by

Sudah Tiba Hari Sabtu? Ini dia Aktivitas di Akhir Pekan yang Menarik

Hari sabtu dan minggu merupakan waktu yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat, terutama yang berprofesi sebagai karyawan dan pegawai. Pasalnya, di dua waktu tersebut, mereka bebas tugas atau sedang libur. Nah, ada beberapa aktivitas di akhir pekan yang layak dilakukan demi memanfaatkan hari libur menjadi hal yang menyenangkan.

Aktivitas-aktivitas ini akan memunculkan semangat baru yang bisa digunakan pada saat masuk di hari-hari berikutnya. Oleh sebab itu, kegiatan akhir pekan harus dilaksanakan dengan senang hati dan rasa kebahagiaan yang tinggi. Ini dia aktivitas atau kegiatan-kegiatan yang dimaksud:

1. Jalan-Jalan Bersama Keluarga

Kalau tiba akhir pekan, maka manfaatkan waktu libur tersebut untuk berjalan-jalan bersama keluarga ke tempat-tempat yang indah. Perjalanan yang dimaksud, tidak perlu ke lokasi yang jauh dari rumah, karena waktu liburan cukup singkat yaitu dua hari saja. Untuk itu, pilihlah wilayah yang estetis tetapi tidak perlu harus ke luar kota.

Kegiatan ini cukup bagus apalagi kalau dilaksanakan dengan bersepeda atau bahkan berjalan kaki. Pasalnya, efek rileksasi tetap didapatkan selain efek kesehatan badan karena Anda juga melakukan olahraga di kala itu. Oleh sebab itu, jalan-jalan di akhir pekan merupakan aktivitas yang direkomendasikan dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan.

2. Menyalurkan Hobi yang Tertunda

Jika Anda memiliki hobiyang menarik, maka harus dibuatkan saluran yang tepat supaya kegemaran tersebut tidak hilang. Nah, akhir pekan merupakan waktu yang ideal untuk menyalurkan bakat dan minat tersebut. Bahkan kalau perlu Anda juga melahirkan bakat minat yang “menjual” atau memiliki nilai bisnis yang menguntungkan.

Hobby yang layak dikerjakan pada waktu akhir pekan semisal merajut tas dari barang bekas, membuat alat permainan tradisional, menulis buku ber-genre ringan dan hobby yang lainnya. Memang, kegiatan ini tidak bisa dilaksanakan sekali jadi apalagi hanya dalam waktu dua hari. Namun Anda bisa kembali melanjutkannya di akhir pekan berikutnya.

Baca Juga  Rekomended Nih: 7 Channel Youtube Paling Lucu dan Menghibur
2. Pergi Memancing

Memancing merupakan hobi yang terkadang membutuhkan waktu lama di dalam pelaksanaannya. Untuk itu, kegiatan ini tidak bisa dilaksanakan di waktu-waktu kerja melainkan di hari libur semata. Makanya, pada waktu akhir pekan, Anda bisa melakukannya karena di hari-hari tersebut, Anda sedang bebas tugas.

Memancing sendiri merupakan aktivitas pengisi waktu yang bagus terutama untuk melatih kesabaran. Sedangkan mendapatkan ikan hanya bonus saja yang terkadang bukan menjadi tujuan utama dari kegiatan tersebut. Untuk itu, silakan pergi memancing di akhir pekan tetapi pastikan tidak sampai menghabiskan waktu sampai seharian penuh.

4. Silaturahmi dengan Tetangga

Sekalipun Anda tergolong pekerja yang aktif maka jangan sampai melupakan kegiatan silaturahmi dengan tetangga. Pasalnya, ini yang akan membuat kerukunan antar warga menjadi lebih terjamin yang akan berefek pada kenyamanan hidup bermasyarakat. Untuk itu, manfaatkan akhir pekan untuk bersilaturahmi berkumpul bersama mereka.

Anda bisa melakukannya dalam bentuk silaturahmi ke rumah-rumah atau berkumpul di pos ronda di malam hari. Silakan isi kegiatan yang menarik seperti mengobrol, bermain karambol, bermain catur sembari ikut menjaga keamanan lingkungan. Namun, pastikan tidak ada kegiatan maksiat di sana seperti minum minuman keras, dan berjudi.

5. Bersepeda Bersama Komunitas

Aktivitas di akhir pekan yang berikutnya ialah bersepeda bersama komunitas-komunitas yang sehobi. Ini sudah menjadi kegiatan yang lumrah untuk saat ini, sedangkan pelaksananya adalah orang-orang yang di akhir pekan sedang bebas tugas atau sedang libur. Dijamin, kegiatan ini akan menjadikan hari libur Anda lebih menyenangkan.

Selain ada efek olahraga, Anda juga bakal mendapatkan manfaat pelesir yang indah jika melakukan aktivitas ini. Apalagi jika lokasi yang dituju menawarkan keindahan yang estetik, instagramable serta elegan. Jangan lupa jika tiba di sana, silakan melakukan selfie bersama lalu posting ke Facebook, Whatsapp dan aplikasi Tik Tok.

Baca Juga  Berani untuk Menjadi Tidak Disukai
6. Makan-Makan di Restoran

Sekali waktu ajak keluarga untuk makan di luar rumah dengan memilih restoran yang menjual menu lezat. Memang, untuk kegiatan ini membutuhkan budget khusus yang tergolong besar apalagi jika bersama seluruh keluarga. Untuk itu, jika ingin melakukannya Anda harus memiliki anggaran tertentu dan tidak harus dilakukan secara rutin.

Mungkin Anda bisa makan-makan di restoran maksimal dua kali yaitu di akhir pekan bulan pertama dan bulan terakhir. Sedangkan di akhir pekan bulan ke dua dan ketiga bisa makan di rumah tetapi dengan menu-menu yang khusus. Ini juga terbilang kegiatan yang bagus serta bisa membangun keakraban antar keluarga.

7. Menulis Buku Ber-genre Ringan

Kalau Anda suka menulis, maka jangan biarkan hobi tersebut hilang begitu saja. Anda harus tetap menyalurkannya dalam bentuk menghasilkan karya-karya yang berkualitas. Akan tetapi, buatlah tulisan dengan genre ringan saja yang sekiranya tidak begitu banyak menguras pikiran. Bukan karya ilmiah yang untuk menghasilkannya membutuhkan riset mendalam.

Silakan tuliskan buku dengan genre yang ringan seperti menulis buku cerpen, buku motivasi, buku parenting, menulis antologi puisi dan selainnya. Jika Anda konsisten menulis setiap akhir pekan, maka dalam satu tahun saja, Anda sudah bisa mencetak 2-3 buku. Tentunya ini kepuasan tersendiri karena sudah bisa memanfaatkan akhir pekan dengan kegiatan yang luar biasa.

Untuk itu, silakan manfaatkan aktivitas di akhir pekan ini sebagai ajang untuk hiburan sekaligus mencerdaskan. Lalu pilihlah kegiatan yang sekiranya tidak membutuhkan budget besar lalu laksanakan dengan porsi yang tidak berlebihan. Sebab, Anda harus mengalokasikan waktu untuk kegiatan lain semisal beribadah, istirahat, bercengkerama dengan istri dan selainnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Publikasi Terkait Lainnya