by

Review Novel The Prodigy: Saat Kamu Harus Siap Menerima Kenyataan yang Ada dalam Hidup

Kamu pencinta novel dengan cerita yang bertema fantasy? Kalau iya, kamu wajib membaca novel berjudul The Prodigy karya dari penulis Midnightstalks. Sebelum dijadikan novel, The Prodigy merupakan sebuah karya berupa Alternate Universe atau AU. Buat kamu yang penasaran dengan novel ini, berikut reviewnya untuk kamu.

Sinopsis Novel The Prodigy

Novel The Prodigy ini menceritakan mengenai sosok Huang Rennath yang tinggal di sebuah tempat bernama Neostate. Neostate sendiri merupakan sebuah negara yang mempunyai stratifikasinya sendiri. Tempat ini menilai individunya dari mana klan mereka berasal, klan ini di antaranya ialah klan Kim, klan Park, klan Lee, klan Son, klan Hwang dan beberapa klan lainnya. Namun, di antara klan-klan tersebut, tiga klan terbesarnya ialah klan Kim, klan Park dan klan Lee.

Seperti negara pada umumnya, negara ini juga mempunyai pendidikan eksklusif melalui satu institusi yang digunakan untuk mencetak para prodigy. Mereka menyebutnya tempat ini sebagai Neo Prodigy Academy atau NPA. NPA menjadi tempat untuk menuntut ilmu yang begitu bergengsi di Neostate, siapapun yang berhasil masuk dalam institusi ini dianggap termasuk orang yang hebat. Oleh karena itu, tak heran jika para klan keluarga berlomba-lomba ingin memasukkan anak-anaknya dalam NPA.

Keinginan untuk bisa masuk dalam NPA juga dimiliki oleh Huang Rennath. Pemuda itu tinggal di distrik 7, tempat di mana tinggalnya beberapa klan seperti klan Ahn, Yoon, Moon, Ryu, Ong dan Do. Pada awalnya Rennath sama sekali tidak tertarik mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan sosial di negaranya, termasuk mengenai sejarah klan dan hal-hal yang berkaitan lainnya. Namun, ketika ia mengetahui bahwa klan yang berada di depan namanya telah lama dihilangkan dan eksistensi serta semua rekam jejak ibunya dilenyapkan, barulah Rennath memiliki ambisi untuk masuk NPA agar ia bisa mencari tahu segala sesuatu, di masa lalu yang berhubungan dengannya, ibunya, serta ayah kandungnya yang entah berada di mana.

Baca Juga  Rekomendasi Film Komedi Indonesia Popular Sepanjang Masa

Kemudian dengan kenekatan yang besar, Rennath pada akhirnya dapat lolos ke NPA bersama dengan sobat karibnya sejak kecil, yaitu Ryu Yang. Pemuda yang seumuran dengannya itu sedari dulu selalu menemani Rennath. Tak disangka-sangka, Rennath mendapatkan poin sama dengan si ranking pertama dalam ujian masuk NPA, yaitu Lee Jevano. Namun, karena klan Jevano menjadi salah satu klan terbesar di Neostate, entah bagaimana caranya Rennath menjadi ranking yang kedua.

Hal itu sontak menjadi buah bibir hampir di seluruh penjuru Neostate. Sosok Rennath yang sebelumnya tidak dikenali oleh siapapun, kecuali oleh keluarga serta orang-orang yang berada di sekitarnya, langsung menjadi buah bibir, hal itu semakin parah saat orang-orang tahu bahwa nama depan Rennath bukanlah Hwang, seperti yang orang kira karena ayahnya Rennath –Hwang Orion— masuk dalam klan Hwang. Rennath sempat dituduh memalsukan data dirinya, padahal sedari awal Rennath sama sekali tidak memalsukan apapun dalam data dirinya.

Perjuangan Rennath untuk bisa survive di NPA ternyata tidak hanya sampai di situ saja, Rennath harus berhadapan dengan sosok Jevano yang begitu ambis, dan parahnya lagi Rennath satu kelompok dengan Jevano untuk mengerjakan tugas akhirnya. Dan di sanalah awal mula Rennath untuk mengungkap mengenai jati dirinya dimulai. Dengan menggunakan tugas akhir sebagai alasan untuk membuat suatu proyek, Rennath memutar idenya untuk menggunakan proyek tersebut, selain untuk penilaian juga untuk mengungkap rahasia mengenai jadi dirinya, alasan mengapa sang ibu seakan-akan jejak riwayat hidupnya dihilangkan, serta siapa dan di mana keberadaan ayah kandungnya.

Kelebihan Novel The Prodigy

Kelebihan novel ini ialah walaupun novel ini mengangkap kisah yang cukup membuat otak harus berpikir keras, tetapi novel ini juga akan membawa kamu dalam kisah lucu serta menggemaskan antara Rennath dengan sahabat-sahabatnya. Ada si Ryu Yang dan Lee Ethan yang selalu bertengkar mengenai hal-hal kecil, ada si Jerryl sosok kapten tim Rennath yang bijak dan bisa berbaur dengan seluruh anggota kelompok, dan pastinya ada Jevano yang walaupun sejak awal kenal dengan Rennath, pemuda itu selalu menunjukkan rasa tak suka pada Rennath, tapi Jevano malah yang menjadi penolong saat Rennath berada dalam masalah yang besar.

Baca Juga  5 Lagu yang Membuatmu Bersemangat Ini Dapat Kamu Jadikan Support System

Kemudian dalam novel ini penulis juga menuliskan mengenai latar belakang nama Rennath, mengapa ibu Rennath riwayat hidupnya seolah dihapus dengan sengaja, dan siapa serta dimana keberadaan ayah kandung Rennath secara rinci dan jelas. Selain itu, penulis juga benar-benar memiliki kemampuan yang hebat dalam berimajinasi, sehingga ketika kamu membaca novel ini kamu seakan-akan diajak untuk berkeliling, dan mengenal lebih dalam negara fantasy yang diciptakan oleh penulis. Sehingga, dalam segi alur cerita dan penggambarannya, cerita dalam novel ini begitu sangat seru dan dapat dibaca oleh seluruh kalangan usia.

Kekurangan Novel The Prodigy

Setiap ada kelebihan pastinya ada kekurangan, kekuarangan yang ada dalam novel ini ialah karena temanya fantasy, maka kamu akan menemukan banyak kata, kalimat, atau hal-hal yang tidak dapat kamu temukan secara nyata, sehingga mungkin kamu akan sesekali bingung atau sulit membayangkan tentang apa yang ditulis oleh penulis. Kemudian karena penulis menuliskan kisah Rennath secara rinci, alur cerita dalam novel terasa begitu panjang dan padat, hingga font tulisan yang digunakan dalam novel kurang besar dan mungkin untuk pembaca yang masih asing dengan novel ini, sekilas melihat tulisannya saja mungkin sudah perpikiran jika novel The Prodigy ini membosankan.

Itu tadi review novel The Prodigy, kira-kira kamu tertarik untuk membacanya apa enggak nih, Sobat?

Comment

Artikel Terkait