saja sih keutamaan berkurban? Berikut penjelasannya!

Sekilas Tentang Kurban

Berkurban merupakan sebutan bagi peristiwa penyembelihan sapi, kambing atau unta ketika hari Idul Adha telah tiba. Dalam bulan ini tepatnya tanggal 10 Zulhijjah, para umat muslim akan merayakan haru kemenangan kedua setekah hari raya Idul Fitri di bulan Syawwal. Dalam rangak mendekatkan diri kepada Allah SWT. Banyak dari umat muslim yang berkurban.

Perintah kurban pertama kali disampaikan oleh Allah SWT melalui malaikatnya bernama Jibril kepada nabi Ibrahim dan anaknya, Ismail. Kala itu di mekkah abad 19 SM nabi Ibrahim menerima perintah dari Allah untuk menyembelih putranya. Beliau tidak menolaknya, melihat ketabahan itu Allah SWT mengganti kurban Ibrahim dengan seekor gibas.

Dari situlah muncullah sebuah istilah kurban yang disematkan di setiap hari raya Idul Adha tiba. Umumnya seseorang yang berkurban memiliki harta yang lebih dan juga mampu dalam segi fisik dan batin. Mereka ikhlas menyerahkan hasil hewannya demi mendapatkan ridho dan rahmat Allah SWT.

Keutamaan Berkurban

Kurban dilaksanakan setiap hari raya Idul Adha dan juga tanggal 11,12,13 Zulhijjah. Jadi bisa dikatakan bahwa kurban dilakukan selama 4 hari berturut-turut dan jika dilakukan setelahnya, maka dianggap sebagai menyembelih hewan biasa. Kurban memiliki berbagai keutamaan yang diperoleh oleh si empunya hewan. Berikut keutamaan kurban bagi umat muslim:

Baca Juga  7 Manfaat Bersiwak Dalam Islam yang Penting untuk Diketahui!
 1. Meneladani Kiprah Nabi Ibrahim dan Ismail

Dengan melakukan kurban di hari raya, kita juga mendapatkan keutamaan sebagai penerus kiprah nabi Ibrahim dan Ismail dahulu kala. Dengan hal tersebut, kita akan mendapatkan ridho disisi Allah SWT dan juga menerima ganjaran pahala yang besar. Selain mendapatkan keuntungan diatas, kurban pada hari raya juga berkesempatan mendapatkan banyak rahmat dari Allah SWT.

Hal ini karena keikhlasan hati seorang yang berkurban. Pada dasarnya berkurban juga membutuhkan keikhlasan dan juga hanya mengharap ridho dari Allah, tidak semata untuk mempamerkan hasil kekayaanya. Maka perbuatan secara ikhlas tersebut akan mendapatkan ganjaran yang setimpal di sisi Allah, yakni dengan ridho dan rahmatnya.

Jika tujuan kita hanya untuk mempamerkan harta dan juga kelebihan rezeki yang Allah kasihkan kepada kita, maka sia-sialah apa yang telah kita perbuat tersebut. Hal ini karena dalam perbuatan kita mengandung makna sombong, walaupun sebenarnya makna ibadah kurban sendiri ialah mencari ridho dan rahmat dari Allah SWT.

2. Sarana Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Keutamaan berkurban yang kedua ialah mendapatkan kedudukan di sisi Allah SWT. Orang yang dengan ikhlas hari dan juga tidak pamer saat kurban berlangsung, maka akan mendapatkan derajat tinggi dari-Nya. Hal ini diperkuat dengan perintah Allah SWT kepada Rasulullah SAW pada surat al-kautsar ayat 2.

Arti dari surat al-kautsar ayat 2 yang berbunyi “Maka dirikanlah sholat kepada tuhanmu dan berkurbanlah” makna tersebut sudah menjadi alasan yang cukup sebagai sarana kita untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan berkurban, maka hati kita akan selalu terikat dengan Allah dan menjadi bersyukur atas apa yang Allah berikan kepada hidup kita.

Baca Juga  Maksiat Itu Muncul Pengaruh Jiwa Yang Buruk dan Jahat Bukan Peran Setan Semata

Seseorang yang sudah mulai bersyukur dan merasakan betapa nikmatnya rezeki yang Allah berikan, maka orang tersebut tidak akan ragu-ragu lagi dalam melakukan ibadah kurban. Karena menurutnya hanya itulah sarana pendekatan diri kepada Allah selain sholat 5 waktu. Dengan mengilhami makna kurban maka iman seseorang tersebut akan semakin kuat.

3. Mendapatkan Keistimewaan di Padang Mahsyar

Dalam sebuah cerita mengenai kehidupan eskatologi menurut islam, kamu pasti pernah membaca mengenai padang mahsyar bukan? Yakni sebuah pada pasir yang amat luas beserta isinya yang berupa manusia dari awal kebangkitannya, hingga manusia paling terakhir wafat.

Di tengah himpitan berbagai manusia itu, masih ditambah lagi dengan panasnya terik matahari yang terpancar di atasnya. Banyaknya orang di padang mahsyar tidak memiliki saran untuk berjalan kecuali orang yang berkurban. Mereka akan menunggangi kurban mereka sewaktu di dunia dan mendapat perlindungan Allah SWT.

4. Menebar Rasa Kebaikan

Berkurban memang dapat menjadikan kita sebagai penebar kebaikan. Dengan niat yang tulus dan ikhlas maka selain mendapat rahmat dari Allah SWT, kita juga akan membahagiakan orang di sekeliling. Hal ini dengan cara membagi-bagikan daging kurban yang sudah terbagi sama rata.

Mereka yang menerima bantuan ini lebih diutamakan sebagai masyarakat kurang mampu dari segi finansial. Dengan menerima bantuan ini, dipastikan mereka akan bahagia dan tak jarang mendoakan pemberinya, supaya selalu mendapat rahmat dari Allah SWT. Disinilah makna kebahagiaan yang sebenarnya.

5. Sarana Takwa Kepada Allah SWT.

Dalam ajaran islam, takwa merupakan sifat manusia yang selalu taat pada perintah Allah dan juga menjauhi larangannya. Dalam berkurban, seseorang sudah dipastikan menjadi orang taat yang selalu mengerjakan apa yang Allah perintahkan. Hal inilah yang menjadikan kurban sebagai sarana terbaik bagi kita manusia untuk berupaya bersikap taat kepada-Nya.

Baca Juga  Aktivitas Muslim Saat Lebaran yang Tidak Akan Terlupakan

Itulah kelima keutamaan kurban bagi kita seorang yang muslim. Sebagai umat yang selalu taat kepada-Nya pastinya kita harus menaati atau setidaknya tidak melanggar perintah-Nya. Semoga kita semua mendapatkan rahmat dan ridho Allah SWT melalui berkurban.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya